PENGEMBANGAN MODEL LINTASKUJITU DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK FABEL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Berdasarkan hasil studi pendahuluan  terdapat tiga hal tentang pelaksanaan pembelajaran menyimak. Tiga hal tersebut, yaitu (1) pembelajaran menyimak kurang mendapat perhatian dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) pembelajaran menyimak yang dilakukan di kelas belum membimbing siswa terampil menyimak serta belum mengikuti tahap-tahap pembelajaran menyimak, dan (3) pembelajaran menyimak tidak dievaluasi secara khusus sehingga guru tidak memiliki rekapitulasi skor yang menunjukkan tingkat keterampilan menyimak siswa.  Permasalahan tersebut dapat dipecahkan dengan pengadaan model pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) menghasilkan produk berupa model Lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak fabel untuk kelas VII dan (2) mendeskripsikan hasil uji kelayakan dan efektifitas produk berupa model Lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak fabel untuk kelas VII.

Penelitian pengembangan model pembelajaran ini memiliki manfaat penting bagi beberapa pihak, khususnya bagi siswa, guru, dan penelitian lanjutan. Pertama,bagi siswa, model Lintaskujitu dapat membantu siswa untuk melatih keterampilan menyimak. Kedua, bagi guru, model Lintaskujitu dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk mengajarkan keterampilan menyimak siswa sehingga dapat mengukur kemampuan menyimak siswa. Ketiga, bagi penelitian lanjutan, Lintaskujitu diharapkan dapat menjadi dasar dalam mengembangkan model pembelajaran menyimak yang lebih kreatif dan inovatif.

Nama Pembimbing dan Penguji

Pembimbing I    : Dr. Taufik Dermawan, M.Hum.

Pembimbing II  : Dr. Nita Widiati, M.Hum.

Penguji Bidang Studi   :  Dr. Roekhan, M.Pd.

Penguji Bidang Pendidikan   : Prof. Dr. Suparno

Biodata Diri

Nama :    Dewi Syafrina

Tempat/tanggal lahir :    Bukittinggi, 20 November 1993

Nama Orang tua :    Syukri Ibrahim dan Syofni Erita

Alamat :    Jalan Sumbersari Gang V No. 513 Malang

Program Studi :    S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

No. Telepon :    081374170045

Email :    dewirennaewii@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *