DESKRIPSI MATAKULIAH
LANDASAN KEILMUAN DAN PENDIDIKAN
PAUD 800

Filsafat Ilmu
Dalam mata kuliah ini dikaji aliran dan isu-isu filosofis tentang hakikat kebenaran, kriteria kebenaran, pencarian/metode proses penemuan kebenaran, hakikat dan prinsip-prinsip ilmu,
pohon ilmu; proses memformulasi dan mereformulasi teori yang termasuk jenis kebenaran ilmu; aksiologis ilmu dalam wujud program dan praktik-praktik pendidikan AUD di Indonesia yang berterima secara filosofis khas Indonesia. Akhirnya mahasiswa mampu memformulasi dan menghayati “teori ilmu” pendidikan masing-masing (your own philosophy of science of education) yang relevan dan berguna bagi pemikiran maupun praktik pendidikan AUD di Indonesia. Pokok-pokok filsafat terkait dengan kebenaran ilmu (aliran idealisme, realisme, perrennialisme, essensialisme, pragmatisme, progressivisme, rekonstruksi sosial, 20 Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini eksistensialisme, dan filsafat pancasila) dikaji, didiskusikan, diperbandingkan serta dievaluasi dalam kaitannya dengan pemikiran (keilmuan) dan praksis pendidikan AUD di Indonesia (serta di beberapa negara), untuk kemudian best practices dirumuskan bagi pengembangan suatu tujuan, program, bentuk-bentuk, jenis, jenjang, kurikulum dsb. terutama pendidikan AUD yang
sesuai dengan kondisi sosial budaya Indonesia masa kini dan akan datang.

PAUD 801 Landasan PAUD
Matakuliah ini membahas materi hakikat pendidikan anak usia dini, perkembangan PAUD institusi dan program PAUD, praktisi-prkatisi yang menangani PAUD, pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik PAUD, perencanaan dan pengorganisasian lingkungan fisik dan sosial PAUD, jaringan kerjasama dengan orang tua murid PAUD, evaluasi program PAUD, pembelajaran AUD melalui kegiatan bermain, dan kreatif, pembelajaran bahasa dan literasi AUD, pembelajaran yang berorientasi pada Sain dan Matematika untuk AUD, dan pembelajaran sosial-personal AUD.

PAUD 802 Psikologi Perkembangan AUD
Mata kuliah ini memiliki materi pengantar psikologi, psikologi perkembangan, metode penelitian psikologi perkembangan, psikologi perkembangan anak usia dini, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial emosi, dan perkembangan moral anak usia dini.

PAUD 803 Metodologi Penelitian PAUD
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang karakteristik keilmuan PAUD; jenis-jenis pendekatan penelitian PAUD, menjabarkan desain penelitian PAUD; menerapkan pendekatan
dan metode penelitian dan pengembangan PAUD; dan serta mampu mengimplementasikannya dalam penelitian keilmuan ke-PAUD-an.
PAUD 804 Manajemen PAUD
Matakuliah ini membahas konsep manajemen PAUD, konsep dan model perencanaan, konsep dan model implementasi PAUD, dan konsep dan model evaluasi PAUD serta faktorfaktor
yang mempengaruhi keektifan manajemen PAUD.
PAUD 805 Desain Pembelajaran
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep-teori desain pembelajaran PAUD, komponen-komponen, prinsip, prosedur dan jenis-jenis desain
pembelajaran PAUD, serta analisis kritis berbagai persoalan terkait pengembangan desain pembelajaran sesuai jenis program yang dikembangkan pada pendidikan di TK/PAUD.
Secara praktis, mahasiswa dibina untuk mampu membuat rancangan pembelajaran PAUD dan mampu menerapkannya pada situasi pembelajaran PAUD yang sebenarnya (peer
teaching).
PAUD 806 Asesmen Otentik
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang asesmen otentik, yang materinya mencakup pengertian asesmen otentik, karakteristik asesmen otentik, tujuan dan prinsip asesmen otentik, dan proses pelaksanaan asesmen otentik, teknik pengumpulan data dalam asesmen otentik, instrumen asesmen otentik, pengolahan hasil asesmen otentik, penyusunan laporan hasil asesmen otentik.
PAUD 807 Pembelajaran Terpadu AUD
Matakuliah ini bertujuan dan berisi, pertama, agar mahasiswa menguasai: (1) landasan-landasan dan Backgrounpembelajaran terpadu bagi Anak Usia Dini; (2) pendekatan-pendekatan terpadu; (3) model-model terpadu dalam pengintergrasian kurikulum (3) pembelajaran terpadu dan pembelajaran Tematik–latar belakang, prinsip-prinsip, dan karakteristiknya; (4) pembelajaran terpadu melalui bahasa; (4) hari terpadu; (5)
pengembangan perangkat pembelajaran terpadu: silabus terpadu, perencanaan dan unite rencana terpadu, pelaksanaan pembelajaran terpadu, asesmen-evaluasi dan penilaian pembelajaran terpadu; kedua, agar secara praktik mahasiswa mampu: mengintegrasikan kurikulum AUD dalam silabus tematik; mengembangan konsep tema secara tematik berbasis
lingkungan setempat untuk AUD; mengembangkan webbed model pengintegrasian berbagai indikator dalam ikatan tema/subtema dalam unit-unit pembelajaran untuk AUD;
mengembangkan unit rencana pembelajaran tematik, melaksanakan dan melalukan asesmen otentik pembelajaran tematik bagi AUD, dan melaporkan pelaksanaan dan evaluasi—
penilaian pembelajaran tematik bagi AUD.
PAUD 808 Pengembangan Kurikulum AUD
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang Matakuliah ini Konsep Dasar Kurikulum; Landasan Pengembangan Kurikulum; Orientasi Filosofis dan Teoretik Pengembangan Kurikulum; Keterkaitan antara Perkembangan Orientasi Filosofis dan Teori teori Pembelajaran dengan Pengembangan Kurikulum; Prosedur Pengembangan Kurikulum; Kurikulum Nasional Sekolah Dasar: Kurikulum 2006 dan 2013 dan Standart-Standard Pendidikan (produk BSNP) sebagai bahan Kajian; dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 dan Kultur Sekolah Dasar sebagai Pengembangan Kurikulum Operasional.
PAUD 809 Pendidikan Nilai dan Karakter
Matakuliah ini berisi dan bertujuan: pertama, agar mahasiswa menguasai secara teoretik tentang: (1) latar belakang pentingnya pendidikan nilai dan karakter bagi Anak Usia Dini (AUD); (2) nilai dan dunia nilai; (3) Nilai, Moral, dan Norma; (4) nilai-nilai kehidupan bagi AUD, (5) perkembangan moral, sosial, dan agama AUD; (5) pembelajaran nilai melalui kurikulum; (6) proses internalisasi nilai-nilai, (6) pendekatan-pendekatan dan model-model pembelajaran nilai; (7) pendidikan adab bagi AUD, (8) pembelajaran nilai: pandangan pada peserta didik, pendidik sebagai model dan pemimpin moral, penciptaan situasi kelas, pilihan pada model-model pembelajaran, pemanfaatan sumber dan media pembelajaran, dan asesmen otentik untuk penilaian Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini 25 karakter; kedua, agar mahasiswa mampu mengembangkan secara praktik: (1) rencana induk pendidikan karakter dalam satuan pendidikan AUD dalam rangka penguatan pendidikan karakter di PAUD melalui: pengembangan visi, kultur, manajemen, pembelajaran di kelas, dan partisipasi masyarakat yang berorientasi pada pendidikan nilai dan karakter; (2) mengembangkan rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan anak usia dini; dan (3) mengembangkan instrument asesmen untuk pengembangan bidang afektif–sosial, moral, emosional, dan
keagamaan bagi AUD.
PAUD 810 Sains dan Matematika PAUD
Matakuliah ini meberi pengalaman kepada mahasiswa dalam mengidentifikakasi tujuan pembelajaran sains, menganalisis nilai sains bagi pengembangan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor, menganalisis nilai sains bagi pengembangan berfikir kritis dan kreativitas, aktualisasi diri dan kehidupan anak serta nilai religious anak, mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan,serta dapat mengaplikasi dalam kehidupan sehari7-hari anak usia dini.
PAUD 811 Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengenal secara mendalam perkembangan kecerdasan emosi peserta didik usia dini dalam kaitannya dengan aspek-aspek lainya yaitu fisik-motorik, bahasa, moral, kognitif, emosi, dan sosial yang memiliki karakteristik bertumbuh dan berkembang dalam latar keluarga, sekolah dan latar sosial; dan dari hasil pemahaman mendalam tersebut, mahasiswa mampu merumuskan implikasinya dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dibinanya dalam rangka memetakan problematik perkembangan dan membantu peserta didik untuk mencapai perkembangan kecerdasan emosional yang optimal. Untuk menguasai kemampuan tersebut, 26 Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini mahasiswa mempelajari: wawasan teoritik dan kontekstual tentang lintasan perkembangan manusia (life span developmental/developmental trajectory); perkembangan kecerdasan emosional dalam kaitannya dengan aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik, bahasa, moral, kognitif, psikomotor, emosi, sosial) dalam bingkai sosial budaya (Indonesia dan dalam konteks kehidupan global); keunikan perkembangan peserta didik anak usia dini dari sisi sebagai hasil hereditas dan keragaman sosial budaya (cultural diversity); masalah-masalah perkembangan kecerdasan emosional termasuk instrumen asesmennya bagi anak usia dini, dan upaya-upaya penyelesaian sebagai optimalisasi perkembangan peserta didik; dan penerapan perkembangan kecerdasan emosional peserta didik dalam perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sebagai bentuk campur tangan guru (yang berposisi
sebagai the significant others bagi siswa) dalam pembelajaran yang berorientasi bermain
untuk optimalisasi semua aspek perkembangan individu anak usia dini.
Daftar Rujukan
Ormrod, Jeanne E. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang
Edisi Keenam. Terjemahan Indiati, dkk. (Rikard Rahmat, Ed). Jakarta:Erlangga.
Santrock, J. W. 1995. Life Span Development. Alih Bahasa: Juda Damanil dan Achmad
Chusaisi. Jakarta: Erlangga
PAUD 812 Pengembangan Literasi Anak Usia Dini
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami substansi perkembangan literasi anak usia dini sebagai landasan pengembangan keterampilan membaca dan menulis. Untuk mencapai kompetensi itu mahasiswa diwajibkan mengkaji konsep dan landasan pengembangan literasi, prinsip-prinsip bimbingan pengembangan literasi, kelas yang terpusat pada literasi, kosa kata AUD melalui program literasi, Merespon dan mengkonstruksi makna, kemampuan menulis dan membangun makna, konstruksi model perkembangan kemampuan menulis, konsep penilaian portofolio dan portofolio literasi, berlatih menggunakan portofolio literasi, Berlatih menganalisis perkembangan kemampuan menulis anak usia dini. Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui tes tulis, tugas terstruktur, dan penampilan
atau perbuatan.
PAUD 813 Pengembangan Kreativitas Anak usia Dini
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami anak sejak dini, anak-anak perlu dikenali kemampuan kreatifnya, inteligensinya, dan kemampuan belajarnya. Generasi kreatif yang mengejawantahkan kemampuan berfikir produktif, kreatif, dan kritis harus mulai dibangun sejak dini. Sebuah evaluasi kritis lebih penting dalam pengembangan kreativitas Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini 27
anak, sebab jika ide-ide kreatif diimplemnetasikan tanpa evaluasi yang bijak yang peduli akan kemaslahatan umat, maka akan menghasilkan perbuatan yang tidak bijak. Oleh karena itu, pengembangan kreativitas saja tidak mencukupi dalam pendidikan anak usia dini. Perlu dipikirkan cara-cara yang menyenangkan (fun) dan berguna (useful) melalui berbagai aktivitas penjelajahan mentyal dan ide-ide produktif yang kreatif.
PAUD 814 Problematika Pembelajaran AUD
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengenal secara mendalam perkembangan
kecerdasan emosi peserta didik usia dini dalam kaitannya dengan aspek-aspek lainya yaitu
fisik-motorik, bahasa, moral, kognitif, emosi, dan sosial yang memiliki karakteristik
bertumbuh dan berkembang dalam latar keluarga, sekolah dan latar sosial; dan dari hasil
pemahaman mendalam tersebut, mahasiswa mampu merumuskan implikasinya dalam
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dibinanya dalam
rangka memetakan problematik perkembangan dan membantu peserta didik untuk mencapai
perkembangan kecerdasan emosional yang optimal. Untuk menguasai kemampuan tersebut,
mahasiswa mempelajari: wawasan teoritik dan kontekstual tentang lintasan perkembangan
manusia (life span developmental/developmental trajectory); perkembangan kecerdasan
emosional dalam kaitannya dengan aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik, bahasa,
moral, kognitif, psikomotor, emosi, sosial) dalam bingkai sosial budaya (Indonesia dan dalam
konteks kehidupan global); keunikan perkembangan peserta didik anak usia dini dari sisi
sebagai hasil hereditas dan keragaman sosial budaya (cultural diversity); masalah-masalah
perkembangan kecerdasan emosional termasuk instrumen asesmennya bagi anak usia dini,
dan upaya-upaya penyelesaian sebagai optimalisasi perkembangan peserta didik; dan
penerapan perkembangan kecerdasan emosional peserta didik dalam perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sebagai bentuk campur tangan guru (yang berposisi
sebagai the significant others bagi siswa) dalam pembelajaran yang berorientasi bermain
untuk optimalisasi semua aspek perkembangan individu anak usia dini.
Daftar Rujukan
Alloy, L.B. 1999. Abnormal Psychology: Current Perspectives. 8th Ed. New York: McGraw-
Hill Companies, Inc.
American Psychiatric Association. 2000. Diagnostic and Statistical Manual of Mental
Disorders. 4th Ed. TR Washington DC: APA.
28 Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Jamaris, Martini, 2006, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Grasindo
Mash, E.J. & Wolfe, D.A. 2005. Abnormal Child Psychology. New York: Thomson
Learning, Inc.
Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. 2004. Human Development. 9th Ed. New York:
McGraw-Hill Companies, Inc.
Rusda Koto Sutadi dan Sri Maryati Deliana, Permasalahan Anak Taman Kanak-kanak,
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti, Proyek Pendidikan Tenaga
Akademik, Jakarta
Santrock, J.W. 2000. Life Span Development (Jilid 1), Jakarta: Erlangga
Schaefer, C.E. & Millman, H.L. 1981. How to Help Children with Common Problems. New
York: Van Nostrand Reinhold Company.
Matakuliah Kelompok Pengalaman Lapangan
MKPL 815 Kuliah dan Praktek Pengalaman Lapangan (4 sks)
MKPL dirancang untuk memberi peluang kepada mahasiswa memperoleh
pengalaman yang merupakan gabungan antara unsur-unsur inkuiri dan eksperimen dengan
unsur-unsur refleksi dan analisis.Melalui kegiatan ini mahasiswa dilatih menjadi pendidik
yang profesional di lingkungan PAUD dengan bimbingan dosen pembina MKPL. Kegiatan
MKPL bisa dilakukan di Program S1 PGPAUD secara riil membelajarkan mahasiswa dan
atau dalam bentuk perkuliahan dan atau kegiatan pembelajaran di S1 PGPAUD.
Matakuliah Kelompok Tesis
MTES 816 Seminar Usulan Tesis (2 SKS)
Mahasiswa mampu menyusun usulan penelitian tesis dengan bimbingan dosen
pembimbing yang sudah ditetapkan dan melaksanakan kegiatan seminar usulan tesis yang
dikoordinasi oleh dosen pengampu matakuliah dan dihadiri oleh dosen pembimbing 1 dan
atau pembimbing 2, dosen penguji/pengampu matakuliah, dan mahasiswa lainnya.
MTES 817 Tesis (6 SKS)
Mahasiswa mampu melaksanakan kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan
suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah kependidikan yang sesuai dengan bidang
spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan
setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis.
Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini 29
Dosen S2 Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Achmad. Rasyad, Drs., M.Pd, Dr., (LektorKepala, IV/a), NIP 1956091619840310001, Sandi
841419, JalanSanan I/3 RT 02 RW 14 Purwantoro Malang 65122, Telp 0341-472391,
HP 081-838-8067, Email: ach.rasyad.fip@um.ac.id (Kajur PLS FIP)
Adi Atmoko., Dr. M.Si, Lektor Kepala, IV/a, NIP 19650904 199001 1 001. Sandi 1114;
Perum Sarimadu Permai Blok G No. 7 Wagir Malang. HP 085646756196 Email:
adias_65@yahoo.co.id (Ketua Jurusan BK).
Alif Mudiono, Drs., M.Pd, Dr. (Lektor Kepala, IVb). NIP 195804241982011015, Sandi
1808, Drs. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Malang (1982), M.Pd
Pembelajaaran Bahasa Indonesia di SD, IKIP Malang (1989), Dr. Pendidikan Bahasa
Indonesia, Universitas Negeri Malang (UM). Jalan Jawa 14 Blitar
66131807941081-252-51484, E-mail: alifmudiono@gmail.com (Koodinator Porgram
Studi S2 PAUD).
Bambang Budi Wiyono, Drs., M.Pd, Dr. Prof., (Guru Besar, IV/e). NIP
196403121990011001, Sandi 1315, Jalan Tirtomulyo VI/10, Landungsari, Malang,
Telp. 466-131, HP 081334546315 Email: bambang.budi.fip@um.ac.id (Dekan FIP)
Dedi Kuswandi, Dr., M.Pd., Lektor Kepala, IV/a, NIP 196401081990011001, NIDN
008016403, Sandi 1224, Perumahan Bukit Cemara Tidar H1-15 Malang. Telp. 0341-
560600, HP 082142746066 Email: dedi.kuswandi.fip@um.ac.id (Wakil Dekan III FIP)
Fattah Hanurawan, Dr. M.Si., M.Ed., Prof. (Guru Besar, IV/d) NIP 196610061988121001,
Sandi 881131. Pondok Bestari Indah D-I/132. Telp 464-582. Email:
fhanurawan@yahoo.com (Dekan Pendidikan Psikologi)
Hardika, Drs., M.Pd., Dr., (Lektor Kepala, IV/b), NIP 196310201988121001, Sandi 881420,
Jl. Candi Blok VB/553/250B Karang Besuki Malang 65146, Telp. 572-920. HP
082332410851, 087859231080, Email, hadrika.fip@um.ac.id (Wakil Dekan I FIP)
M. Ishaq, Drs., M.Pd., Dr. (Lektor, III/d), NIP 196207041986011001, Sandi 861424, Jl.
Blimbing Dalam 21 RT 04 RW 01 Semanding Sumbersekar Malang 65151, Telp. 467-
067, HP. 08128183782, Email: m.ishaq.fip@um.ac.id
Muhammad Zainuddin, Prof. Dr. H. M.Pd, Lektor Kepala IV/c, NIP 195706261984031002,
sandi 841504, Jalan S. Supriadi 42, Blitar 66112, Telp 0342-806265. HP 08563632165
Email: m.zainuddin.fip@um.ac.id
Muhana Gipayana, Drs., M.Pd, Dr., (Lektor Kepala, IV/b), NIP 195311141981031002, Sandi
811515, Drs. Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Jakarta (1981), M.Pd Pengajaran Bahasa
Indonesia, IKIP Bandung (1998), Dr. Pendidikan Bahasa Indonesia, UPI Bandung (2002),
Perum Sumbersari Baru No. 61 Bandulan Malang 65146,  568-161, 081-838-6420, Email:
muhana.gipayana.fip@um.ac.id
Ruminiati, Dra., M.Si, Dr., Prof., (Guru Besar, IV/c), NIP 194902021988032001 Sandi 881518,
Dra. PMP &KN, IKIP Malang (1988), M.Si Sosiologi, Universitas Muhammadyah Malang
(1998), Dr. Ilmu-Ilmu Sosial, Unair Surabaya (2005), Jl. Kalimosodo IV/3 Malang 65137,
 361-604, 552-846, 082-142-578-492, 081-8385-409, E-mail: ruminiati.fip@um.ac.id
Sa’dun Akbar, Drs., M.Pd, Dr., Prof., (Guru Besar, IV/b), NIP 19600613 1987011001, Sandi
871526, Drs. Pendidikan Dunia Usaha, IKIP Yogyakarta (1985), M.Pd Pendidikan
Umum (nilai-nilai), IKIP Bandung (1996), Dr. Pendidikan Umum (Nilai-nilai), UPI
30 Katalog Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Bandung (2000), Jl. Sedap Malam 292 Kavling 20 Sengkaling, Malang, 465-401,
081-5551-9223 E-mail: sadun_akbar@yahoo.com
Suharjo, Drs., M.S., M.A., Lektor, III/c, NIP 196006061985031007, Sandi 851525, Jalan
Pelabuhan Bakaheuni RT 01 RW 06 Bakalan Krajan Malang, HP 081333066801.
Email: suharjo.fip@um.ac.id
Sulthoni, Dr., M.Pd. Lektor, III/d, NIP 195801291986011001, NIDN 00290115803, Sandi
1216, Jalan Kapi Menda 11-D/09 Sawojajar 2 Mangliawan Pakis Malang, Telp. 0341-
723169, HP 081334704769 Email: sulthoni.fip@um.ac.id (Ketua Jurusan TEP).
Triyono, Dr. M.Pd. Lektor III/d, NIP 195601281982031001, Sandi 821126, Perum Griya
Shanta B-17 Malang 65142. Telp. 490228. HP 08125297599. Email:
trias_b17@yahoo.com (Koordinator Prodi Magister dan Doktor BK)

id_IDIndonesian