Latar belakang masalah dalam tesis ini adalah diawali dari kesalahan siswa dalam mengaktualisasi diri. Subjek pertama yaitu Roni (nama samaran), Ia anak yang temperamen dan pernah melakukan percobaan bunuh diri di sekolah. Subjek kedua yaitu Udin (nama samaran) anak yang sangat pendiam, tidak percaya diri dan prestasi belajarnya kurang. Mengingat bahwa konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan dan mengarahkan seluruh perilaku siswa maka perlu dilakukan kajian mengenai konsep diri sehingga didapatkan cara untuk menuntun siswa menemukan konsep diri yang positif. Berdasarkan fenomena dan peranan penting dari konsep diri positif, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai konsep diri siswa SDN Purwantoro 2 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk m untuk mengungkap konsep diri siswa. Adapun pengungkapan konsep diri akan dikaji melalui latar belakang siswa, konsep diri akademik dan non akademik sehingga nanti ditemukan sebuah kesimpulan apakah subjek termasuk kedalam konsep diri berkembang atau tidak. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dan orang tua dapat meningkatkan konsep diri siswa, sehingga siswa tersebut memiliki konsep diri positif dan menjadi individu yang berkualitas

Nama Penguji dan Pembimbing

Prodi DIKDAS :Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A

Pembimbing I              :Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

Pembimbing II            :Dr. Muhana Gipayana, M.Pd

Penguji                        :Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd

Biodata Diri            

Nama   : Mar’i Daniel Rhomadona

Alamat : Jalan KH. Abd Aziz 19. Kelurahan Kebonsari Kulon, Kec. Kanigaran. Kota. Probolinggo

Email   : h4nsm@yahoo.co.id

HP       : 085655829001

Riwayat pendidikan :

Pendidikan Lulus
·           SDN Kebonsari 1 1999
·           SMP Negeri 5 Probolinggo 2002
·           SMA Negeri 2 Probolinggo 2005
·           D2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang 2008
·           S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *