S2 Pendidikan Biologi

RASIONAL PROGRAM

Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Negeri Malang dibuka atas dasar pemikiran dan pertimbangan berikut:

  1. Perkembangan ilmu alamiah dan teknologi berlangsung dengan cepat; dan pada beberapa dasa warsa terakhir, perpaduan ilmu-ilmu dasar telah menempatkan biologi dalam urutan terkemuka dari rumpun ilmu alamiah.
  2. Para ahli mengamati bahwa pendidikan ilmu alamiah dan matematika, termasuk biologi di sekolah-sekolah sangat perlu dibenahi dan ditangani secara profesional agar sesuai dengan perkembangan ilmu alamiah dan teknologi tersebut.
  3. Kemampuan tenaga ahli pendidikan bidang ilmu alamiah perlu segera ditingkatkan untuk membenahi dan menangani pendidikan ilmu alamiah termasuk biologi di sekolah-sekolah. Tanpa penangan-an profesional, gejala tersebut dipastikan dapat membahayakan perkembangan ilmu alamiah sendiri.
  4. Dengan tidak mengabaikan faktor-faktor lainnya, penyebab utama kemunduran pendidikan ilmu alamiah di atas cenderung disebabkan oleh masih kurangnya keahlian tenaga kependidikan bidang ilmu alamiah. Usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dalam bidang ilmu alamiah seyogianya merupakan tanggungjawab utama dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
  5. Tenaga kependidikan dimaksud adalah ahli pendidikan bidang studi yang selain menguasai materi bidang studinya dengan baik, juga memiliki keahlian ilmu-ilmu kependidikan dalam arti yang luas. Bertolak dari pemikiran tersebut, adalah sangat tinggi urgensinya untuk menyelenggarakan suatu program studi pendidikan biologi di atas jenjang SI, dengan tujuan menyiapkan ahli pendidikan biologi yang memiliki kemampuan dan keterampilan intelektual dalam melaksanakan dan mengembangkan bidang keahliannya sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan.

 

VISI

Menjadi program studi magister pendidikan unggulan dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi pada bidang pembelajaran biologi.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan biologi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan biologi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata pamong program studi magister pendidikan biologi yang akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan magister yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pendidikan biologi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan biologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja program studi magister pendidikan biologi yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

PROFIL lULUSAN

Profil lulusan program studi magister pendidikan biologi adalah pendidik atau peneliti yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisiplin atau multidisiplin, mengelola penelitian, dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional atau internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pendidikan biologi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan S2 Pendidikan Biologi PPs UM diharapkan memiliki kom-petensi untuk melaksanakan tugas-tugas berikut.

  1. Melaksanakan pembelajaran bidang pendidikan biologi dan biologi, baik pada jenjang S1 maupun pada tingkat sekolah.
  2. Meningkatkan kemampuan guru-guru melaksanakan pembelajaran bidang biologi di sekolah melalui program-program pelatihan.
  3. Melakukan penelitian dan pengembangan dalam kurikulum pendidikan biologi, baik pada jenjang S1 maupun pada tingkat sekolah.
  4. Mensupervisi pelaksanaan pendidikan biologi, baik pada jenjang S1 maupun pada tingkat sekolah.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. CP Sikap Penciri Prodi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
    11. Mengedepankan aspirasi, pengembangan kepedulian, dan pengembangan kapabilitas bersama dengan prinsip asah, asih, asuh
    12. Menjadi pebelajar sepanjang hayat.
  2. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan.
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
    3. Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
    4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multidisiplin.
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan.
    7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. CP Keterampilan Umum Penciri Prodi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.
    9. Mengembangkan literasi digital.
    10. Memiliki kemampuan menjadi sumber belajar.
    11. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  3. Pengetahuan

Lulusan Program Magister Pendidikan Biologi memiliki pengetahuan sebagai berikut:

  1. Mampu mengembangkan konsep-konsep biologi (kajian sel dan molekular, biologi perkembangan dan metabolisme organisme, genetika, evolusi, ekologi dan lingkungan) melalui riset menjadi karya inovatif dan teruji;
  2. Mampu mengembangkan konsep-konsep pendidikan dan teknologi pembelajaran biologi meliputi strategi, media dan sumber belajar, penilaian, melalui riset menjadi karya inovatif dan teruji;  
  3. Mampu mengembangkan konsep biologi dan kependidikan biologi sebagai landasan dalam memecahkan permasalahan pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat pendidikan melalui penelitian dengan memanfaatkan IPTEK hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. CP Pengetahuan Penciri Prodi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
  4. Mampu mengembangkan konsep-konsep biologi, konsep-konsep pendidikan dan teknologi pembelajaran melalui riset, untuk membelajarkan pembelajaran biologi di sekolah dan perguruan tinggi yang berorientasi masa depan, berbasis pada kecakapan hidup (life skill) abad 21 serta potensi dan kearifan lokal.

4. Keterampilan Khusus

Lulusan Program Magister Pendidikan Biologi memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu memecahkan  permasalahan  pendidikan biologi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  2. Mampu mengelola  riset  dan  pengembangan  biologi dan pendidikan biologi yang  bermanfaat  bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional. CP Keterampilan khusus Penciri Prodi Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang
  3. Mampu mengembangkan pembelajaran biologi di tingkat sekolah dan perguruan tinggi berbasis potensi dan kearifan lokal
  4. Memiliki kemampuan bertindak sebagai pendidik biologi profesional di jenjang sekolah, diploma, dan sarjana.
  5. Mampu mengembangkan model pembelajaran pendidikan biologi yang inovatif, kreatif, dan teruji.
  6. Mampu mengembangkan pedagogi specific untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat melalui pendekatan science spirituality sebagai implementasi technological pedagogical content knowledge (TPCK).

 

*Katalog Pendidikan Kimia download