Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Studi Fenomenologi Di SMA Selamat Pagi Indonesia Batu

Fokus Penelitian

Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada diri siswa, dengan melihat :

  1. Bagaimana pemahaman guru/ pengelola dalam memaknai kewirausahaan
  2. Bagaimana implementasi rangkaian proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik yang dilakukan guru meliputi :
  3. Aspek perencanaan (pembuatan RPP)
  4. Aspek proses pembelajaran
  5. Aspek evaluasi
  6. Bagaimana peran lingkungan dan organisasi (sekolah) dalam mendukung proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada siswa menurut guru dan pembimbing.

Kegunaan Penelitian

Kontribusi yang diharapkan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut :

Manfaat Teroristis

sebagai bahan penelitian awal berkitan dengan internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada siswa SMA.

sebagai informasi tentang metode pembelajaran kewirusahaan dalam rangka internalisasi nilai-nilai kewirausahaan di SMA Kota Batu.

Manfaat Praktis

Bagi Sekolah

Sebagai bahan kajian untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran kewirausahaan yang sudah dilakukan.

Sebagai Kajian, untuk kegiatan pengembangan pembelajaran kewirausahaan terkait dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan

Bagi Siswa

Diharapkan siswa mendapat pengalaman sehingga termotivasi untuk memahami perilaku ekonomi yang berwawasan lingkungan.

Bagi guru

Sebagai referensi untuk melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran kewirausahaan yang sudah dilakukan.

Sebagai referensi untuk kegiatan pengembangan pembelajaran kewirausahaan terkait dengan penanaman nilai-nilai kewirausahaan yang akan dilakukan.

Manfaat Kebijakan

penelitian ini bermanfaat sebagai berikut:

sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun kebijakan berkaitan dengan upaya internalisasi nilai-nilai kewirausahaan melalui pembelajaran kewirausahaan di sekolah.

Dewan Penguji

Dr. Hari Wahyono, M.Pd

Dr. Sunaryanto, M.Ed

Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Wijaya, SE. MP. Ak

Prof. Dr. Supriyono, MPd

Riwayat Hidup

Prayogo Richi Noveris Mianto dilahirkan di Batu-Malang, Jawa Timur pada tanggal 30 November 1984. Sulung dari tiga bersaudara ini merupakan putra dari Bapak Mianto, STh dan Ibu Debora Nasikah SPd Pendidikan dasar sampai perguruan tinggi ditempuh di Kota Batu. Tamat dari SDN Mojorejo 01/03 tahun 1996, tamat dari SMPN 01 Batu  tahun 1999, dan tamat dari SMAN 01 Batu tahun 2002.

Pendidikan jenjang sarjana (S1) program studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian ditempuh di Universitas Brawijaya Malang tamat tahun 2007. Tahun 2014 pada semester genap, mendapatkan beasiswa pendidikan guru dari Pemprov Jawa Timur untuk melanjutkan studi pada jenjang magister (S2) di Pascasarjana  Universitas Negeri Malang program studi pendidikan ekonomi. Selama studi S2 pada tahun 2015 berkesempatan mengikuti twinning program di Bangkok University International College (BUIC) Thailand selama 1 bulan.

Karier sebagai guru dimulai tahun 2008 sebagai Guru Tidak Tetap Mata Pelajaran Matematika di SMP Tamansiswa Batu (2008-2010), mengajar di Lembaga Bimbingan Belajar Vektor (2008 – 2011), guru di SMKN 02 Batu (2010-sekarang).

Menikah dengan Nanik Retno Buwono, SPi, MP dan telah dikaruniai dua orang putri, Kinanthi Widyaiswara Miantobuwono dan Kinarhayu Luhtitisari Miantobuwono. Saat ini tinggal di Kota Wisata Batu (KWB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *