PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS (Studi pada Siswa Kelas VIII H SMP NEGERI 01 BATU)

Permasalahan yang dihadapi guru di kelas antara lain (1) proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan masih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru sebagai sumber informasi utama, sehingga siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya, (2) metode diskusi kelompok tidak ada variasi sehingga siswa menjadi bosan yang terlihat pada proses pembelajaran masih didominasi oleh siswa yang pandai saja, sementara siswa yang kemampuannya rendah kurang berpartisipasi sehingga interaksi antara siswa dengan siswa masih kurang, (3) Belum menerapkan model pembelajaran kooperatif,  (4) materi luas dari aspek isi dan pembelajaran tidak dihubungkan dengan konteks kehidupan siswa tetapi lebih diarahkan pada penguasaan materi, (5) Siswa pasif terlihat pada saat pembelajaran siswa takut dan ragu-ragu dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan guru, mengajukan pendapat dan memberikan komentar dari pendapat siswa lainnya. Hal tersebut berdampak pada motivasi belajar dan hasil belajar rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi atau alteratif dalam memecahkan masalah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas yaitu dengan menerapkan model investigasi kelompok. Investigasi kelompok merupakan sebuah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif melakukan kegiatan penyelidikan suatu permasalahan.

Tujuan

Adapun tujuan penelitian ini  adalah untuk menganalisis:

  1. Proses penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS di kelas VIII H SMP Negeri 01 Batu.
  2. Hasil penerapan model investigasi kelompok dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII H SMP Negeri 01 Batu.

Manfaat

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah khususnya bagi guru dan sekolah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual, karena terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini hendaknya membuka wawasan guru akan berbagai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

PELAKSANAAN UJIAN TESIS

Ujian tesis atas nama Nur Laila dengan Nomor  Induk Mahasiswa 142103808602, dilaksanakan pada hari Kamis 8 Desember 2016. Ruang ujian di gedung H1 115 dan dilaksanakan pada pukul 07.30 s/d selesai.

Pembimbing

1. Pembimbing I Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
2. Pembimbing II Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd

Adapun penguji dalam sidang ujian tesis adalah sebagai berikut.

Penguji

1. Ketua Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd
2. Anggota Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
3 Anggota Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd
4 Anggota Dr. Ach. Amiudin, M.Pd

BIODATA DIRI

Nur Laila, dilahirkan di desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, pada tanggal 27 Agustus 1977. Pendidikan dasar ditempuh selama 6 tahun di kampung halamannya di SDN Pujon Kidul 02 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang dan lulus pada tahun 1989. Pendidikan menengah ditempuh selama 3 tahun di SMP Islam 01 Pujon Kecamatan Pujon Kabupaten Malang dan lulus pada tahun 1993. Kemudian melanjutkan studi di MA Al Hidayah Donowarih Karang Ploso Kabupaten Malang selama 3 tahun dan lulus tahun 1996. Pendidikan tinggi di tempuh di Universitas Negeri Malang (UM) pada jurusan Pendidikan Geografi. Kemudian menyelesaikan pendidikannya di UM pada tahun 2001.

Secara rinci biodata penulis dapat dlihat pada tabel sebagai berikut.

1. Nama Lengkap Nur Laila, S.Pd
2. NIM 142103808602
3. Jurusan/Prodi Pascasarjana UM/Pendidikan Dasar IPS
4. Tempat/Tanggal Lahir Malang, 27 Agustus 1977
5. Jenis Kelamin Perempuan
6. Agama Islam
7. Instansi Asal/Unit Kerja SMP Negeri 01 Batu
  a. Alamat Jl. KH. Agussalin No 55
b. Kecamatan Batu
c. Kota/Kab Batu
d. Propinsi Jawa Timur
e. Kode Pos  
f. Telp 03416591113
8. Alamat Rumah  
  a. Alamat RT 4 RW 2 Desa Pujon Kidul
b. Kecamatan Pujon
c. Kota/Kab Malang
d. Propinsi Jawa Timur
e. Kode Pos 65391
 
9. a. No HP 085230523032
  b. E-mail Lailaeca23@gmail.com
c. Facebook Nur Laila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *