PENGARUH METODE PERTANYAAN TERARAH (GUIDED QUESTION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SINOPSIS CERPEN SISWA KELAS XI MAN 1 MALANG

Menulis sinopsis memiliki tantangan tersendiri bagi siswa. Hal ini terjadi karena setelah membaca cerpen, siswa harus menceritakan kembali sesuai dengan jalan cerita cerpen tersebut. Berdasarkan pengalaman di lapangan, siswa merasa sulit jika pembelajaran berkaitan dengan memproduksi sebuah teks. Bahkan, teks yang ditulis oleh siswa terkadang tidak sesuai dengan isi yang sudah ditentukan.Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memproduksi atau menulis sinopsis cerpen. Selain itu, pertanyaan terarah dapat mengarahkan tulisan siswa sehingga sesuai dengan isi yang diharapkan. Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA, pembelajaran menulis sinopsis terdapat pada kelas XI pada pelajaran Bahasa Indonesia peminatan dan Bahasa Indonesia reguler. Pembelajaran yang berkaitan dengan menulis sinopsis terdapat di kompetensi dasar 4.4 menyusun sinopsis novel, drama/teater atau film untuk program peminatan dan kompetensi dasar 4.4 mengabstraksi cerpen untuk reguler.

Berdasarkan uraian di atas, dijelaskan pentingnya dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian pertanyaan terarah atau pertanyaan penuntun dalam pembelajaran menulis sinopsis cerpen. Oleh karena itu, penelitian ini bersifat menguji hipotesis yang dibuat oleh peneliti tentang pertanyaan terarah sebagi strategi alternatif yang diperkirakan dapat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis sinopsis cerpen.

Tujuan Penelitian

Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pertanyaan terarah terhadap kemampuan menulis sinopsis siswa kelas XI MAN 1 Malang. Tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut.

  1. Mengetahui pengaruh metode pertanyaan terarah terhadap isi sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang
  2. Mengetahui pengaruh metode pertanyaan terarah terhadap struktur sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang
  3. Mengetahui pengaruh metode pertanyaan terarah terhadap bahasa sinopsis cerpen siswa kelas XI MAN 1 Malang

Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan bagi kemajuan pembelajaran Bahasa Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dari penelitian ini bagi peneliti dan guru.

Bagi Penulis Bahan Ajar

Penelitian ini dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk mengembangkan bahan ajar menulis sinopsis cerpen dengan metode yang tepat dan mudah dipahami oleh siswa.

Bagi Guru

Penelitian ini memberikan sumbangan bagi perbaikan pembelajaran menulis sinopsis cerpen. Melalui penelitian ini, guru dapat menerapkan metode pembelajaran menulis sinopsis dengan arahan pertanyaan, membuat rancangan penilaian dan refleksi dalam proses pembelajaran.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  • Nama Lengkap : Muhammad Sulthoni
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Malang, 04 Maret 1989
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Agama : Islam
  • Status : Belum Menikah
  • Kewarganegaraan : Indonesia
  • Tinggi /Berat Badan : 169 cm / 50 Kg

Alamat:

  1. Alamat Asal : Jl. Kauman Bokor RT 01 RW 09, Kec. Turen Kab. Malang
  2. Alamat di Malang : Jl. Gading Pesantren No. 38 (PONPES Miftahul Huda)
  3. Telepon: 085735278980

DATA PENDIDIKAN

  • 2008-2013  : Universitas Negeri Malang
  • 2005-2008 : SMA Islam AlMaarif Singosari
  • 2002-2005 : Mts. Miftahul Huda Turen
  • 1997-2002  : MI An-Nur Bokor, Turen

PENGALAMAN BERORGANISASI

  • Aktif sebagai anggota LP3MH (Lembaga Pengembangan Penyiaran Pesantren Miftahul Huda) divisi Website.

PENGALAMAN KERJA

  • Tentor bimbingan belajar Syalu As Syifa (Sejak Oktober 2011)
  • Sales makanan ringan di UD. Bokor Mas Turen.
  • Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *