Martha Larasati, Kusmintardjo, Imron Arifin

 

Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

Program Studi Manajemen Pendidikan,

marthalarasati87@gmail.com

 

Abstrak: Dalam mencapai kepuasan pelanggan, terjadi persaingan yang ketat antar sekolahterutama dalam kualitas sistem pendidikan.Salah satu upaya sekolah untuk memenangkan persaingan tersebut adalah membangun citra sekolah dimasyarakat.Untuk menarik minatmasyarakat, sekolah harus memiliki citra positif.Citra positif dapat dibangun melaluilayanan pendidikan bermutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.Seorang kepala sekolah harus berkomitmen dan berani melakukan perubahan kearah lebih baik sehingga membentuk budaya mutu yang memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal ini siswa, orang tua siswa, dan masyarakat.Budaya mutu yang terbentuk akan berpengaruh pada respon masyarakat terhadap sekolah sehingga membentuk citra sekolah. Kepala sekolah dituntut memiliki peran dan strategi yang mampu membentuk citra sekolah yang baik dimasyarakat.Dibutuhkankepala sekolah yang visioner, inovatif, dan memiliki passion bergerak maju untuk menumbuhkan budaya mutu sekolah.Oleh karena itu dalam meningkatkan citra sekolah, peran yang wajib dimiliki oleh kepala sekolah yaitu kepala sekolah sebagai manajer, leader, dan wirausahawan.Disamping itu, dalam upaya meningkatkan citra sekolah, seorang kepala sekolah harus memiliki beberapa strategi agar tujuan sekolah tercapai tepat sasaran. Strategi itu antara lain adalah sebagai berikut, program unggulan, publikasi, perbaikan sarana dan prasarana, dan revitalisasi Humas.

 

Kata kunci: peran, strategi, kepala sekolah, citra sekolah.