Keterampilan menulis naskah drama anak-anak merupakan kegiatan menentukan ide, tema, amanat, tokoh dan penokohan, latar, dan alur yang diwujudkan dalam bentuk dialog-dialog yang sesuai dengan kehidupan anak-anak. Keterampilan menulis naskah drama anak-anak merupakan keterampilan yang paling kurang dipraktikkan dibandingkan dengan keterampilan menulis puisi atau prosa fiksi anak-anak. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa untuk menulis naskah drama anak-anak menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif, dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter yang memenuhi syarat kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan desain. Selain itu, tujuan lainnya ialah menguji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan.
Pentingnya penelitian dan pengembangan ini dibagi menjadi dua, yaitu secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis, penelitian dan pengembangan ini berfungsi untuk mengembangkan keterampilan penulisan naskah drama anak-anak dan mendukung industri kreatif, khususnya subsektor riset dan pengembangan, penerbitan, dan seni pertunjukan. Sementara itu, secara praktis penelitian dan pengembangan bahan ajar ini sangat penting bagi dosen, mahasiswa, dan peneliti selanjutnya. Pertama, bagi dosen penelitian dan pengembangan bahan ajar ini penting bagi dosen karena bahan ajar yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadikan pembelajaran menulis naskah drama anak-anak menjadi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif. Bahan ajar ini juga berfungsi untuk menjadi bahan pendukung buku referensi yang sudah ada. Kedua, bagi mahasiswa penelitian dan pengembangan ini penting bagi mahasiswa karena bahan ajar yang dihasilkan dari penelitian ini dapat memperkaya ragam penulisan mahasiswa dan mendukung mahasiswa untuk menguasai keterampilan penulisan naskah drama anak-anak. Bahan ajar ini dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dan memahami kehidupan anak-anak dan membantu mahasiswa untuk mengenalkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak. Ketiga, bagi peneliti selanjutnya bagi peneliti selanjutnya, bahan ajar yang dihasilkan dari ini dapat digunakan sebagai bahan penelitian dalam beberapa jenis penelitian, yaitu penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian kualitatif, atau penelitian kajian pustaka. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini juga bisa menjadi referensi untuk penelitian pengembangan strategi, media, dan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak selanjutnya.
Nama Penguji dan Pembimbing
Pembimbing 1 : Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd.
Pembimbing 2: Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd.
Nama Penguji: (1) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd (2) Dr. Roekhan, M.Pd.
Biodata Diri
Nama : Fiyan Ilman Faqih
Tempat, Tanggal Lahir : Bangkalan, 4 April 1991
Alamat Asal : Jalan Maritim Bargan Socah Bangkalan
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Nomor HP : 08563486010
Email : fiyanfaqih44@gmail.com