PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA VOLUME 1 TAHUN 2016

“Inovasi Pembelajaran IPA yang Bermakna dan Mencerdaskan”

POSTER SEMNASku2.cdr

 

  1. Cover
  2. Identitas Buku
  3. Kepanitianan
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi

 

  Bidang Pendidikan

  Fisika

 Judul  Hal

 Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor

 A. A. Sg Noviana Aryani P. , Supriyono Koes H., Hari Wisodo (UM)

 1

 Desain Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Termodinamika

 Abdul Hakim, Liliasari, Agus Setiawan (Univ. Mulawarman,UPI)

 6

 Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA pada Materi Gaya dan Gerak

 Adetya Dewi Wardani, Lia Yuliati, Ahmad Taufiq (UM)

 13

 Pembelajaran Dengan Pemodelan Pada Topik Persamaan Keadaan Gas

 Agista Sintia Dewi Adila, Sutopo, Era Budi Prayekti (UM)

 29

 Pengembangan Media Interaktif “Jelonpro” Konsep Gerak Parabola Untuk Peserta Didik Kelas X

 Agnes Yuni Pujiastuti (SMA Negeri 1 Malang)

 35

 Perancangan dan Pembuatan Modul Conceptual, Contextual, and Analytical Thinking untuk Perkuliahan Fisika

 Agus Kadarmanto, Indrawati, Yushardi (UNEJ)

 43

 Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Materi Gerak Lurus Siswa SMA Kelas XII

 Agustini Purwanti, Sutopo, Hari Wisodo (UM)

 53

 Studi Kesulitan Siswa dalam Menguasai Konsep Fluida Statis

 Ahmad Yadaeni, Sentot Kusairi, Parno (UM)

 59

 Karakteristik Model Pembelajaran GSECE (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating, Evaluating ) dalam Pembelajaran Fisika

 Andik Kurniawan, Indrawati (UNEJ)

 66

 Conceptual Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Momentum Impuls

 Anisa Matinu Saifullah, Sutopo, Hari Wisodo (UM)

 70

 Identifikasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang

 Anita Puspita Handayani, Supriyono Koes, Parno (UM)

 81

 Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Hukum Newton

 Ayu Lingga Ratna Sari, Parno, Ahmad Taufiq (UM)

 88

 Pengembangan Model Pembelajaran TPAC (Think, Pair, Analyze, Comunicate) untuk Pembelajaran IPA di SMP

 Azimatun Ni’mah Hasan, I. Ketut Mahardika, Yushardi (UNEJ)

 100

 Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang

 Bakhrul Rizky Kurniawan, Supriyono Koes Handayanto, Parno (UM)

 105

 Identifikasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Listrik Dinamis

 Cicyn Riantoni, Lia Yuliati, Nandang Mufti (UM)

 112

 Studi Keterampilan Proses Sains Lanjut Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi

 Dady Sulaiman, Sentot Kusairi, Eny Latifah (UM)

 122

 Profil Konsepsi Siswa Smk Di Kota Bandung Pada Konsep Termal Dengan Three Tier Test

 Dessy Fauzi, Ika Mustika Sari, Duden Saepuzaman (UPI)

 130

 Kesulitan Memecahkan Masalah Fisika Materi Arus Searah Pada Siswa SMK

 Dhedhie Armawan, Parno, Lia Yuliati (UM)

 136

 Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi

 Dian Pradugawati, Markus Diantoro, Sutopo (UM)

 146

 Identifikasi Kesulitan Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah pada Konsep Usaha, Energi, dan Daya

 Dina Prihartanti, Lia Yuliati, Hari Wisodo (UM)

 154

 Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi

 Dios Sarkity, Lia Yuliati, Arif Hidayat (UM)

 166

 Kesalahan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Momentum-Impuls

 Diyan Kurnia Agustin, Lia Yuliati, Siti Zulaikah (UM)

 174

 Pengembangan Modul Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA

 Durrotun Ni’mah (UNEJ)

 184

 Menerapkan Teorema Kesebangunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya Siswa Kelas VIII C Di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten 

 Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016

 En Alamin

 189

 Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor

 Ety Rimadani, Parno, Markus Diantoro (UM)

 201

 Identifikasi Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Usaha dan Energi

 F. B. Bayon Sukma, Supriyono Koes H, Sentot Kusairi (UM)

 208

 Kajian Teoritis Karakteristik Pengembangan Model Pembelajaran Siklus Penelitian (Research Cycle) untuk Pembelajaran Fisika

 Faiz Nour Rohmah (UNEJ)

 213

 Pengembangan Modul Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas

 Fajar Lailatul Mi’rojiyah (UNEJ)

 217

 Konsistensi Representasi Besaran Fisis Materi Kinematika

 Fathoroni, Markus Diantoro, Parno (UM)

 227

 Literasi Sains Siswa Smp Pada Tema Teknologi Personal

 Gristianti Herviana, Heni Rusnayati, Ika Mustika Sari (UPI)

 237

 Profil Literasi Sains Siswa Smp Di Kota Bandung Terkait Tema Pemanasan Global

 Hajar Adha Imani, Ika Mustika Sari, Purwanto (UPI)

 242

 Pembelajaran Fluida Dinamis dengan Penerapan Model Project Based Learning

 Helmi Pakas Rivai, Muliati Syam, Benyamin Matius (UM)

 249

 Identifikasi Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Dinamika Rotasi Sebagai Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ECIRR

 Herlina Mulyastuti, Woro Setyarsih, Mukhayyarotin N.R.J (UM)

 255

 Pengaruh Pembelajaran Cognitive Apprenticeship terhadap Konsepsi Siswa pada Topik Suhu dan Kalor

 Imam Maksum Al Maliki, Arif Hidayat, Sutopo (UM)

 262

 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PhET dan Kit Sederhana untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada 

 Materi Teori Kinetik Gas

 Indro Wicaksono (Universitas Panca Marga Probolinggo)

 275

 Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Pada Materi Dinamika Rotasi

 Irma Rahmawati, Sutopo, Siti Zulaikah (UM)

 284

 Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Fisika Pada Materi Fluida Statis

 Irmina S. Datur, Lia Yuliati, Nandang Mufti (UM)

 294

 Analisis Perencanaan Pembelajaran Guru Fisika SMA dalam Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

 Ismail Harianto, Arif Hidayat, Supriyono Koes (UM)

 301

 Hasil Belajar Kognitif dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis dengan Menerapkan Media Interaktif

 John Rafafy Batlolona (UM)

 308

 Penggabungan Model Hypnoteaching dan Arcs (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction) Dalam Menunjang Pemahaman

 Pembelajaran Fisika Topik Hukum Newton

 Larassakti Kusuma (UNS)

 315

 Kajian dan Perancangan Laboratorium Alam Sebagai Pembekalan Konsep Fisika bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

 Linda S, M. Zainuri, Bachtera I, Sudarsono, Susilo I, Iim F (ITS)

 323

 Kemampuan Awal dan Literasi Sains Siswa SMK terkait Materi Elastisitas

 M.Wira Hendy Himawan, Wartono, Lia Yuliati (UM)

 329

 Pengaruh Praktikum Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor

 Mafida Hermawati, Alimufi Arief (UM, UNESA)

 334

 Identifikasi Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa pada Fluida Statis

 Maria Chandra Sutarja, Sutopo, Eny Latifah (UM)

 339

 Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Hukum Newton

 Masdukiyanto, Sutopo, Eny Latifah (UM)

 351

 Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Fisika Universitas Negeri Malang

 Masita Raisa Hanim, Supriyono Koes Handayanto, Wartono (UM)

 355

 Analisis Kemampuan Representasi Siswa pada Pokok Bahasan Fluida

 Mochamad Harun, Sutopo, Sentot Kusairi (UM)

 361

 Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak

 Muhammad Reyza Arief Taqwa (UM)

 365

 Level Keterampilan Berpikir Siswa Pada Materi Optika

 Muji Sobirin, Supriyono Koes .H, dan Sentot Kusairi (UM)

 373

 Literasi Sains Siswa Smp Kota Bandung Pada Tema Pencemaran Lingkungan

 Nisa Hanifan Fitriani, Ika Mustika Sari, Winny Liliawati (UPI)

 381

 Literasi Sains Siswa Kelas 9 SMP Kota Bandung Pada Konteks Sumber Daya Alam

 Nisa Sopiah Istiqomah, Ika Mustika Sari, Winny Liliawati (UPI)

 387

 Kesulitan siswa SMA pada Penggunaan Free-Body Diagramdalam Materi Dinamika

 Ogi Danika Pranata, Wartono, Lia Yuliati (UM)

 394

 Hubungan antara Efikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

 Putri Dwi Sundari, Parno, Sentot Kusairi (UM)

 405

 Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa Terhadap Materi Fluida Statis Di Tana Paser Kalimantan Timur Kelas Xi Tahun Ajaran 2016/2017

 Rani Nur Arifah Agus Fajrina, Supriyono Koes Handayanto, Arif Hidayat (UM)

 416

 Identifikasi Pemahaman Konsep Tekanan Hidrostatis pada Siswa Sekolah Menengah Atas

 Ravita Wahyu Prasasti, Lia Yuliati, Eny Latifah (UM)

 423

 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA

 Retno Cahyaningrum, Parno, Muhardjito (UM)

 431

 Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Bandung Pada Konsep Suhu Dan Kalor

 Rifdah Amalia, Parlindungan Sinaga, Ika Mustika Sari, Duden Saepuzaman (UPI)

 442

 Pengembangan Simulasi Gerak Lurus untuk Pembelajaran Kelas X

 Robbie Nur Rachman, Sentot Kusairi, Hari Wisodo (UM)

 450

 Identifikasi Pemahaman Konsep Pemantulan Siswa Smk

 Rofiatul Fauziah, Lia Yuliati, Arif Hidayat (UM)

 457

 Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang

 Shan Duta Sukma Pradana, Parno, Supriyono Koes Handayanto (UM)

 462

 Strategi Pembelajaran Multi Representasi Untuk Meningkatkan Konsep Kinematika Mahasiswa Semester Awal

 Siprianus L. Angin, Sutopo, Parno (UM)

 469

 Korelasi Antara Penalaran Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi

 Siwi Purwati, Supriyono Koes Handayanto, Siti Zulaikah (UM)

 479

 Pengembangan Media Pembelajaran Blind Card dan Penerapannya pada Pembelajaran Cooperative Make a Match Materi Cahaya

 Suci Faniandari, Kunthi Ratna Kawuri, Selfi Septiani (UNS)

 484

 Identifikasi Kesulitan Siswa pada Topik Usaha dan Energi

 Surayatum Muchoyimah, Sentot Kusairi, Nandang Mufti (UM)

 492

 Literasi Sains Siswa Smp Di Kota Bandung Pada Tema Alam Semesta

 Wiwin Winarti, Winny Liliawati, Heni Rusnayati, Ika Mustika Sari (UPI)

 501

 Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Gerak Harmonis Sederhana

 Yeyehn Dwi Sugara, Sutopo, Eny Latifah (UM)

 506

 Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Materi Rangkaian Listrik Arus Searah

 Yustiandi, Duden Saepuzaman (SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School)

 513

 Pema haman Konsep Siswa SMA Tentang Usaha dan Energi Mekanik

 Zainul  Mustofa, Sutopo, Nandang Mufti (UM)

 519

  Bidang Pendidikan

  Kimia

 Judul
 Hal

 Kajian Penanaman Pengetahuan Epistemik secara Eksplisit Reflektif pada Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA

 Ahmad Fardan, Yahmin, Sri Rahayu (UM)

 529

 Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Bahan Ajar Berbantuan Multimedia Materi Konsep Larutan untuk SMK Agribisnis Produksi Tanaman

 Ambar Retnoningrum, I Wayan Dasna, Aman Santoso (UM)

 542

 Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Pelatihan Metakognisi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kelarutan

 dan Ksp

 Arvinda C. Lalang, Suhadi Ibnu, Sutrisno (UM)

 549

 Instrumen Pembelajaran Siswa SMK pada Materi Termokimia Menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS)

 Berbantuan Kartu Masalah

 Budi Riani, Endang Budiasih, Suharti (UM)

 558

 Penggunaan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Sesuai dengan Kurikulum Nasional pada Bahan Ajar Laju Reaksi Untuk SMA

 Diah Purwaningtyas, I Wayan Dasna, Fariati (UM)

 568

 Analisis Pemahaman Siswa Kelas XI IPA terhadap Materi Termokimia di SMAN 1 Glagah Kabupaten Banyuwangi

 Fajar Nugroho, Mohammad Sodiq Ibnu, Santoso (UM)

 577

 Pengaruh Learning Cycle 5E- Problem Posing terhadap Hasil belajar dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa dengan Kemampuan Awal

 Berbeda pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

 Fajar Nugroho, I Wayan Dasna, Sri Rahayu (UM)

 584

 Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 6E-Think Pair Share pada Mata Pelajaran Kimia SMA

 Heru Elisa Manafe, SuhadiIbnu, Fauziatul Fajaroh (UM)

 593

 POGIL Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) dan Literasi Sains Siswa SMK

 Ika Budi Yuliastini, Sri Rahayu, Fauziatul Fajaroh (UM)

 601

 Karakteristik Model Diktat Gambar Proses (MC-GP) untuk Pembelajaran Kimia Sekolah Menengah

 Ika Iffah Ilmiah, Sutarto, Nuriman (UNEJ)

 615

 Kajian Pengembangan Model Modul Gambar Proses untuk Pembelajaran Kimia di SMA

 Imam Nursamsudin, Sutarto, Agus Abdul Gani (UNEJ)

 626

 Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Peta Konsep dengan Strategi Inkuri (PAKSI) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat

 Tinggi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Pokok Keisomeran

 Ismono, Sri Poedjiatoeti, Suyatno (UNESA)

 639

 Keefektifan Model Pembelajaran Scientific-Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa kelas X SMAN di Kabupaten Gowa

 (Study pada Materi pokok Larutan Elektrolit & non-Elektrolit)

 Jusniar (UM)

 652

 Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Siswa SMA/MA pada Praktikum Titrasi Asam Basa

 Luki Yunita, Salamah Agung, Rini Nuraeni (UIN Jakarta)

 662

 POGIL, Analogi Model FAR, KBI, dan Laju Reaksi

 Musya’idah, Effendy, Aman Santoso (UM)

 671

 WhatsApp (WA) pada Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Kognitif pada Materi Stoikiometri

 Safi’isrofiyah, Endang Budiasih, Surjani Wonorahardjo (UM)

 681

 Pendekatan Saintifik dalam Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS)

 Subaeri, Sri Rahayu, Siti Marfu’ah (UM)

 688

 Kajian Pendekatan Saintifik dalam Bahan Ajar Kimia Polimer Terintegrasi Mata Pelajaran Produktif SMK Teknik Elektronika

 Taufan Hadi Susanto, Subandi, Munzil (UM)

 697

 Kajian Dual Situated Learning Model (DSLM) untuk Mengatasi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia

 Tri Yunita Maharani, Effendy, Yahmin (UM)

 705

 Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier pada Materi Asam Basa

 Urwatil Wutsqo Amry, Sri Rahayu, Yahmin (UM)

 715

 Kajian Pendekatan Kontekstual Dalam Bahan Ajar Elektrokimia Untuk Smk Teknik Mesin

 Wiwik Widodo, Subandi, Munzil (UM)

 723

 Analisis Motivasi Mahasiswa Program Studi IPA pada Mata Kuliah Kimia Dasar 2 dengan Bahan Ajar Berbahasa Inggris

 Wiwin Puspita Hadi (Universitas Trunojoyo – Madura)

 730

 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Kimia untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

 Zeinyta Azra Haroen, Novrita Mulya, Fatwa Patimah (Univ. Indraprasta PGRI Jakarta)

 735

 735

 Analisis Life Skills Siswa Pada Aspek Spesific Life Skills Dalam Pembelajaran Koloid Berbasis Proyek

 Evi Sapinatul Bahriah, Salamah Agung, Yudiantono (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)

 1120

 735

  Bidang Pendidikan

  Biologi

 Judul 
 Hal

 Penerapan Model Team Assisted Individualization Dipadu Problem Based Learning Disertai Penyusunan Portofolio untuk Meningkatkan

 Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Sikap Spiritual, dan Keterampilan Siswa Kelas XI MIA 4 SMAN 6 Malang

 Atika Firda, Mimien Henie Irawati, Siti Imroatul Maslikah (UM)

 741

 Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Peserta Didik IPA dan Biologi di Malang

 Bea Hana Siswati, Herawati Susilo, Susriyati Mahanal (UM)

 748

 Aktualisasi Pendidikan Karakter melalui Service Learning dalam Pembelajaran Biologi

 Dika Agustia Indrati & Kutsiyah (UNY)

 756

 Keefektifan Modul Berbasis Guided Discovery pada Materi Respiratory System

 Elok Norma Khabibah, Nur Kuswanti, Gatot Suparno (UNESA)

 764

 Mengembangan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal dan Kemampuan Akademik melalui Implementasi Metode Penemuan Terbimbing

 (Guided Discovery)

 Hariyanto (IKIP PGRI Jember)

 771

 Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Jigsaw Pada Siswa dengan

 Tingkat Kreativitas Berbeda terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA

 Hariyanto, Selasi Priatiningsih, Ade Irma Novianti (IKIP PGRI Jember)

 781

 Studi Eksplorasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Bagi Masyarakat di Kabupaten Malang

 Lutfin Andyana Rehusisma, Sri Endah Indriwati, Endang Suarsini (UM)

 792

 Perangkat Pembelajaran Materi Perubahan Lingkungan Berbasis Inkuiri Terbimbing Bersumber Belajar Lingkungan Lokal Pesisir Pantai

 Maulidin Alwi, Ibrohim, Dahlia (UM)

 800

 Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Krian Tahun 2016

 Prayoga Rendra Vendiktama, Mimien Henie Irawati, Endang Suarsini (UM)

 809

 Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa 

 Kelas XI SMA Laboratorium UM

 Rifatul Amaliyah, Siti Zubaidah, Umie Lestari (UM)

 815

 Pengembangan Animasi Flash dengan Soal Interakitf Berbasis Power Point Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI

 Rinu Bhakti Dewantara, Tri Jalmo, Berti Yolida (UM, Univ. Lampung)

 825

 Pemanfaatan Sains Tradisional Jawa Sistem Pranotomongso melalui Kajian Etnosains sebagai Bahan Ajar Biologi

 Rizqa Devi Anazifa (UNY)

 832

 Implementasi Mixed Models STAD dan Jigsaw Untuk Mengoptimalkan Scientific Reasoning Skill Calon Guru Abad 21

 Tomi Hidayat & Sri Redjeki (Univ. Muhammadiyah Bengkulu, UPI)

 839

  Bidang Pendidikan

  IPA

 Judul  Hal

 Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMPN 3 Batu

 Ade Kirana Aryani,Hadi Suwono, Parno (UM)

 847

 Implementasi Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Sains

 Asni Wati, Sutopo, Herawati Susilo (UM)

 856

 Hubungan antara Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

 Benediktus Ege, Markus Iyus Supiandi, Dwi Akbar Syah Ridho (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia)

 863

 Pemanfaatan Potensi Hutan Wisata Baning sebagai Sumber Belajar Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan di SMP

 Dahlia, Ibrohim, Susriyati Mahanal (UM)

 873

 Kemampuan Berpikir Kritis dan Process-Oriented Guided-Inquiry Learning Berkonteks Socioscientific Issues pada Materi Pencemaran

 Lingkungan

 Eka Dian Handayani, Sri Rahayu, Lia Yuliati (UM)

 887

 Pemberdayaan Keterampilan Proses Sains melalui POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning)

 Elisabeth Yunia S.S. Dua Sona, I Wayan Dasna, Herawati Susilo (UM)

 899

 Hubungan Penilaian Diri dengan Karakter Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 Enik Setiyawati, Luluk Ifatur Rocmah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

 912

 Penggunaan Bahan Ajar IPA Berbasis Android pada Materi Pesawat Sederhana untuk Siswa Kelas VIII SMP

 Fandi Achmad Purbantoro Adha, Trapsilo Prihandono, Rif’ati Dina Handayani (UNEJ)

 921

 Penggunaan Perangkat Pembelajaran IPA- Inovatif untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Mahasiswa

 Fitria Eka Wulandari, Yuli Astutik (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

 929

 Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

 Hartina Dewi (UNESA)

 933

 Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 7 Pasuruan

 Hendrik Saputra, Arif Hidayat, Munzil (UM)

 943

 Pengembangan Pembelajaran Demokratik Berbasis Tugas Tematik dengan Pendekatan Konsep-Konteks

 Hetty Hortentie Langkudi (Universitas Negeri Manado)

 950

 Potensi Pembelajaran Inkuiri dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap Lingkungan

 Indri Febriana, Ibrohim, Susriyati Mahanal (UM)

 959

 Model Fasilitasi Kegiatan Mengobservasi dan Mengasosiasi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII

 Intan Febry Sulasiwi, Sugiyanto, Parno (UM)

 970

 STEM : Apa, Mengapa, dan Bagaimana

 Juniaty Winarni, Siti Zubaidah, Supriyono Koes H. (UM)

 976

 Pembelajaran IPA Menggunakan Media dengan Pendekatan Saintifik di Kecamatan Mantikulore Kota Palu

 Kasmudin Mustapa, Hayyatun Mawaddah (Universitas Tadulako)

 985

 Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah dalam Pembelajaran IPA di SMP

 Khoirotul Islakhiyah, Sutopo, Lia Yuliati (UM)

 992

 Penguasaan Konsep Gerak pada Siswa SMP

 Laili Istiadah, Lia Yuliati, Siti Zubaidah (UM)

 1006

 Kurikulum Pondok Pesantren: Alternatif Peningkatan Kualitas Pendidikan IPA Unhasy

 Lina Arifah Fitriyah, Widha Nur Agastya1 (Universitas Hasyim Asy’ari)

 1014

 Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis

 Maksem Lete, Sutopo, Lia Yuliati (UM)

 1020

 Persepsi Guru Dan Siswa Sekolah Swasta di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo terhadap Pelaksanaan Praktikum dalam Pembelajaran IPA

 Mochamad Hasan Rifai, I Wayan Dasna, Sentot Kusairi (UM)

 1033

 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Pemahaman Konsep pada Mata 

 Pelajaran IPA di SDN 5 Sindue Tobata

 Novianti (SDN 5 Sindue Tobata. Kab. Donggala), Kasmudin Mustapa (Universitas Tadulako)

 1041

 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

 Prihartiningsih, Siti Zubaidah, Sentot Kusairi (UM)

 1053

 Kajian Pengaruh Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP

 Rahmawati, Supriyono Koes H, I Wayan Dasna (UM)

 1063

 Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Melatih Keterampilan Berpikir Analisis Siswa SMP

 Septi Budi Sartika, Ermawati Zulikhatin Nuroh (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

 1071

 Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

 Suhartatik (UNEJ)

 1081

 Karakteristik Model Pembelajaran Instink (Instruksi Inkuiri) melalui Out Door Study untuk Pembelajaran IPA di SMP

 Teguh Firmansyah (UNEJ)

 1087

 Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tumbuhan

 Wartiningsih, Parno, Herawati Susilo (UM)

 1093

 Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Bunyi

 Nofriati, Sentot Kusairi, Sri Rahayu (UM)

 1102

 Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya

 Ika Rahmawati, Arif Hidayat, Sri Rahayu (UM)

 1112