S2 Pendidikan Matematika

RASIONAL PROGRAM

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah membangun sistem ber­pikir untuk menyelesaikan masalah kehidupan. Kebutuhan tersebut dapat diperoleh dengan berlatih mengembangkan kemampuan bernalar dan menyelesaikan masalah. Matematika sebagai suatu disiplin ilmu merupa­kan sarana yang dapat digunakan dalam mengembangkan kemam­puan tersebut. Sebagai disiplin ilmu, matematika dapat dipandang sebagai ilmu dasar yang perlu mendapat perhatian besar, lebih-lebih dalam menyong­song era globalisasi. Oleh karena itu, pendidikan metematika memerlukan penanganan yang mantap sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi, serta perlu terus menerus dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan perkembangan berpikir manusia.

Pengembangan pendidikan matematika memerlukan tenaga profe­sional bidang pendidikan matematika pada berbagai jenjang. Salah satu jenjang pendidikan guru matematika yang saat ini memerlukan perhatian serius adalah pendidikan guru, baik untuk kebutuhan jenjang S1, sekolah menenegah, maupun sekolah dasar. Perhatian itu terutama ditujukan pada peningkatan mutu proses pebelajaran serta berbagai komponen pendu­kungnya. Peningkatan tersebut berorientasi pada standar mutu lulusan, yaitu guru matematika yang memiliki kompetensi dengan kualifikasi yang sesuai.

Program Studi Magister Pendidikan Matematika sebagai salah satu unsur pelaksana akademik dibawah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang melaksanakan pendidikan akademik dan profesional dalam bidang pendidikan matematika, yang berorientasi pada pengem­bangan pendidikan guru jenjang S1 dan sekolah menengah. Pengembang­an pendidikan guru sekolah menengah berpengaruh langsung pada pemantapan proses pendidikan pada jenjang sekolah menengah, baik sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas. Program pendidikan pada Program Magister Pendidikan Matematika bertumpu pada lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola pendidikan di sekolah menengah.

 

VISI

Program Magister Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang sebagai penyelenggara Program Magister Pendidikan Matematika yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan, penelitian, penerapan ilmu dan teknologi bidang pendidikan matematika, dengan azas keseimbangan antara wawasan global, nasional, regional, dan lokal.

 

 

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran melalui peningkat­an kualitas pembelajaran, sarana prasarana, dan dosen secara berke­sinambungan untuk menghasilkan guru matematika yang profesional dan ahli pembelajaran matematika yang kompeten.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk pengembangan pendidikan yang bermutu, relevan, dan berdaya saing, serta pengabdian kepada masyarakat
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan matematika dengan membangun organi­sasi yang sehat melalui penguatan tata kelola, transparansi, dan bercitra.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Program Magister Pendidikan Matematika bertujuan untuk meng­hasilkan tenaga akademik dan profesional bidang pendidikan matematika yang memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmunya dalam membina dan mengajarkan matakuliah bidang pendidikan matematika serta pe­ngembangan pendidikan matematika.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut memerlukan serangkaian perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan penilaian keberhasilan program. Perencanaan program studi berorientasi pada perencanaan kuri­kulum yang berlaku pada program studi. Kurikulum tersebut dievaluasi setiap terus menerus. Secara formal, kurikulum tersebut dievaluasi pada selang setiap satu tahun. Pelaksanaan program studi berorientasi pada penyelenggaraan perkuliahan yang dikoordinasi Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika.

 

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

Program S2 Pendidikan Matematika dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu merancang dan melaksanakan pendidikan dan pembelajaran matematika sehingga mampu mendidik dan membelajarkan mahasis­wa pada jenjang S1 dan siswa pada jenjang sekolah secara efektif, efisien dan menarik.
  2. Mampu mengevaluasi proses dan program pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  3. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian, serta meng­gunakan hasil-hasil penelitian pendidikan untuk memecahkan masa­lah-masalah pendidikan dan pembelajaran matematika.
  4. Mampu mengembangkan program pembelajaran matematka secara inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan visi, misi, dan tujuan di atas, maka ditetapkan profil lulusan prodi S2 Pendidikan Matematika, Pascasarjana UM adalah sebagai berikut.

  1. Akademisi Pendidikan Matematika
  2. Peneliti Pendidikan Matematika
  3. Pengembang dan Konsultan Pendidikan Matematika

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 8 (S-2) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2014, maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi S2 Pendidikan Matematika dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S-2 Pendidikan Matematika yang dirumuskan sebagai berikut.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Keterampilan Khusus
    1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
    2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
    3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  1. Pengetahuan
    1. Mengembangkan konsep dan prinsip pedagogi dan keilmuan matematika dengan memanfaatkan Ipteks.
    2. Mengembangkan perencanaan, pengelolaan, implementasi, dan evaluasi, dalam praktik pendidikan matematika.
    3. Mengembangkan praktik pendidikan matematika yang inovatif.
    4. Memecahkan permasalahan pendidikan matematika melalui kajian pedagogik dan keilmuan matematika.
    5. Memecahkan permasalahan melalui kajian integratif pedagogik, keilmuan matematik, dan manajemen pengelolaan pendidikan matematika.