Mustaghfirin, Akhmad. 2014. Analisis Pemahaman Relasional Matematik Siswa Kelas VIII-8 SMP Negeri 3 Malang dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, (II) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si

Kata kunci: Pemahaman Relasional, Memecahkan Masalah, Bangun Ruang

 

Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi kubus dan balok. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa dapat melakukan perkalian panjang, lebar, dan tinggi pada konsep volume balok dengan benar. Misal . Namun apakah siswa memahami mengapa prosedurnya seperti itu. Ketika diminta menjelaskan dia hanya menjawab “itu sudah rumusnya seperti dibuku”. Pemahaman seperti ini menurut Skemp adalah pemahaman instrumental. Skemp (1987) mengklasifikasikan pemahaman matematika menjadi dua macam yaitu: pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Penelitian ini mengkaji pemahaman relasional matematik siswa dengan cara memberikan lembar tugas individu dan wawancara kepada subjek. Pemahaman relasional yang dikaji adalah kemampuan mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk suatu konsep, kemampuan menerapkan konsep secara algoritma, kemampuan menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya, dan kemampuan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 3 Malang yang sudah menempuh materi bangun ruang. Pengambilan data dilakukan dengan meminta siswa mengerjakan soal individu. Soal individu kemudian dikoreksi oleh peneliti untuk dikodekan dan dikelompokkan. Kemudian peneliti mewawancarai salah satu siswa dari masing-masing kelompok untuk mengetahui lebih mendalam gambaran pemahaman relasional siswa.

Hasil penelitian menemukan bahwa masing-masing subjek penelitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman relasioanl dalam menyelesaikan masalah, yaitu: subjek 1 memiliki pemahaman relasional yang rendah, subjek 2 memiliki pemahaman relasional yang sedang, dan subjek 3 memiliki pemahaman relasional yang tinggi. Hal ini terlihat dari indikator pemahaman relasional yang dicapai oleh subjek.

Penelitian ini masih memiliki keterbatasan terutama dalam konteks indikator pemahaman relasional dan keterkaitan antar materi matematika, karena itu perlu adanya penelitian yang menambahkan beberapan indikator lainnya dan bisa mengkaitkan antara konsep matematika dengan matapelajaran lain.

× How can I help you?