KARAKTER IDEAL KONSELOR DALAM BUDAYA BUGIS KAJIAN HERMENEUTIKA TERHADAP TEKS PAPPASENG

Konselor merupakan instrument penting di dalam proses konseling. Disamping penguasaan terhadap teknik-teknik konseling, konselor dipersyaratkan memiliki karakter tertentu guna menunjang pengembangan konseli selama proses konseling. Konsep karakter ideal konselor pada dasarnya dapat digali dari nilai-nilai kearifan lokal budaya Indonesia. Nilai-nilai budaya tersebut dapat berupa teks-teks kuno atau pesan yang disampaikan secara turun-temurun. Salah satu bentuk warisan budaya, salah satunya pada masyarakat Bugis dapat ditemui pada teks pappaseng yang berisikan petunjuk bagaimana individu harus hidup, menjalin hubungan dengan dengan manusia dan Sang Pencipta. Namun yang terjadi dilapangan, banyak konselor Bugis mulai melupakan pesan-pesan moral tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai di dalam teks pappaseng yang dapat diserap menjadi konsep karakter ideal konselor, yang meliputi empat nilai yaitu nilai acca (kecakapan), nilai lempu (kejujuran), nilai warani (keberanian) dan nilai getteng (keteguhan) serta keterkaitan antar keempat nilai dalam membentuk konsep karakter ideal konselor.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data, analisis dan interpretasinya mengikuti kaidah-kaidah hermeneutika Gadamerian. Tahap-tahap penelitian meliputi: (1) perumusan fokus masalah penelitian, (2) mengumpulkan sumber data primer maupun sekunder, (3) melakukan pengorganisasian data berdasarkan tema-tema yang sudah ditetapkan pada fokus penelitian, (4) melakukan analisis dengan mengikuti prosedur hermeneutika, (5) menyajikan data hasil analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai acca (kecakapan) mengacu pada aspek kecerdasan dan kompetensi yang ditandai dengan ciri sikap penuh pertimbangan, terampil berkomunikasi dan menyelesaikan masalah, berpikir logis, teguh terhadap kejujuran, (2) nilai lempu (kejujuran) mengacu pada aspek keterampilan hubungan interpersonal dengan ciri sikap meliputi dapat dipercaya, menghormatik hak orang lain, rendah hati, prososial, taat kepada Tuhan, (3) nilai warani (keberanian) mengacu pada aspek kekuatan mental konselor dengan ciri sikap kesiapan diri dan kestabilan emosi, (4) nilai getteng (keteguhan) mengacu pada komitmen konselor terhadap pengambangan profesi dengan ciri sikap konsisten, (5) keempat nilai memiliki keterkaitan dalam membentuk konsep karakter ideal konselor.

DAFTAR NAMA PEMBIMBING TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Prof. Dr. Andi Mappiare-AT.,M.Pd Pembimbing I
2. Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd Pembimbing II

DAFTAR NAMA PENGUJI  TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Dr. Triyono, M.Pd Penguji Materi

(Prodi)

2. Prof. Dr. Nur Hidayah, M.Pd Penguji Pendidikan

BIODATA DIRI

NAMA : SITTI RAHMI, S.Pd
NIM : 120111539442
TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR : SIWA, 08 DESEMBER 1988
JENIS KELAMIN : PEREMPUAN
AGAMA : ISLAM
ALAMAT : Jl. CEMPAKA PUTIH TENGAH XXVI No. 4

Kec. CEMPAKA PUTIH

JAKARTA PUSAT

STATUS : KAWIN
PEKERJAAN : IBU RUMAH TANGGA
INSTANSI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *