DEVELOPING A MULTIMEDIA-BASED ETHNIC SNAKE GAME TO PROMOTE SPEAKING SKILLS FOR UNIVERSITY FRESHMEN

Seiring dengan tumbuhnya teknologi yang menjadi lebih dan lebih tak terelakkan di abad ke-21, dosen juga dituntut untuk menerapkan teknologi dalam proses belajar mengajarnya. Sebagaimana Smaldino, Lowther, & Russel (2008) menyatakan bahwa CALL sangat membantu baik dosen dan mahasiswa. Dosen dapat menyediakan mahasiswa media yang mempesona dan menarik ketika mengajar di kelas dan siswa dapat mempelajari materi yang tak terbatas melalui teknologi. Pada kenyatannya, penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar masih lebih sedikit, hal memicu peneliti untuk melakukan studi pendahuluan dalam bentuk kuesioner di Universitas Muhammadiyah Malang. Studi awal menunjukkan bahwa 63% siswa mengatakan dosen mereka tidak pernah menggunakan media berbasis multimedia dalam mengajar keterampilan berbicara, sedangkan 89% siswa berpikir penggunaan di dalam kelas adalah hal yang penting. Menjawab kebutuhan siswa tersebut, peneliti mengembangkan media berbasis multimedia untuk mahasiswa tahun pertama di universitas.

Pengerjaan Penelitian dan Pengembangan (R & D) ini mengelaborasi dua teori, sehingga terdiri dari analisis kebutuhan, desain produk, evaluasi formatif, revisi produk, percobaan produk, dan produk akhir. Peneliti mengkombinasikan dua teori tersebut dalam proses pengembangan produk ini dalam rangka memenuhi kondisi riil di lapangan dan memiliki langkah-langkah yang lebih lengkap dan fleksibel untuk melakukan.

Hasil penelitian ini adalah produk yang berupa: A media berbasis multimedia yang diberi nama Ethnic Snake Game dalam bentuk CD-ROOM dan buku panduan untuk dosen. Berdasarkan hasil evaluasi formatif, beberapa modifikasi dalam produk ini dibutuhkan. Berkaca pada hasil try-out dimana 90% siswa memberikan tanggapan positif terhadap media ini. Selanjutnya, pada tahap try-out menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memberikan respon positif dalam semua pernyataan yang berhubungan dengan media berbasis multimedia dan mendapat hampir 4 skor di setiap item dari kuisioner dosen, peneliti berpendapat bahwa produk ini berguna dan dapat di aplikasikan untuk aktivitas belajar mengajar di kelas.

Ujian Thesis Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris:

Nama                           : Lulud Oktaviani

NIM                             : 130221818779

Hari/Tanggal Ujian  : Kamis, 9 Maret 2017

Telah dilaksanakan dengan tertib dengan di hadiri oleh dua dosen pembimbing: (I) Dr. Sri Rachmajanti, Dip. TESL., M. Pd., (II) Dr. Mirjam Anugerahwati, M. A. dan dua dosen penguji: (I) Nunung Suryati, M. Ed. Ph.D, (II) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd.

Ujian di laksanakan pada jam 7.30. pagi sampai dengan selesai di H1.115 Gedung Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang dengan foto terlampir. Proses ujian berjalan dengan baik dengan di awali oleh presentasi hasil Thesis selama 15 menit dan proses tanya jawab oleh dewan penguji dan pembimbing. Sehingga pada akhirnya, saya dinyatakan lulus.

lulud-oktaviani

2 thoughts on “DEVELOPING A MULTIMEDIA-BASED ETHNIC SNAKE GAME TO PROMOTE SPEAKING SKILLS FOR UNIVERSITY FRESHMEN

  • August 19, 2017 at 4:37 am
    Permalink

    gmn cara download ini min?

    Reply
    • August 31, 2017 at 2:35 am
      Permalink

      saudara bisa ke Perpustakaan Pascasarjana UM

      Reply

Leave a Reply to admin Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *