DEVELOPING A PROTOTYPE OF ENGLISH COURSEBOOK FOR THE TENTH GRADERS BY INTEGRATING TASK-BASED APPROACH AND CLIL

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype buku ajar bahasa Inggris untuk kelas sepuluh dalam rangka mengisi kesenjangan berupa langkanya buku ajar bahasa Inggris yang mengintegrasikan muatan bahasa Inggris dengan muatan non-bahasa khususnya matematika dan sains. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi kerangka model Gall, Gall & Borg, ADDIE yang dikembangkan Schlegel dan Lee & Owens yang terdiri dari 1) analisis kebutuhan, 2) desain prototype produk, 3) pengembangan prototype produk, 4) validasi dan revisi 1, 5) uji coba terbatas dan revisi 2, dan 6) prototype produk akhir. Penelitian ini melibatkan 167 siswa dan 2 guru bahasa Inggris dalam pengumpulan data dalam analisis kebutuhan, dua guru bahasa Inggris, seorang pakar materi dan bahasa dan seorang pakar media dalam tahap validasi, dan 34 siswa dan seorang guru bahasa Inggris dalam tahap uji coba. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara guru dan kuesioner siswa pada tahap analisis kebutuhan, ceklis validasi pada tahap validasi produk, dan kesioner dan catatan obvervasi selama tahap uji coba terbatas.

Pada penelitian ini, data pada tahapan analisis kebutuhan menjadi dasar bagi pengembangan produk sedangkan data dalam Focus Group Discussion (FGD) menjadi dasar bagi penentuan topic dalam produk. Serta prinsip 4Cs CLIL yang dikembangkan oleh Coyle dkk, Taksonomi Bloom aspek kognitif, Mohan’s Structure of Knowledge, CLIL Matrix yang dikembangkan Cummins, serta pendekatan berbasis tasks digunakan untuk pengembangan tasks (aktivitas) yang bertujuan untuk menyusun aspek bahasa dan distribusi aktivitas pada tiap unit.

Draft prototype buku ajar bahasa Inggris dievaluasi oleh dua orang guru bahasa Inggris yang berpengalaman, seorang pakar bahasa dan materi dan seorang pakar media dengan menggunakan ceklis validasi. Pada tahap validasi empiris, produk diujicobakan selama peorses belajar mengajar pelajaran bahasa Inggris dimana seorang guru bahasa Inggris dan 34 siswa dilibatkan. Seperangkat kuesioner dan catatan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan keberterimaan produk bagi pengguna. Data digunakan sebagai dasar umpan balikan kuantitatif dan kualitatif untuk revisi produk akhir. Prototype buku ajar bahasa Inggris. Produk akhir dalam penelitian berupa Buku Siswa, Buku Petunjuk Guru, dan CD Audio Listening. Prototype buku ajar bahasa Inggris yang dikembangkan dalam penelitian ini ditujukan untuk siswa yang berminat dengan pelajaran matematika dan sains di kelas sepuluh mereka pada level SMA. Dikarenakan produk yang dikembangkan berupa prototype, maka langkah-langkah lebih lanjut guna pengembangan lebih lanjut perlu dilakukan apabila produk yang dikembangkan ditujukan untuk tujuan komersil di pasaran.

Nama Pembimbing dan Penguji

Pembimbing I : Prof. M. Adnan Latief, M.A., Ph.D.
Pembimbing II : Dr. Sri Rachmajanti, Dip.TESL, M.Pd.
Dosen Prodi : Dr. Johannes Ananto Prayogo, M.Pd
Dosen Pendidikan : Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed

Biodata Diri

NAMA : Suhandoko, S.Pd.
NIM : 140221808485
TEMPAT, TANGGAL LAHIR : Jombang, 28 Mei 1989
JENIS KELAMIN : Laki-Laki
AGAMA : Islam
ALAMAT : Jalan Diponegoro Rt/Rw: 002/005 Ds. Gondek, Kec. Mojowarno, Kab. Jombang, Jawa Timur, Indonesia 61475
STATUS : Belum Kawin
PEKERJAAN : Guru
INSTITUSI : SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang, Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *