Pengembangan Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pyoyek dengan Sumber Belajar TPA Supit Urang Malang untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan, Pengetahuan, dan Keterampilan Siswa Kelas X SMAN 5 Malang

Masalah

  • Pembahasan materi lingkungan di SMAN 5 Malang seringkali hanya sebatas konsep teoritis dan kurang mengkaji permasalahan secara kontekstual seperti permasalahan persampahan di Kota Malang.
  • Guru belum pernah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek, belum pernah memanfaatkan TPA Supit Urang sebagai sumber belajar siswa, belum pernah membuat instrumen sikap peduli lingkungan siswa dan belum pernah melakukan penilaian proyek dan produk daur ulang limbah.
  • Selama pembelajaran biologi siswa hanya satu kali diajak ke luar kelas untuk mengamati contoh-contoh tumbuhan paku, monokotil, dan dikotil. Selain itu, kegiatan pembelajaran pada materi perubahan lingkungan yang telah ditempuh pada kelas X menunjukkan siswa tidak pernah diajak ke luar kelas untuk mengamati fenomena perubahan lingkungan secara langsung. Guru hanya memberi tugas kepada siswa untuk menganalisis pencemaran lingkungan yang terjadi di sekitar rumah siswa.

Tujuan

  1. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran pengelolaan lingkungan berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang dalam bentuk perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, handout, dan instrumen penilaian.
  2. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan, pengetahuan, dan keterampilan siswa melalui pembelajaran berbasis proyek dengan TPA Supit Urang Malang.
  3. Penelitian bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran berbasis proyek dengan sumber belajar TPA Supit Urang Malang melalui kegiatan Lesson Study.

Manfaat

  1. Produk pengembangan dapat dijadikan referensi merencanakan pembelajaran lingkungan yang kontekstual dan bermakna untuk siswa.
  2. Produk pengembangan dapat digunakan untuk mengukur sikap peduli lingkungan siswa, pengetahuan, dan keterampilan siswa.

 

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji  : 1. Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd.
2. Prof. Dr. Mimien Henie Irawati, M.S.
Pembimbing : 1. Ibu Prof. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Ibrohim, M.Si.

 

Biodata Diri

Nama : Dwida Maghfiroh
NIM   : 140341807365
Program Studi   : Magister Pendidikan Biologi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *