Perilaku Konsumtif Siswa SMA dan MAN di Batu

Permasalah:

Fenomena perilaku ekonomi remaja sekarang umumnya dipengaruhi perilaku  konsumtif, yaitu perilaku seorang konsumen dimana timbulnya keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan untuk memenuhi kepuasan pribadi. Perilaku konsumtif masyarakat modern sekarang ini lebih cenderung ke dalam emosional motif, konsumsi digunakan untuk membentuk identitas diri yang pada akhirnya membentuk suatu gaya hidup pada kelompok status tertentu. Kegiatan konsumsi ini mencerminkan perilaku konsumtif masyarakat modern. Perilaku konsumtif tercermin dalam perilaku konsumen. Engel (1994: 46-57) mengemukakan bahwa pada dasarnya perilaku konsumen yang didalamnya termasuk perilaku konsumsi remaja dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: (1) pengaruh lingkungan yaitu budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi, (2) perbedaan dan pengaruh individual meliputi: sumber daya konsumen, motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap kepribadian, gaya hidup dan demografi, dan (3) proses psikologis, meliputi pengolahan informasi, pembelajaran, serta perubahan sikap dan perilaku.

Perubahan gaya hidup yang mengarah kepada perilaku konsumtif cenderung terjadi dikalangan remaja saat ini. Penelitian yang dilakukan oleh Enrico et al. (2014) yang berjudul The Factors that Influenced Consumtive Behavior: A Survey of  University Students in Jakarta menyatakan bahwa fenomena perilaku konsumtif juga berdampak pada mahasiswa terutama yang berada di kota-kota besar. Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sosial mereka seperti nongkrong di caffe dan Mall menjadikan mahasiswa menjadi lebih konsumtif dan kurang mempertimbangkan pola hidup hemat dengan cara menabung untuk kebutuhan yang tidak terduga. Hal tersebut dapat dilihat dari fenomena perubahan gaya hidup, sosial budaya dan jenis kebutuhan manusia yang semakin beragam. Terjadinya perubahan gaya hidup anak remaja masa kini tidak terlepas dari perubahan budaya, serta pola pikir yang dianut oleh masyarakat yang bersangkutan. Kini anak remaja lebih senang dengan hal-hal yang serba instan, pragmatis, dan cenderung kebarat-baratan. Hampir tidak ada celah lagi untuk menghindarkan diri dari serbuan berbagai informasi di sekitar yang berkaitan dengan kegiatan konsumsi. Di berbagai tempat ditawarkan berbagai informasi yang menstimulasi konsumsi melalui iklan ditelevisi, koran maupun majalah. Tidak hanya itu, di jalan juga selalu dihadapkan dengan pertokoan dan pusat perbelanjaan.

Tujuan:

Mendeskripsikan dan menguji pengaruh antar variabel, yaitu:

  1. Pengaruh variabel pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu.
  2. Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  3. Pengaruh modernitas individu terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  4. Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  5. Pengaruh gaya hidup terhadap literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  6. Pengaruh modernitas individu terhadap literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  7. Pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  8. Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  9. Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?
  10. Pengaruh modernitas individu terhadap perilaku konsumtif melalui literasi ekonomi pada siswa SMA dan MAN di wilayah kota Batu?

Manfaat:

  1. Bagi guru sebagai bahan masukan untuk memberikan teori dan masukan terhadap siswa agar mampu berperilaku konsumsi yang rasional
  2. Bagi pengembang ilmu diharapkan supaya hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengembangan bidang keilmuan dan penjelasan teori khususnya pada teori hasil literasi ekonomi dan perilaku konsumsi. Selain itu diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan kajian pendidikan khususnya pada pendidikan ekonomi.
  3. Bagi program studi Pendidikan Ekonomi sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan dan merancang metode, model-model serta strategi dalam pembelajaran ekonomi kreatif dan inovatif, yang utamanya berkaitan dengan perilaku konsumsi.
  4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah perilaku konsumtif . bisa menggunakan sampel yang lebih luas agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal atau mencari faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif siswa.

 

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji:

Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed

Pembimbing:

Prof. Dr. H. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.S., Ak.

Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M. Pd., M.Si., Ak., CA

 

Biodata Diri

Nama                                 : Risnawati

NIM                                   : 150431805844

Prodi                                 : S2 Pendidikan Ekonomi

Tempat/Tanggal Lahir : Bima, 04 Maret 1991

Alamat                             : Jl Lintas Bima Sape, Kec.Wawo Kab.Bima        NTB

Jenis kelamin                 : Perempuan

No. HP                             : 085333040309

E-mail                              : hasan_risnawati@yahoo.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *