VISI

Berkembangnya keilmuan pedagogis berpendekatan pembelajaran yang mendidik yang bernilai kebaruan, original, generalis, inovatif, inter, multi, transdisipliner untuk memampukan anak usia menengah (middle childhood) berkembang sesuai potensinya, berpikir kritis, memiliki literasi dan numerasi.

MISI KEILMUAN

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran doktor yang mendorong kemandirian mahasiswa mengembangkan keilmuan pedagogis pendidikan dasar dengan pendekatan pembelajaran yang mendidik, transformatif, generalis, inovatif, inter, multi, dan transdisipliner dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan berorientasi kecakapan abad;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangankeilmuan pedagogis berpendekatan pembelajaran yang mendidik, generalis, inovatif, multi, inter, dan transdisipliner dalam rangka menghasilkan karya yang baru dan original untuk memecahkan permasalahan pendidikan dasar;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan praktik pendidikan anak usia menengah berdasarkan hasil penelitian dan pengembangankeilmuan pedagogis berpendekatan pembelajaran yang mendidik, generalis, interdisipliner, dan inovatif serta sebagai bahan refleksi pengembangan keilmuan.

TUJUAN

Program studi Doktor Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang bertujuan untuk:

  1. menghasilkan doktor pendidikan dasar yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara transformatif profesional dalam bidang keilmuan pedagogis yang berpendekatan pembelajaran yang mendidik sesuai kebutuhan kecapakan abad 21;
  2. menghasilkan karya ilmiah, teknologi, dan inovasi yang unggul, baru, original dan bermanfaat bagi memecahkan permasalah dalam bidang keilmuan pedagogis pendidikan dasar berpendekatan pembelajaran yang mendidik, multi, inter, dan transdisipliner mendapatkan pengakuan nasional dan internasional;
  3. meningkatkan kualitas praktik pendidikan anak usia menengah dan berkembangnya gagasan baru untuk penelitian dan pengembangan keilmuan lebih lanjut.

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi Doktor PendidikanDasar Universitas Negeri Malangdisiapkan untuk berkarir pada tugas-tugas sebagai berikut.

  1. Pendidik profesional (dosen jenjang Sarjana PGSD, Magister, dan Doktor) yang mampu mengembangkan pembelajaran yang mendidik, transformatif, berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk memampukan peserta didik berkembang sesuai potensinya, berpikir kritis, dan memiliki literasi abad 21.
  2. Peneliti utamayang mampu melaksanakan penelitian tingkat lanjut (advanced research) dan memimpin penelitian untuk memecahkan permasalahan keilmuan dan praktik pendidikan dasar  melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner dan menghasilkan karya yang inovatif, original, teruji.
  3. Konsultan ahli yang mampu memberikan jasa konsultansi  dalam bidang penelitian  dan   pengembangan  kurikulum,  pembelajaran, evaluasi, kebijakan dan tata kelola pendidikan dasar.
  4. Praktisi pendidikandasar(pengawas,kepala sekolah, ataupimpinaninstansi pendidikan) yangmampu yang mampu  mengembangkan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan inovasi,  manajemen, dan kepemimpinan pendidikan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai (S)
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasi- onalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidup­an bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Pengetahuan (P)
    1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni yang memiliki nilai kebaruan/novelty dalam bidang keilmuan pendidikan dasar dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
    2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keilmuan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
    3. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  1. Keterampilan Umum (KU)
    1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humahiora pendidikan sekolah dasar, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
    2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
    3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.
    4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.
    5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
    6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya.
    7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan
    8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.
  1. Keterampilan Khusus (KK)
    1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/ konsep/gagasan ilmiahbidangpendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplinserta menerapkannilai- nilaihumanior
    2. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian melalui publikasi diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
    3. Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia.
    4. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.