Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Dipadu Student Team Achievment Division (STAD) pada Kemampuan Akademik berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi SMA Di Kota Ternate Tahun Pelajaran 2015/2016.

Tujuan  (Bisa juga masalah penelitian)

  1. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.
  2. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.
  3. Untuk mengetahui pengaruh Interaksi strategi pembelajaran RQA dipadu STAD dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Manfaat

Kegunaan Teoritis

  1. Menambah pengetahuan dalam bidang pendidikan tentang hal-hal berikut : (1) Perbandingan strategi pembelajaran kooperatif dan konvensisonal dalam memberdayakan keterampilan berpikir tinggi dan pencapaian hasil belajar akademik.
  2. Berguna bagi bahan referensi atau rujukan penelitian-penelitian yang terkait dengan masalah penelitian, misalnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pengukuran keterampilan berpikir tinggi terhadap keberhasilan pembelajaran.

Kegunaan Praktis

  1. Bagi guru hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan salah satu acuan bagi guru pada umumnya dan guru Biologi pada khususnya dalam memilih strategi pembelajaran kooperatif sebagai upaya memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Kognitif.
  2. Bagi siswa kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.
  3. Bagi peneliti hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi    untuk  mengembangkan penelitian selanjutnya, terutama yang terkait dengan masalah penelitian ini yaitu pentingnya pengukuran    keterampilan berpikir tinggi    terhadap keberhasilan pembelajaran.
  4. Bagi kepala sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pola pembinaan peningkatan profesionalisme guru.

Nama penguji dan pembimbing

Penguji                 :  1) Ibu Prof. Dr. Hj Siti Zubaidah M.Pd

                                  2) Ibu Dr Susriyati Mahanal M.Pd

Pembimbing        :  1) Bapak Prof. Dr A. Duran Corebima M.Pd

                                   2) Bapak Dr Abdul Ghofur M.Si

Biodata diri

Nama                   : Murni Thalib

Nim                      : 140341807064

Program Studi    : Magister Pendidikan Biologi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *