Mengungkap Kesejajaran dan Faktor yang Berpengaruh terhadap Koefisien Slope dan Intercept dari Persamaan Regresi Hubungan antara Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA dan Biologi di Malang

Rumusan Masalah Penelitian Quasi Eksperimen

  1. Adakah hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa dengan penerapan suatu model pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan?

Rumusan Masalah Penelitian Survey (Meta-analisis)

  1. Adakah hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa pada berbagai kondisi berdasarkan kaji meta-analisis?
  2. Bagaimana perbedaan persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa pada berbagai kondisi berdasarkan kaji meta-analisis?

Rumusan Masalah Penelitian Kualitatif

  1. Faktor apa saja yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept yang terbentuk dari persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi Siswa?

Tujuan Penelitian

  • Penelitian Quasi Eksperimen
  1. Mengungkap hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa dengan penerapan suatu model pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan.
  • Penelitian Survey (Meta-analisis)
  1. Mengungkap hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa pada berbagai kondisi berdasarkan kaji meta-analisis.
  2. Mengungkap perbedaan persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan Biologi siswa pada berbagai kondisi berdasarkan kaji meta-analisis.
  • Penelitian Kualitatif
  1. Mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap koefisien slope dan intercept yang terbentuk dari persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep IPA dan  Biologi Siswa?

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis bagi upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Pada tataran teoritis diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan khususnya bidang pendidikan terkait hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep dengan menerapkan model-model pembelajaran yaitu Think Pair Share (TPS), Problem Based Learning (PBL), Reciprocal Teaching (RT), Reading Questioning & Answering (RQA), TPS dipadu dengan RT, TPS dipadu dengan RQA, RQA dipadu dengan PBL pada berbagai jenjang pendidikan. Serta dapat memberikan kontribusi terkait faktor yang berpengaruh terhadap koefisen slope dan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa. Pada tataran praktis penelitian ini berguna bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti lain.

  1. Bagi siswa, melalui pembelajaran dengan model pembelajaran tertentu diharapkan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa terutama dalam pembelajaran IPA dan Biologi, serta dengan mengetahui faktor yang berpengaruh maka siswa dapat dengan mudah mengontrol proses pembelajarannya.
  2. Bagi guru, model pembelajaran yang diterapkan dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maupun dapat pula digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi selama pembelajaran. Selain itu juga dengan memahami faktor yang berpengaruh terhadap garis-garis regresi yang terbentuk dari hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep maka guru dapat mengontrol sejauh mana siswa itu belajar sehingga lebih mudah mengatasi permasalahan-permasalahan di kelas.
  3. Bagi sekolah, dengan menerapkan model-model pembelajaran yang bervariasi di sekolah yang bersangkutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan yang dihasilkan.
  4. Bagi peneliti selanjutnya, memberikan informasi tentang kesejajaran garis-garis regresi yang terbentuk dari hubungan antara keterampilan metakognisi dengan pemahaman konsep serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap koefisien slope maupun intercept persamaan garis regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep siswa.

Pelaksanaan Ujian Disertasi

Hari/ Tanggal : Rabu, 22 Maret 2017

Tempat              : Gedung H1-226 Pacasarjana UM

Pukul                  : 09.00-10.30

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji               :

  1. Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. (Bidang Studi)
  2. Dr. Kusmintardjo, M.Pd. (Pendidikan)
  3. Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. (Tamu)

Promotor            :

  1. Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd. (Promotor)
  2. Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D. (Co-Promotor 1)
  3. Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. (Co-Promotor 2)

Biodata Diri

Nama                                         : Bea Hana Siswati

NIM                                            : 140341907016

Program Studi                       : S3 Pendidikan Biologi

Tempat & Tanggal Lahir   : Mojokerto, 01 April 1990

Jenis Kelamin                        : Perempuan

Agama                                       : Islam

Alamat                                       : Dsn. Kecapangan, Ds. Ngoro, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto

No. Telp                                     : 085785209929

e-mail                                         : hana.ninelovers@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *