Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Projek dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Memecahkan Masalah, dan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMAN 1 Kepanjen

Kementerian Pertanian membentuk suatu program yang dikenal dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan sayur, memanfaatkan lahan yang ada untuk budidaya hewan ternak, dan ikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengolah limbah rumah tangga menjadi kompos, berkembangnya usaha ekonomi produktif keluarga untuk menopang kesejahteraan keluarga, dan menciptakan lingkungan yang lestari. Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan program KRPL, ternyata pelaksanaan program KRPL belum menunjukkan hasil yang maksimal dan belum bisa memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, sehingga perlu adanya upaya agar program KRPL dapat berhasil.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengenalkan program KRPL melalui pendidikan formal, sehingga siswa dapat ikut serta pada pelaksanaan program KRPL. Agar siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik terkait program KRPL, diperlukan suatu sumber belajar yang memuat materi tentang program KRPL dan materi lain yang mendukung. Berdasarkan survei hasil belajar dalam ranah sikap peduli lingkungan, keterampilan memecahkan masalah, dan keterampilan berkolaborasi siswa SMA dibeberapa sekolah di Kabupaten Malang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam ranah tersebut masih perlu untuk ditingkatkan.

Tujuan Penelitian

  1. Menghasilkan modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek untuk siswa sekolah menengah atas.
  2. Menguji validitas modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) berbasis projek untuk siswa sekolah menengah atas.
  3. Mengetahui perbedaan sikap peduli lingkungan siswa sekolah menengah atas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek dan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek setelah dilakukan penyesuaian terhadap sikap peduli lingkungan awal siswa.
  4. Mengetahui perbedaan keterampilan memecahkan masalah siswa sekolah menengah atas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek dan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek setelah dilakukan penyesuaian terhadap keterampilan memecahkan masalah awal siswa.
  5. Mengetahui perbedaan keterampilan berkolaborasi siswa sekolah menengah atas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek dan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul KRPL berbasis projek setelah dilakukan penyesuaian terhadap keterampilan berkolaborasi awal siswa.

Manfaat

  1. Bagi siswa, diharapkan dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa dan kesadaran siswa terhadap berbagai nilai pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan dengan baik dan benar; membantu siswa memahami Program Kawasan Rumah Pangan Lestari; meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah, terutama terkait KRPL; dan meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik.
  2. Bagi guru, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengalaman nyata mengenai pembelajaran berbasis projek pada matapelajaran biologi, Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), prakarya atau agribisnis; meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih bermakna, kontekstual, dan aplikatif di lingkungan; dan digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan.
  3. Bagi sekolah, diharapkan dapat membantu sekolah sebagai lembaga yang dapat berperan dalam menciptakan lingkungan yang lestari; sekolah dapat membentuk siswa yang memiliki kesadaran terhadap lingkungan dan memiliki keterampilan untuk diaplikasikan di lingkungan; membantu mengembangkan fungsi sarana pendukung sekolah dalam bidang lingkungan hidup, misalnya green house dan kebun sekolah; menciptakan suasana sekolah yang asri, nyaman, dan kondusif untuk pembelajaran, serta menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran sikap peduli lingkungan.
  4. Bagi peneliti, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peneliti untuk mengembangkan modul pembelajaran dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh; sebagai salah satu usaha dalam membantu pemerintah dalam melestarikan lingkungan, mengembangkan potensi pertanian, serta memenuhi kebutuhan pangan melalui program KRPL.

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji : 1) Dr. Siti Zubaidah, M. Pd.

                        2) Dr. Fatchur Rohman, M.Si

Pembimbing : 1) Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, M.S.

                           2) Dr. Sueb, M. Kes.

Biodata Diri

Nama                     : Hamim Thohari Mahfudhillah

NIM                       : 140341807281

Program Studi     : Magister Pendidikan Biologi

Kontak                   : 085646738422

Alamat                   : Jl. Wonokerso 63, Desa Wonokerso RT.06 RW.02, Kec. Pakisaji, Kab. Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *