Perubahan Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa sebagai Dampak Penerapan Conceptual Problem Solving

Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakahperubahan kemampuan penyelesaian masalah siswa pada materi fluida statis setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran?
  2. Bagaimanakah perubahan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran?
  3. Kesulitan apakah yang dialami siswa setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran?

Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui perubahan kemampuan penyelesaian masalah siswa pada materi fluida statis setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran.
  2. Mengetahuiperubahan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran.
  3. Mengetahui kesulitan apakah yang dialami siswa setelah penerapan kerangka kerja Conceptual Problem Solving dalam pembelajaran.

Manfaat Penelitian

Penelitian ini berkontribusi dalam upaya peningkatan pengusaan konsep sekaligus kemampuan penyelesaian masalah siswa pada materi fluida statis. Selama ini, penelitian yang terkait dengan materi fluida statis difokuskan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan kesalahan yang dialami siswa. Penelitian terkait materi fluida statis dengan tujuan meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah, belum banyak dilakukan. Salah satu bentuk kontribusi dari penelitian ini adalah guru dapat mempersiapkan pembelajaran terkait materi fluida statis dengan lebih baik pada periode mendatang. Bentuk kontribusi lain dari penelitian ini, yaitu bertambahnya khazanah penelitian yang secara khusus terkait pada ranah penguasaan konsep dan penyelesaian masalah.

Nama Penguji  :(1) Lia Yuliati, M. Pd (2) Eny Latifah, M. Si

Nama Pembimbing : (1) Markus Diantoro, M. Si (2) Sutopo, M. Si

Biodata Diri

Nama : Dian Pradugawati

NIM : 140321808544

Program Studi : S2 Pendidikan Fisika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *