Representasi Simbol Matematika pada Proses Bermain di Anak TK

Pelajaran matematika pada anak TK erat kaitannya dengan perkembangan kognitif. Pelajaran tersebut meliputi mengenal bentuk ruang, warna, ukuran, kon-sep banyak benda, angka dan berhitung. Kemampuan representasi dibutuhkan untuk mempelajari hal tersebut. Kemampuan representasi anak TK belum sepenuhnya sempurna, anak dapat membilang 1 sampai 10, namun belum mengerti konsep banyak benda sehingga tidak tepat saat menghitung. Anak-anak dapat menulis angka, namun tidak mengetahui nama dari angka tersebut. Terkadang anak-anak menulis angka dengan terbalik. Tahapan-tahapan representasi yang harus dilalui anak sebelum mengenal angka adalah mengenal konsep banyak benda menggunakan benda kongrit, kemudian dilanjutkan dengan mengenal gambar. Pengenalan angka dilakukan setelah anak memahami konsep banyak benda, dengan begitu anak akan mengerti konsep simbol bilangan asli 1 sampai10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses representasi anak TK terhadap benda dan simbol bilangan asli 1-10 saat bermain, pembelajaran mengenal angka menjadi lebih mudah dipahami oleh anak-anak melalui bermain terlebih dalam hal berhitung. Penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif.

Pembimbing I

Dr. Subanji, M.Si

NIP.19710605 1998021 1 001

Pembimbing II

Dr. Sri Mulyati, M.Pd

NIP. 19520419 198103 2 001

Penguji I

Prof. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A

NIP. 196104071987012001

Penguji II

Dr. Ramli, M.A

NIP. 196203101987011001

BIODATA

Ari Kusuma Sulyandari lahir di Malang pada tanggal 11 Januari 1990. Anak pertama dari pasangan Dian Suryaningsih dan Sulkan. Pendidikan ditempuh di kampung halamannya desa Girimoyo kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Melanjutkan pendidikannya setelah tamat SMA di Universitas Negeri Malang jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Lulus pada tahun 2012. Melanjutkan studi strata 2 di Universitas Negeri Malang jurusan Pendidikan Dasar konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *