Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Konsep Larutan Berbantuan Multimedia Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Hasil Belajar Siswa Kelas XI Agribisnis Produksi Tanaman SMK

Mata pelajaran kimia SMK merupakan kelompok mata pelajaran Dasar Bidang Kejuruan (wajib) dimana satu kelompok dengan mata pelajaran produktif (kompetensi kejuruan). Fungsi mata pelajaran kimia diperlukan untuk memperkuat kompetensi kejuruan SMK. Fakta yang ada pembelajaran kimia di SMK masih lebih menekankan aspek teoritis dan kurang dikaitkan dengan pelajaran produktif. Belum tersedianya bahan ajar kimia yang terintegrasi dengan produktif diduga sebagai salah satu penyebab siswa belum dapat menerapkan pengetahuan kimianya pada mata pelajaran produktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar konsep larutan berbantuan multimedia menggunakan pendekatan saintifik untuk SMK program studi keahlian Agribisnis Produksi Tanaman,menguji kelayakan serta efektifitasnya.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model rancangan  mengadopsi model pengembangan four D dari Thiagarajan dkk, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Tahap penyebaran belum dilakukan karena bahan ajar pengembangan digunakan terbatas dilingkup SMK Negeri 1 Malang. Validasi bahan ajar hasil pengembangan menggunakan instrumen penilaian yang dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Bahan ajar divalidasi oleh dua dosen pendidikan kimia, uji keterbacaan dilakukan oleh dua guru kimia dan enam siswa kelas XII AGB SMK. Uji coba lapangan terbatas menggunakan posttest only non equivalent control group design yang dilakukan pada kelas XI AGB SMKN 1 Malang untuk mengetahui keefektifan bahan ajar. Instrumen uji efektifitas berupa soal pilihan ganda 25 soal dengan reabilitas 0,981, skor tes dianalisis uji t pada kelas kontrol dan eksperimen.

Hasil pengembangan bahan ajar berbantuan multimedia dengan pendekatan saintifik terdiri dari enam kegiatan pembelajaran. Setiap kegiatan pembelajaran tersebut terdiri dari materi pendahuluan, kegiatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, eksplorasi, menalar dan mengomunikasi. Penilaian kelayakan oleh validator ahli isi/materi memperoleh skor 90,78% (sangat layak) untuk buku guru dan 90,13% (sangat layak) untuk buku siswa. Penilaian oleh validator ahli media untuk buku guru 92,36% (sangat layak) dan 92,57% (sangat layak) untuk buku siswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan nilai rata-rata 75,3 dan 84% siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis uji t non parametrik Mann Whitney diperoleh nilai signifikan yaitu 0,02<0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Secara umum respon siswa terhadap bahan ajar hasil pengembangan sangat baik dan mudah digunakan.

Nama Penguji dan Pembimbing

  1. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed, Ph.D.   (Pembimbing I)
  2. Aman santoso, M.Si                                 (Pembimbing II)
  3. Dra. Sri Rahayu M.Ed., Pd.D                (Penguji Pendidikan)
  4. Surjani Wonorahardjo, Ph.D                (Penguji Bidang Studi)

Biodata Diri

Ambar retnoningrum dilahirkan di Malang, Jawa Timur pada tanggal 7 Nopember 1975. Penulis adalah anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Bapak Rusmin dan Ibu Mistini. Penulis menempuh pendidikan dasar di SD Negeri Bunulrejo VII Malang, tamat pada tahun 1987. Pendidikan selanjutnya ditempuh di SMP Negeri 14 Malang, tamat pada tahun 1990. Pendidikan SMA ditempuh di SMK Kimia Industri, tamat pada tahun  1993. Penulis melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Malang (IKIP) program studi S1 Pendidikan Kimia lulus tahun 2000.

Pada tahun 2000 penulis mulai mengajar di SMK Putera Indonesia sampai tahun 2006. Pada tahun 2006 menjadi PNS Pemerintah Kota Malang dan ditugaskan sebagai guru Kimia di SMKN 1 Malang. Pada tahun 2015 penulis bersama 19 guru kimia se-Jawa Timur mendapatkan beasiswa dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur untuk melaksanakan tugas belajar S2 Pendidikan Kimia di Pascasarjana Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan Nanjing Agricultural University, China. Atas kerjasama tersebut penulis berkesempatan menempuh pendidikan di Program Studi Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang dan Life Science Department of Nanjing Agricultural University, China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *