Latar belakang masalah dalam tesis ini adalah diawali dari kesalahan siswa dalam mengaktualisasi diri. Subjek pertama yaitu Roni (nama samaran), Ia anak yang temperamen dan pernah melakukan percobaan bunuh diri di sekolah. Subjek kedua yaitu Udin (nama samaran) anak yang sangat pendiam, tidak percaya diri dan prestasi belajarnya kurang. Mengingat bahwa konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan dan mengarahkan seluruh perilaku siswa maka perlu dilakukan kajian mengenai konsep diri sehingga didapatkan cara untuk menuntun siswa menemukan konsep diri yang positif. Berdasarkan fenomena dan peranan penting dari konsep diri positif, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai konsep diri siswa SDN Purwantoro 2 Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk m untuk mengungkap konsep diri siswa. Adapun pengungkapan konsep diri akan dikaji melalui latar belakang siswa, konsep diri akademik dan non akademik sehingga nanti ditemukan sebuah kesimpulan apakah subjek termasuk kedalam konsep diri berkembang atau tidak. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dan orang tua dapat meningkatkan konsep diri siswa, sehingga siswa tersebut memiliki konsep diri positif dan menjadi individu yang berkualitas
Nama Penguji dan Pembimbing
Prodi DIKDAS :Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A
Pembimbing I :Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
Pembimbing II :Dr. Muhana Gipayana, M.Pd
Penguji :Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd
Biodata Diri
Nama : Mar’i Daniel Rhomadona
Alamat : Jalan KH. Abd Aziz 19. Kelurahan Kebonsari Kulon, Kec. Kanigaran. Kota. Probolinggo
Email : h4nsm@yahoo.co.id
HP : 085655829001
Riwayat pendidikan :
Pendidikan | Lulus |
· SDN Kebonsari 1 | 1999 |
· SMP Negeri 5 Probolinggo | 2002 |
· SMA Negeri 2 Probolinggo | 2005 |
· D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang | 2008 |
· S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang | 2012 |