KESANTUNAN TUTUR GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SITUBONDO

Rumusan Masalah

            Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut.

  • Bagaimanakah wujud kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo?
  • Bagaimanakah fungsi kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo?
  • Bagaimanakah strategi kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo?

Tujuan Penelitian

            Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Mendeskripsikan wujud kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo.
  • Mendeskripsikan fungsi kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo.
  • Mendeskripsikan strategi kesantunan tindak tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo.

Kegunaan Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan mempunyai dua kegunaan yaitu kegunaan teoretis dan kegunaan praktis. Kegunaan secara teoretis, hasil penelitian ini dapat menambah wacana penelitian bidang pragmatik khususnya berkaitan dengan penelitian tindak tutur pada tindak tutur guru dan kesantunan . Kegunaan  praktis hasil penelitian  ini diharapkan memiliki kegunaan bagi guru sebagai bahan untuk menambah pemahaman terhadap aspek-aspek penggunaan bahasa dalam belajar-mengajar di kelas khususnya tentang kesantunan berbahasa. Guru dapat mempraktikkan bentuk-bentuk tutur guru yang mengandung kesantunan dalam interaksi pembelajaran agar komunikasi dengan siswa menjadi lancar, santun, dan tujuan pembelajaran tercapai dengan sempurna. Bahan bagi guru untuk memperbaiki model materi keterampilan berbicara sehingga bahasa lebih fungsional, benar menurut kaidah, dan santun.

Nama Pembimbing dan Penguji

PEMBIMBING I : Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd
PEMBIMBING II : Dr. Sunoto, M.Pd
DOSEN PRODI : Dr. Martutik, M.Pd    
DOSEN PENDIDIKAN : Dr. Roekhan, M.Pd

BIODATA DIRI

NAMA : Ahmad Fadilahtur Rahman, S.Pd.
NIM : 140221808154
TEMPAT, TANGGAL LAHIR : Situbondo, 17 Januari 1981    
JENIS KELAMIN : Laki-Laki
AGAMA : Islam
ALAMAT : Landangan Krajan Rt/Rw: 001/002 Ds. Landangan, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo, Jawa Timur.
STATUS : Kawin
PEKERJAAN : Guru
LEMBAGA : SMP NEGERI 4 SITUBONDO

One thought on “KESANTUNAN TUTUR GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SITUBONDO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *