Pengaruh Metode Peer Tutoring dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Melayu 2 Banjarmasin

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka dapat dikemukakan perumusan masalah  sebagai berikut :

a) Adakah pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Melayu 2 Banjarmasin Timur?

b) Adakah pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Melayu 2 Banjarmasin Timur?

c) Adakah pengaruh interaksi metode peer tutoring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS?

Manfaat Penelitian

Manfaat Teoretis

a) Merupakan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan sekolah dasar pada khususnya.

b) Sebagai bahan atau referensi bagi para peneliti yang lain yang ingin mengembangkan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Manfaat Praktis

a) Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mcngajar.

b) Bagi guru, sebagai bahan masukan dalam memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas sehingga guru dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

c) Bagi siswa, sebagai pedoman dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar selama mengikuti mata pelajaran IPS.

Nama Penguji dan Pembimbing

  1. Dr. Cholid Sa’dijah, M.Pd., M.A (Ketua Dewan Penguji)
  2. Dr. Ery Tri Djatmika RWW., M.A., M.Si (Penguji)
  3. Dr. Anang santoso, M.Pd (Pembimbing I)
  4. Dr. Sugeng Utaya, M.Si (Pembimbing II)

Biodata Diri

Nama                                                   : Khalida Rozana Ulfah

Tempat Tanggal Lahir                     : Banjarmasin, 28 April 1992

Jenis Kelamin                                   : Perempuan

Alamat                                                : Jl. Veteran Komplek Perumahan Simpang Pengambangan Indah Blok A  No. 5, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *