PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMPETENSI MENGELOLA DANA KAS KECIL BERBASIS MEDIA FLASH PADA SISWA SMK BISNIS DAN MANAJEMEN

Perkembangan teknologi telah banyak digunakan dalam berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Dengan penggunaan aplikasi dalam teknologi pendidikan, siswa dapat secara mandiri menguasai bahan ajar. Terlebih lagi jika keradaan buku-buku pelajaran/bahan ajar untuk SMK masih sangat sulit diperoleh. Padahal bahan ajar memiliki peranan yang sangat pending dalam pembelajaran bagi guru dan siswa. Untuk itu, peneliti mengembangkan bahan ajar yang berbasis multimedia dalam hal ini menggunakan media flash. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berbasis media flash bagi kompetensi mengelola dana kas kecil karena materi ini masih dianggap sult oleh siswa, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar kompetensi mengelola dan kas kecil berbasis media flash, 3)  mengetahui efektivitas bahan ajar kompetensi mengelola dan kas kecil berbasis media flash .

Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Produk hasil pengembangan berupa Bahan ajar berbasis media flash, modul cetak dan buku panduan penggunaan bahan ajar. Produk akan divalidasi oleh ahli pendidikan dan ahli materi. Uji coba lapangan dilakukan dilakukan melalui penilaian guru dan siswa, serta uji efektivitas dengan menggunakan quasi eksperimen. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pamekasan.

Hasil validasi ahli pendidikan terhadap bahan ajar dan buku panduan menunjukkan bahwa produk cukup layak dan tidak memerlukan revisi. Hasil validasi ahli materi terhadap modul cetak menunjukkan bahwa produk telah layak dan tidak perlu revisi. Hasil validasi oleh guru pengajar menunjukkan bahwa produk cukup layak dan tidak perlu revisi, begitu pula dengan penilaian dari siswa. Respon dari siswa yaitu siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan bahan ajar berbasis media flash ini yang ditunjukkan dengan persentase sebesar 83%. Selain itu, bahan ajar berbasis media flash ini sangat membantu siswa dalam memahami materi mengelola dana kas kecil sekaligus meningkatkan keterampilan menggunakan komputer mereka dengan jumlah persentase 83%. Dengan bantuan bahan ajar berbasis media flash ini, siswa lebih senang belajar materi mengelola dana kas kecil dan membantu mereka memahami materi sehigga siswa berharap mampu meningkatkan prestasi akademik mereka yang ditunjukkan dengan jumlah persentase sebesar 88%.

Manfaat penelitian dan pengembangan ini, yaitu bagi guru sebagai alternatif bahan ajar interaktif yang mampu meningkatkan antusias, motivasi dan hasil belajar siswa; Bagi siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasisi media flash ini pembelajaran lebih menyenangkan dan mampu meningkatkan pemahaman serta hasil belajar kompetensi mengelola dana kas kecil; bagi masyarakat, dengan adanya bahan ajar berbasis media flash ini mampu memotivasi pengajar lain untuk selalu mengembangkan dan turut andil dalam pendidikan; bagi peneliti, dengan penelitian pengembangan dapat meningkatkan kreatifitas peneliti dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran khususnya materi untuk program studi administrasi perkantoran.

DAFTAR NAMA PEMBIMBING TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, M.Pd

NIP. 19561111 198102 1 001

 

Pembimbing I
2. Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.S

NIP. 19600703 198601 1 001

 

Pembimbing II

DAFTAR NAMA PENGUJI  TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Dr. Hari Wahyono, M. Pd

NIP. 19571226 198303 1 002

 

Penguji Prodi
2. Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed

NIP. 19590615 198601 1 001

 

Penguji Pendidikan

BIODATA DIRI

NAMA                                    : INDRI DWIYANTININGRUM, S.Pd

NIM                                        : 140431808613

TEMPAT DAN TGL LAHIR : PAMEKASAN, 15 OKTOBER 1985

JENIS KELAMIN                : PEREMPUAN

AGAMA                                 : ISLAM

ALAMAT                               : JL. VETERAN GG 5/17 PAMEKASAN

STATUS                                 : KAWIN

PEKERJAAN                        : GURU

INSTANSI                             : SMK NEGERI 1 PAMEKASAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *