Muhani, Ali Imron, Kusmintardjo

 

Pascasarjana, Universitas Negeri Malang

Prgram Studi Manajemen Pendidikan

E-mail: moeh.hany@gmail.com

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui dukungan dan hambatan kepemimpinan kepala Sekolah Dasar di daerah terpencil dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 2 Bakalan dan SDN 2 Kepyar Purwantoro Wonogiri. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multi kasus. Pengambilan data dengan wawancara, observasi non participant, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yaitu dukungan kepemimpinan kepala sekolah dasar di daerah terpencil didapatkan dari eksternal dan internal. Dukungan eksternal yaitu: tunjangan khusus untuk guru, bantuan komite sekolah, dan kompetensi serta suasan harmonis guru. Dukungan internal yaitu: pengalaman berorganisasi, bekal pendidikan, kemandirian dan daya inovasi kepala sekolah. Hambatan kepemimpinan berasal dari kondisi deografis sekolah, bekal keilmuan, dan tuntutan masyarakat

 

Kata Kunci: dukungan kepemimpinan, hambatan kepemimpinan, mutu pendidikan, sekolah dasar terpencil