PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA SMAN 1 KASIMAN BOJONEGORO

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KARAKTER SISWA

PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA

SMAN 1 KASIMAN BOJONEGORO

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh siswa dalam menghadapi tantangan hidup di abad 21. Siswa juga harus menguasai keterampilan proses sains dan mempunyai karakter yang baik. Kenyataan yang terjadi di lapangan, melalui hasil observasi dan wawancara, siswa di SMAN 1 Kasiman mempunyai kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang rendah. Begitu juga dengan nilai-nilai karakter belum tertanam dengan baik. Kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan karakter siswa dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang melatihkan siswa secara aktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains melalui proses pemecahan masalah, sedangkan Think Pair Share (TPS) merupakan model pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan berpikir sekaligus melatihkan keterampilan sosial dan penanaman karakter positif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning dipadu Think Pair Share dapat rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan karakter siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kasiman Bojonegoro.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kasiman Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian meliputi hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran hasil tes tulis kemampuan berpikir kritis, hasil observasi keterampilan proses sains dan hasil observasi karakter siswa. Data dianalisis melalui dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui tiga cara yaitu penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dipadu TPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan proses sains dan karakter siswa. Model pembelajaran PBL dipadu TPS berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang membuat siswa aktif menyelesaikan masalah dan menyusun pengetahuan sendiri sehingga dapat menstimulasi perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Langkah-langkah siswa dalam proses pemecahan masalah membuat siswa aktif melakukan keterampilan proses sains seperti observasi, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, komunikasi dan menarik kesimpulan. Belajar dan bekerja dalam kelompok kecil membuat siswa mengembangkan karakter kerjasama dan tanggung jawab serta perilaku hidup bersih dan sehat.

 

NAMA PEMBIMBING DAN PENGUJI

PEMBIMBING: (1) Dr. Sri Endah Indriwati, M.Pd (2)Dr.Umie Lestari, M.Si

PENGUJI: (1) Dr. Murni Saptasari, M.Si (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd

 

BIODATA DIRI

NAMA : ABU HUSEN

NIM : 140341808606

TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR : BOJONEGORO, 18 JUNI 1982

JENIS KELAMIN : LAKI-LAKI

AGAMA : ISLAM

ALAMAT : DESA SAMBENG RT.05/RW.02 KEC. KASIMAN KAB. BOJONEGORO JAWA TIMUR

STATUS : KAWIN

PEKERJAAN : PNS

INSTANSI : SMAN I KASIMAN BOJONEGORO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *