Pelaksanaan Ujian Tesis Studi Komparasi Minat dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Powerpoint

Wahyu Purwanto1, Ery Tri Djatmika R.W.W2, Hariyono2

Pendidikan Dasar IPS-Universitas Negeri Malang- Jl. Semarang 5, Malang/SMPN 3 Yosowilangun-Lumajang 1

Pendidikan Dasar IPS-Universitas Negeri Malang 2-Jl. Semarang 5, Malang

Email: wahyu_purwanto2012@yahoo.co.id/HP:085649141615

Abstrak: Mewujudkan mindset siswa tentang belajar sepanjang hayat dan belajar yang bermakna merupakan keharusan guru pada era sekarang. Cara yang paling tepat yaitu membiasakan melalui sebuah pembelajaran yang bermakna dan sepanjang hayat. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan sebuah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir kritis, menjawab problematika, dan mencari solusi sebagai jalan keluar problematika tersebut. Penelitian ini bertujuan, yaitu; (1) Mendeskripsikan perbedaan minat belajar IPS antara kelas yang diajarkan dengan model PBM berbantuan PowerPoint dengan model Konvensional; dan (2) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS antara kelas yang diajarkan dengan model PBM berbantuan PowerPoint dengan model Konvensional. Hasil penelitian ini dipertanggungjawabkan pada sidang ujian tesis pada hari Selasa, 1 November 2016 pukul 09.00 s/d selesai di gedung H3 117. Kata Kunci: pelaksanaan ujian, PBM, minat, hasil belajar

Permasalahan

Problematika dan dinamika kehidupan di era globalisasi saat ini, menuntut manusia untuk selalu mampu memecahkan permasalahan kehidupan. Salah satu cara sebagai pembiasaan dalam mengatasi sebuah problematika, dapat dilakukan dengan penerapan pembelajaran. Pembelajaran untuk mempersiapkan siswa sebagai penduduk masa depan, tentunya harus seirama dengan tantangan zaman.

Akan tetapi, kesenjangan antara pembelajaran ideal dan realitas menjadi tantangan bagi guru di lapangan. Realitas pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, belum adanya pembiasaan pemecahan masalah, dan informasi yang masih terfokus pada guru merupakan realitas yang kini menjadi rutinitas. Hal tersebut berdampak pada minat belajar siswa yang rendah, dikarenakan siswa merasa bosan terhadap proses pembelajaran yang monoton. Dampak yang tak kalah penting yaitu masih rendahnya hasil belajar IPS yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan solusi atau alternatif dalam memecahkan problem tersebut.

Salah satu pembiasaan yang sesuai dengan uraian di atas yaitu dengan menerapkan model PBM. PBM merupakan sebuah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir kritis menjawab problematika dan mencari solusi sebagai jalan keluar problematika tersebut.

Tujuan

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

  • Mendeskripsikan perbedaan minat belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan modelkonvensional.
  • Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan modelkonvensional.

Manfaat

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah khususnya bagi guru dan sekolah untuk menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan media PowerPoint, mengingat secara ilmiah terbukti lebih baik dalam hal minat belajar dan hasil belajar dibandingkan dengan model konvensional. Selain itu, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai solusi alternatif yang mengakomodasi pembelajaran ideal yang dibutuhkan siswa untuk kehidupan ke depan dan masih minimnya kemampuan guru dalam menerapkan ICT.

PELAKSANAAN UJIAN TESIS

Ujian tesis a.n Wahyu Purwanto dengan Nomor Induk Mahasiswa 142103808607, dilaksanakan pada hari Selasa 1 November 2016. Ruang ujian di gedung H3 117 dan dilkasanakan pada pukul 09.00 s/d selesai.

Pembimbing

1. Pembimbing I Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A, M.Si
2. Pembimbing II Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

Penguji

1. Ketua Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A
2. Anggota Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A, M.Si
3. Anggota Prof. Dr. Hariyono, M.Pd
4. Anggota Dr. Ach. Amirudin, M.Pd

BIODATA DIRI

Wahyu Purwanto, dilahirkan di kota Sang Proklamator Bung Karno yaitu Blitar, Jawa Timur pada tanggal 20 Juli 1986. Anak bungsu tiga bersaudara putra pasangan guru, yaitu Bapak (Alm.) M. Purwono, S.Pd dan Ibu J. Widartiningsih. Pendidikan sekolah dasar ditempuh selama 6 tahun di SD Negeri 01 Nglegok dan lulus pada tahun 1998. Pendidikan menengah ditempuh selama 3 tahun di SLTP Negeri 2 Nglegok dan lulus pada tahun 2001. Kemudian melanjutkan studi di SMA Negeri 2 Blitar selama 3 tahun dan lulus pada tahun 2004. Pendidikan berikutnya ia tempuh di Universitas Negeri Malang (UM), pada program studi S1 Pendidikan Ekonomi.

1. Nama Lengkap Wahyu Purwanto, S.Pd
2. NIM 142103808607
3. Jurusan/Prodi Pascasarjana UM / Pendidikan Dasar IPS
4. Tempat/ Tanggal Lahir Blitar, 20 Juli 1986
5. Jenis Kelamin Laki-laki
6. Agama Islam
7. Instansi Asal/Unit Kerja SMP Negeri 3 Yosowilangun
  a. Alamat Jl. Mayjend. Soekertijo No. 167
b. Kecamatan Yosowilangun
c. Kota/Kab Lumajang
d. Propinsi Jawa Timur
e. Kode Pos 67382
f. Telp (0334) 391730
8. Alamat Rumah a. Jalan Jl. Tambakboyo 735 Rt.22 Rw.10
  b. Kecamatan Klakah
c. Kota/Kab Lumajang
d. Propinsi Jawa Timur
  e. Kode Pos  
12. Kontak a. HP 085649141615
  b. E-mail wahyupurwanto1986@gmail.com

wahyupurwanto2012@yahoo.co.id

c. Facebook Wahyu Purwanto

One thought on “Pelaksanaan Ujian Tesis Studi Komparasi Minat dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Powerpoint

Leave a Reply to Rani S Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *