PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) KELAS XI SEMESTER GASAL

Instrumen penilaian pengetahuan merupakan suatu kegiatan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi pengetahuan atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran. Instrumen yang  layak untuk digunakan untuk mengukur kemampuan siswa disimpulkan bahwa dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan dibutuhkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Dengan mutu instrumen yang dihasilkan masih belum valid dan reliabel, belum menentukan daya beda, dan tingkat kesukaran. Dengan hasil tersebut akan mempengaruhi kualitas suatu instrument karena dengan instrumen yang tidak melewati kriteria-kriteria instrumen tersebut yang akan berdampak pada kualitas intrumen yang tidak baik dan tidak bisa mengukur kemampuan siswa. Instrument pengetahuan sebaiknya juga menunjukkan daya pengecoh apabila tidak menunjukkan maka akan berdampak pada mutu instrumen penilaian pengetahuan belum bisa terjamin dengan baik, sehingga ketika peserta didik tidak bisa menjawab soal dengan baik, tidak berarti peserta didik tidak menguasai materi yang telah diajarkan, melainkan tidak mengerti apa yang dimasukkan dalam soal yang ditulis guru.

Instrumen pengetahuan adalah alat untuk mendapatkan informasi siswa alat tersebut berupa butir soal objektif dan di sesuaikan dengan tingkat berfikir C1-C6. Selain uraian diatas intrumen pengetahuan memberikan manfaat dan meningkatkan mutu pendidikan yaitu:

  1. Membantu mendapatkan hasil belajar siswa
  2. Memberikan informasi terhadap kemampuan pengetahuan siswa yang nantinya bisa digunakan untuk evaluasi dalam proses selanjutnya.
  3. Mampu memberikan dampak terhadap peningkatan berfikir siswa, karena instrumen yang digunakan sudah di sesuaikan dengan tingkat berfikir siswa.
  4. Mengatasi masalah dengan menyediakan instrumen yang standar untuk digunakan guru

BIOGRAFI

NAMA                                           :    ASWIN TRY JUNIARTA

NIM                                               :    140614801011

PROGRAM STUDI                     :    PENDIDIKAN OLAHRAGA

ALAMAT                                       :    JLN. MARGOBASUKI NO 27C PERUMAHAN

                                                                     EMBONG ANYAR 2 DAU-MALANG

PEMBIMBING DAN PENGUJI

NO NAMA KET
1 PROF. DR. M. E. WINARNO, M.Pd PEMBIMBING 1
2 DR. SUGIHARTO, M.S PEMBIMBING 2
3 DR. WASIS DJOKO DWIYOGO, M.Pd PENGUJI PENDIDIKAN
4 DR. IMAM HARIADI, M.Kes PENGUJI PROGRAM STUDI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *