Enis Purnawanti, Mustiningsih, Burhanuddin

 

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Program Studi Manajemen Pendidikan

Bundaenis84@gmail.com

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah dan strategi  yang digunakan oleh guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui studi multi situs di gugus sekolah I dan gugus Sekolah II Unit Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui dua tahap: pertama  analisis data dari gugus sekolah I dan gugus Sekolah II. hasil analisis tersebut dikomparasi sebagai sistem peningkatan kompetensi profesional yang dilaksanakan oleh kedua organisasi gugus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi profesional tersebut antara lain: (1) perencanaan program; (2) membentuk pengurus; (3) melaksanakan fungsi kepengawasan; (4) evaluasi program. Kepengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Strategi yang digunakan dalam peningkatan kompetensi profesional guru adalah: (1) membentuk Kelompok Kerja Guru; (2) menjalin kerjasama dengan lembaga/ instansi lain; (3) menentukan tempat dan  waktu pelaksanaan kegiatan; (4) menentukan topik yang dibahas.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Kompetensi Profesional, Guru

× How can I help you?