PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DENGAN MODEL CONTEXTUAL PROJECT-BASED LEARNING

Akuntansi perusahaan dagang merupakan mata diklat dengan jumlah jam terbanyak di SMK Jurusan Akuntansi. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum paham dan belum mampu mengerjakan siklus akuntansi perusahaan dagang. Siswa merasa bosan dan kurang tertantang dengan pemberian tugas oleh guru. Melihat hal tersebut guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran dan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan perangkat pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning yang akan digunakan dalam mata diklat akuntansi perusahaan dagang dengan produk akhir berupa RPP, buku panduan guru, buku ajar dan lembar kerja siswa; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project based learning yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas.

Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick & Carey. Produk hasil pengembangan berupa RPP, buku panduan guru, buku ajar, dan lembar kerja siswa. Produk akan divalidasi oleh ahli pendidikan dan ahli materi serta guru pengajar. Uji coba lapangan dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas XI Keuangan di SMK Negeri 1 Pamekasan.

Hasil validasi ahli pendidikan terhadap RPP dan buku panduan guru menunjukkan bahwa produk cukup valid dan perlu dilakukan revisi kecil. Hasil validasi ahli materi terhadap buku ajar menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu revisi. Hasil validasi oleh guru pengajar terhadap RPP, buku panduan guru menunjukkan bahwa produk cukup valid dan perlu ada revisi kecil. Hasil validasi oleh guru pengajar terhadap buku ajar menunjukkan bahwa produk telah valid dan tidak perlu ada revisi. Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan 98% siswa menyukai proses pembelajaran ini. Lembar kerja siswa dan buku ajar masing-masing mendapat skor 79% dan 88% yang berarti mereka cukup puas dengan LKS dan buku ajar tersebut, dan 87% siswa memperoleh pengalaman belajar secara nyata.

Manfaat penelitian dan pengembangan ini, yaitu bagi peserta didik, dengan adanya pembelajaran akuntansi dengan model contextual project based learning diharapkan peserta didik mampu makin memahami materi akuntansi perusahaan dagang dan memiliki skill dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dagang; bagi guru, dengan adanya model pembelajaran contextual project based learning diharapkan menambah variasi dalam pembelajaran; bagi masyarakat, dengan adanya proyek pelatihan yang dilakukan peserta didik, masyarakat diharapkan memahami prinsip-prinsip akuntansi dan mampu menerapkan dalam usaha dagang yang mereka miliki; bagi peneliti, dengan penelitian pengembangan dapat meningkatkan kreatifitas peneliti dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran akuntansi.

DAFTAR NAMA PEMBIMBING TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Dr. Hari Wahyono, M. Pd

NIP. 19571226 198303 1 002

 

Pembimbing I
2. Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P.,Ak.

NIP. 19530612 198003 2 002

 

Pembimbing II

DAFTAR NAMA PENGUJI  TESIS

NO. NAMA DOSEN JABATAN
1. Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW., M.A., M.Si

NIP. 19610611 198601 1 001

Penguji Prodi
2. Prof. Dr. Supriyono, M.Pd

NIP. 19630821 198812 1 001

 

Penguji Pendidikan

BIODATA DIRI

NAMA                                    : ANGELA MERICI FINA INDRIANI, S.Pd

NIM                                        : 140431808640

TEMPAT DAN TGL LAHIR : PAMEKASAN, 11 JUNI 1986

JENIS KELAMIN                : PEREMPUAN

AGAMA                                 : KATOLIK

ALAMAT                               : NYALABU PERMAI GG IV/5 PAMEKASAN

STATUS                                 : BELUM KAWIN

PEKERJAAN                        : GURU

INSTANSI                             : SMK NEGERI 1 PAMEKASAN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *