Sarana & Prasarana

SARANA

 

  1. Peralatan Ruang Kuliah

Setiap ruang kuliah telah dilengkapi dengan peralatan sesuai dengan kebutuhan, antara lain dilengkapi dengan kursi kuliah, white board, meja dosen, kursi dosen, dan semua ruang telah dipasang secara permanen perangkat LCD. Secara kuantitatif jumlah kursi kuliah 1500 buah, whiteboard 36 buah, meja kursi dosen 29 buah, dan LCD 36 buah (30 terpasang dan 6 tak terpasang), semuanya dalam kondisi baik. Untuk menjamin kelan­caran perkuliahan, pihak Pascasarjana juga telah menyediakan tenaga teknis peralatan perkuliahan. Tenaga teknis tersebut bertugas menyediakan dan menyiapkan kelengkapan peralatan perkuliahan yang diperlukan.

Fasilitas 1 Lanscape

 

  1. Peralatan Kantor

Ruang pimpinan telah dilengkapi dengan fasilitas mejakursi tamu, meja kursi kerja, telpon, faximile, komputer, dan internet yang dapat berfungsi dengan baik. Demikian pula di ruangan tata usaha telah dilengkapi dengan fasilitas meja, kursi, lemari, rak, komputer, telpon, faximile, mesin ketik manual dan elektronik, white board, TV, filing cabinet, dan dilengkapi dengan alat tulis menulis yang lengkap.

 

  1. Bahan Pustaka dan Sarana Lainnya

Bahan pustaka tersedia diperpustakaan Pascasarjana dan di Perpustakaan Pusat UM. Bahan pustaka di Perpustakaan Pascasarjana dimanfaatkan secara bersama-samaa dengan program lain di Pascasarjana UM. Jumlah bahan pustaka di Perpustakaan Pascasarjana meliputi 11.000 judul buku (16.700 eksemplar), dan judul jurnal 500 (9805 eksemplar) selain itu berupa disertasi 1783 judul (2887 eksemplar), majalah 219 judul (2146 eksemplar), kliping 5 judul (396 eksemplar), novel 166 judul (184 eksemplar), kaset 21 judul (169 eksemplar), micro fiche 108 judul (438 eksemplar).

Bahan pustaka di Perpustakaan Pusat UM dimanfaatkan secara bersama-sama dengan program studi lain di UM. Adapun jumlah bahan pustaka di Perpustakaan Pusat UM meliputi (a) 34537 judul buku (89083 eksemplar), (b) 5774 judul referensi (9098 eksemplar), (c) tesis dan disertasi 1918 judul (1918 eksemplar), (d) skripsi 9098 judul (11165 eksemplar), (e) koran, majalah, jurnal 1722 judul (30582 eksemplar), (f) kaset 25 judul (173 eksemplar), (g) microfiche 108 judul (438 eksemplar), (h) Laporan penelitian 992 judul (2647 eksemplar), (i) Diskette 75 judul (80 eksemplar), dan (j) CD 44 judul (56 eksemplar). Selain itu, dilengkapi dengan: (a) mesin potocopy, (b) CD-ROM, (c) microvice, (d) internet, (e) email, dan (f) faximile. Perpustakaan ini memiliki akses dari dan ke perpustakaan daerah, nasional, dan internasi­onal.

Fasilitas 1 Lanscape

 

  1. Peralatan Laboratorium

Peralatan laboratorium yang ada di Pascasarjana berupa laboratorium komputer. Laboratorium komputer yang tersedia di H1 lantai I digunakan secara bersama-sama dengan program studi lain di Pascasarjana UM. Terutama untuk kepentingan pembela­jaran (teaching laboratory), matakuliah statistik dan aplikasi komputer. Laboratorium berisi perangkat komputer pentium empat dan berfungsi dengan baik (15 unit). Peralatan laboratorium utama untuk mahasiswa S3menggunakan laboratorium di jurusan masing-masing, karena secara akademik proses pembelajaran dan praktikum dilaksanakan di laboratorium masing-masing Program Studi.

Fasilitas 1 Lanscape

 

  1. Fasilitas Internet

Mahasiswa dan dosen pada Pascasarjana UM memiliki akses yang luas dengan tersedianya fasilitas internet hotspot. Jumlah fasilitas komputer yang tersedia di laboratorium tidak lagi menjadi kendala, karena hampir setiap mahasiswa telah menyiapkan diri dengan notebook (laptop). Begitu pula di setiap ruang kuliah, hall, atau ruang khusus telah tersedia meja, kursi, dan sambungan aliran listrik untuk bekerja menggunakan notebook. Bahkan di halaman/taman mahasiswa dapat bekerja menggunakan note­book ini.

Fasilitas 1 Lanscape

 

PRASARANA

 

  1. Gedung Ruang Kuliah

Ruang kuliah sebagian besar menempati Gedung H2 dan H3 baik lantai I maupun lantai II. Ruang-ruang ini dipakai bersama-sama dengan program studi lain yang diatur oleh bagian pemeliharaan, pengelolaan dan peningkatan kualitas ruangan Pascasarjana bersama-sama dengan pengelola UM. Ada ruang kuliah yang lebih besar untuk perkuliahan gabungan dan ada ruang kuliah yang lebih kecil untuk perkuliahan kelompok keahlian. Secara keseluruhan jumlah ruang kelas di Pascasarjana ada 29 ruang. Setiap ruang kuliah telah dilengkapi dengan fasilitas penerangan listrik, ventilasi udara, dan jendela kaca. Ruang kuliah diawasi pengelolaannya oleh staf khusus, baik kelayakan dan ketercukupan sarana pendukung perkuliahan agar proses pembe­lajaran yang berlangsung di Pascasarjana UM memenuhi keter­cukupan proses yang dikehendaki stakeholder.

 

  1. Gedung Perkantoran

Sebagaimana dengan gedung ruang kuliah, gedung perkantoran administrasi umum juga dimiliki dan dipakai bersama-sama dengan program studi lain. Ruang kantor didesain sebagai­mana kantor administrasi lainnya, yaitu ada tempat pelayanan publik, administrasi umum, dan keuangan. Adapun luas lantai ruang administrasi umum 112,5 m2, luas lantai ruang pimpinan 67,5 m2. Ruang kantor tersebut dilengkapi dengan penerangan listrik, ventilasi udara, jendela kaca, sebagian pakai air conditioner (AC), alat pemadam kebakaran, air PAM, alat keber­sihan ruangan, gudang peralatan, dan MCK.

 

  1. Gedung Perpustakaan

Gedung perpustakaan yang disediakan adalah gedung per­pustakaan pusat dan gedung perpustakaan Pascasarjana. Gedung perpus­takaan pusat terdiri tiga lantai dengan luas total lantai 5.322 m2, sedang gedung perpustakaan Pascasarjanabertempat di H1 lantai II dengan luas total lantai 477,5 m2. Gedung perpustakaan pusat maupun Pascasarjana dilengkapi dengan penerangan dan ventilasi yang memadai. Begitu pula dilengkapi dengan rak buku, alat pemadam kebakaran, alat pemeliharaan, dan tempat pelayanan peminjaman buku yang memadai. Perpustakaan pusat dibuka hari Senin sampai dengan hari Sabtu jam 07.00–19.00, kecuali hari Sabtu; sedang perpustakaan Pascasarjana dibuka hari Senin sampai dengan hari Jumat jam 07.00–15.00 WIB.

 

  1. Gedung Laboratorium

Gedung Laboratorium bahasa yang bisa digunakan oleh mahasiswa Pascasarjana UM ada 3 unitdi Fakultas Sastra, yaitu di Gedung D5 ruang104, gedung E6 ruang 107 dan gedung J8 ruang 103 Fakultas. Gedung Laboratorium di Pascasarjana UM yang berada di gedung H2 lantai 1 ruang H2.106 berkapasitas 24 mahasiswa. Kondisi semua laboratorium bahasa ini 99% dalam keadaan baik dan dioperasikan sepenuhnya secara elektronis.

Fasilitas pembelajaran lainnya disediakan juga di Gedung E6 ruang 104 kompleks Fakultas Sastra, yaitu berupa Self Access Center (SAC), yang bisa dipakai oleh setiap sivitas akademika Universitas Negeri Malang yang ingin memperkaya kemampuan berbahasa Inggris. Tersedia juga Lab Drama di gedung E6 ruang 202 untuk latihan peran dalam belajar bermain drama, dan tersedia juga lab komputer di E7 ruang 102 dan ruang 104.

Laboratorium Pendidikan dirancang dengan “One Way Screen” yang dapat digunakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, dan Pendidikan Luar Sekolah untuk kegiatan micro counseling, micro teaching, supervisi clinis, dan simulasi di H2-105.

 

  1. Taman

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan kenyamanan di luar ruangan, di setiap halaman antara gedung satu dengan gedung lainnya telah dibangun taman kampus. Dengan dibangun­nya taman di setiap halaman gedung Pascasarjana diharapkan civitas akademika menjadi lebih kreatif, senang, dan kampus menjadi lebih indah dan bersih, terutama para mahasiswa Pascasarjana yang sedang mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Pada setiap halaman taman juga dilengkapi dengan bangunan “joglo” yang bermanfaat untuk bersantai dengan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan maupun akses internet, serta diskusi.

Fasilitas 1 Lanscape

 

  1. Fasilitas Ibadah, Kesehatan, Olahraga, dan Seni

Ruang Sholat disediakan dua ruang di gedung H1 Pascasarjana. Selain itu disediakan Masjid di dalam Kampus UM, sementara untuk mahasiswa yang beragama lain (Kristen, Katolik Budha, Hindu) dapat menggunakan Aula Pascasarjana UM. Selanjutnya untuk olahraga tersedia fasilitas berupa lapangan bulutangkis, lapangan tenis, sepakbola, bola basket, bola voli dan kolam renang (berenang). Bagi mahasiswa yang memerlukan perawatan dapat menggunakan poliklinik yang disediakan oleh UM.