Proses Metakognisi Siswa dalam Penalaran

Rumusan Masalah

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana proses metakognisi siswa dalam penalaran aljabar berdasarkan taksonomi SOLO saat memecahkan masalah?”.

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dalam penalaran aljabar berdasarkan taksonomi SOLO saat memecahkan masalah.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini, yaitu:

  1. Memberikan kontribusi pengetahuan dan wawasan pada guru maupun calon guru, mengenai proses metakognisi siswa dalam penalaran aljabar berdasarkan taksonomi SOLO, sehingga dapat menyusun strategi yang tepat dalam membelajarkan materi aljabar.
  2. Memberikan informasi kepada siswa mengenai proses metakognisinya dalam melakukan penalaran aljabar berdasarkan taksonomi SOLO saat memecahkan masalah, sehingga diharapkan siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimikinya secara tepat dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.
  3. Sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti lain dalam melaksanakan penelitian yang sejenis dengan penelitian ini.

Nama Dosen Pembimbing dan Penguji

Pembimbing I    : Dr. Subanji, S.Pd, M.Si

Pembimbing II  : Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si

Penguji I             : Dr. I Made Sulandra, M.Si

Penguji II           : Dr. Abadyo, M.Si

Biodata Diri

Wasti Tampi lahir di Wineru pada tanggal 7 Februari 1990, putri pertama dari dua bersaudara, pasangan Bapak Ferdy Tampi dan Ibu Felny Mantiri, S.Pd. Pendidikan dasar dan menengah ia tempuh di kota kelahirannya. Tamat dari SD Negeri 1 Wineru tahun 2001, tamat dari SMP Negeri 1 Poigar tahun 2004, serta tamat dari SMA Kristen Kotamobagu tahun 2007. Pendidikan berikutnya ia tempuh di Universitas Negeri Manado program studi S1 Pendidikan Matematika dan tamat tahun 2011. Semasa mahasiswa penulis aktif dalam beberapa organisasi kemahasiswaan seperti Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) dan dipercaya sebagai ketua bidang TI tahun 2010, serta Unit Pelayanan Kerohanian Mahasiswa Kristen (UPKMK) FMIPA. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan di Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *