Galih Purnama

 

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Program Studi Manajemen Pendidikan

purnamagalih@gmail.com

 

 

Abstrak:Perkembangan teknologi mengakibatkan perubahan–perubahan di sekolah dalam proses belajar mengajar. Kepala sekolah selalu ingin menemukan peralatan baru dan metode yang dapat memberikan motivasi belajar peserta didiknya. Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pelatihan memberikan kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap baru yang mengubah perilakunya, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan suatu penelitian tindakan sekolah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi melalui pelatihan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan dan membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dan dilaksanakan pada SD Negeri Ngunut 02 Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan dengan sasaran 6 orang guru. Tahap-tahap yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah (1) tahap pendahuluan/survey awal, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pelaksanaan tindakan, (4) tahap observasi dan (5) tahap refleksi. Kemampuan guru SD Negeri Ngunut 02 setelah diberi pelatihan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi Mengalami peningkatan dari siklus I : 32,22% menjadi 48,88 % pada siklus II, ada kenaikan sebesar = 16,66 %. Dengan demikian maka hipotesis tindakan yang diajukan dinyatakan berhasil dan diterima.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Pelatihan, Teknologi informasi dan komunikasi

× How can I help you?