PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DAN KETERAMPILAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 PONOROGO

Kemajuan teknologi di abad 21 menuntut dunia pendidikan untuk membekali generasi muda dengan keterampilan belajar yang inovatif yang meliputi berpikir kritis, kreatif, inovatif, mampu menyelesaikan masalah, dan menguasai keterampilan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (literasi TIK). Problem based learning merupakan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran biologi di SMAN 1 Ponorogo masih bersifat konvensional dan tidak mengarahkan siswa untuk terlibat dalam kegiatan kolaborasi aktif, berpikir kritis, kreatif dan diskusi untuk menyelesaikan masalah. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran tidak diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang menguasai keterampilan penggunaan TIK. Pembelajaran dengan model PBL berbasis TIK dilaksanakan dengan mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran sehingga dapat mendukung siswa untuk aktif dalam pembelajaran, memudahkan siswa menguasai materi yang dipelajari, dan menguasai keterampilan literasi TIK.

Penelitian ini menggunakan desain ekperimen semu dengan pola pretest-postest, untuk mengetahui pengaruh PBL berbasis TIK terhadap hasil belajar kognitif siswa dan dan keterampilan literasi TIK. Sampel yang digunakan berjumlah 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan melakukan uji kesetaraan terhadap 9 kelas XI MIPA kemudian dipilih secara acak 2 kelas yang setara. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk 2 kelas sampel dilakukan secara acak. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran model PBL berbasis TIK dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Variabel yang diukur adalah hasil belajar kognitif dan keterampilan literasi TIK.

Hasil uji hipotesis dengan anakova menunjukkan nilai p-value pada kelas eksperimen sebesar 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0.05. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang berarti ada pengaruh pembelajaran PBL berbasis TIK terhadap hasil belajar kognitif siswa. Nilai rerata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 69.032 dan pada kelas kontrol sebesar 62.078. Hal tersebut menunjukkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol.

Hasil uji hipotesis keterampilan literasi TIK menunjukkan nilai p-value sebesar 0.000 dan lebih kecil dari nilai alpha 0.05, yang berarti pembelajaran PBL berbasis TIK juga berpengaruh terhadap keterampilan literasi TIK siswa. Sedangkan nilai rerata terkoreksi keterampilan literasi siswa di kelas ekpserimen sebesar 91.701 dan di kelas kontrol 77.074, yang berarti pencapaian keterampilan literasi TIK siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan supaya pembelajaran PBL berbasis TIK diterapkan dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan membantu siswa dalam menguasai keteramppilan literasi TIK yang dibutuhkan di abad 21. Disarankan pembelajaran PBL berbasis TIK dilakukan dengan menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari informasi yang tepat, memanfaatkan word-processor untuk merekam data atau informasi, memanfaatkan media presentasi power point, multimedia interaktif, video sebagai sarana berbagi informasi dan melakukan kegiatan refleksi. Diharapkan guru memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan alat-alat TIK supaya pembelajaran berlangsung optimal.

NAMA PEMBIMBING DAN PENGUJI

PEMBIMBING I                                                         PEMBIMBING II

Prof. Dra. Herawati Susilo, M.sc., Ph.D                Dr. Abdul Gofur, M.Si

NIP. 19560216 198003 2 001                                  NIP. 19540707 198503 1 005

 

DOSEN PRODI                                                           DOSEN PENDIDIKAN

Dr. Umie Lestari, M.Si                                              Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd

NIP. 19540919 198303 2 001                                  NIP. 19560810 198403

 enny-kristinawati-pascasarjana-universitas-negeri-malang

BIODATA DIRI

NAMA : ENNY KRISTINAWATI, S.Si
NIM : 140341808612
TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR : NGAWI, 19 NOVEMBER 1982
JENIS KELAMIN : PEREMPUAN
AGAMA : ISLAM
ALAMAT : DS. TIRAK, TR/RW: 001/003, KEC. KWADUNGAN, KAB. NGAWI
STATUS : BELUM KAWIN
PEKERJAAN : GURU SWATA
INSTANSI : SMA IMMERSION PONOROGO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *