Prosiding “KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN”
Imron Arifin
Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia
Abstrak: Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan akselerasi kerjasama ekonomi negara-negara ASEAN yang secara penuh terintegrasi ke dalam perekonomian global. Kerjasama ini bertujuan terciptanya pasar tunggal dan basis produksi yang memiliki kebebasan aliran barang, jasa, investasi, sumber daya manusia terampil dan perpindahan barang modal. Kerjasama ekonomi ini mempengaruhi seluruh sektor kehidupan termasuk bidang pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan bertanggungjawab untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah menyerukan nilai-nilai moral, meningkatkan motivasi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan, sarana-prasarana, lingkungan sekolah-keluarga-masyarakat, dan peserta didik. Pengaruh kepemimpinan pendidikan menjadi faktor determinan karena sebagai penggerak, pemotivator, penginspirator dalam mencapai mutu pendidikan melalui peran educational leader, inspiring leader, visioning leader, dan team leader dalam mencapai outcome of learning bagi peserta didik sebagai Output yang budaya mutu secara terus menerus melalui performansi, skill, pengetahuan & kepribadian berbasis local wisdom yang siap hadapi tuntutan MEA/AEC dan globalisasi.