PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN MANGROVE PANTAI CENGKRONG TRENGGALEK PADA MATERI EKOSISTEM SEBAGAI SUPLEMEN SISWA KELAS X SMAN 1 DURENAN

Perolehan sumber belajarsiswa seharusnya tidak hanya didapatkan dari satu sumber saja.  Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak dapat memaksimalkan hasil belajar. Siswa tidak akan mendapatkan ilmu lebih, serta siswa hanya akan menghafal ilmu yang diperoleh. Oleh karena itu diperlukan pengembangan sumber belajar yang seharusnya dapat ditemukan oleh guru dari berbagai sumber atau siswa itu sendiri. Pengembangan sumberbacaan yang tidak terpaku pada satu sumber bahan ajar dapat megembangkan kemampuan siswa dan dapat memberikan pelajaran yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, Hutan Mangrove di Trenggalek memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai bahan/sumber belajar oleh siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan suatu buku    referensi yang memfasilitasi siswa untuk mengetahui potensi lokal daerah tentang ekosistem mangrove di Pantai Cengkrong Trenggalek. Salah satu buku referensi yang  dapat digunakan sebagai referensi yaitu  atlas. Atlas merupakan salah satu bahan ajar cetak yang berisi foto yang berwarna dengan penjelasan rinci, sehingga  menarik  minat baca siswa. Bagi pelajar buku atlas menyediakan bahan bacaan dan pedoman sedangkan bagi pengajar dan peneliti biologi, atlas menyediakan sumber refensi cepat. Dengan demikian dengan adanya atlas diharapkan dapat memperkaya pengetahuan siswa terkait materi.

Tujuan Penelitian

  1. Mengidentifikasi jenis tumbuhan mangrove Pantai Cengkrong Trenggalek.
  2. Mengidentifikasi struktur morfologi dan anatomi tumbuhan mangrovePantai Cengkrong Trenggalek.
  3. Mengetahui keterkaitan faktor abiotik dan ragam spesies mangrove di Pantai Cengkrong Trenggalek.
  4. Menyusun Atlas tumbuhanmangrovePantai Cengkrong Trenggalek sebagai bahan ajarsiswa kelas XSMAN 1 Durenan.
  5. Menilai tingkat kelayakan Atlas Keanekaragaman mangrove Pantai Cengkrong Trenggalek sebagai bahan referensi siswa kelas X SMAN 1 Durenan.
  6. Menilai tingkat kepraktisan Atlas Keanekaragaman mangrove Pantai Cengkrong Trenggalek sebagai bahan referensi siswa kelas X SMAN 1 Durenan.
  7. Menilai tingkat keefektifan Atlas Keanekaragaman mangrove Pantai Cengkrong Trenggalek sebagai bahan referensi siswa kelas X SMAN 1 Durenan.

Manfaat

  1. Secara umum, dapat memberikan informasi kepada semua pihak seperti masyarakat dan pemerintah khususnya dinas kehutanan Trenggalek mengenai keanekaragaman mangrove, dan kondisi habitat mangrove di Pantai Cengkrong Watulimo Trenggalek.
  2. Bagi guru mata pelajaran Biologi, dapat dijadikan sebagai referensi atau tambahan wawasan sehingga bisa diberikan kepada siswa agar siswa menjadi lebih mengenal mangrove yang ada disekitar lingkungannya.
  3. Bagi siswa, dapat memanfaatkan atlas yang diberikan sebagai bahan bacaan tambahan sehingga memperkaya wawasan yang dimiliki.
  4. Bagi pihak sekolah dan pemerintah, dapat menyediakan kunci identifikasi untuk spesies mangrove lokal yang hidup di Pantai Cengkrong Watulimo Trenggalek.

Nama Penguji dan Pembimbing

  1. Penguji : (1) Dr. Siti Zubaidah, M. Pd. (2)Dr. Fatchur Rohman, M.Si.
  2. Pembimbing : (1) Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, M.S. (2)Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.S

Biodata Diri

Nama                 : Atok Masofyan Hadi

NIM                   : 14034180724

Program Studi : Magister Pendidikan Biologi

Kontak               : 082326045891

Alamat               : Rt11/03 Desa Maalsan Durenan Kabupaten Trenggalek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *