S2 Pendidikan Anak Usia Dini

  •  Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (S2 PAUD) merupakan salah satu program studi yang diusulkan pada tahun 2016 oleh Universitas Negeri Malang bersama dengan 14 program studi lainnya. Pengusulan Program Studi S2 PAUD telah mendapatkan pertimbangan legalitas dari Senat Universitas Negeri Malang. Program Studi S2 PAUD secara akademik dikelola oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas Ilmu Pendidikan. Akan tetapi, secara administratif pengelolaannya mengikuti Pascasarjana Universitas Negeri Malang (Permendikbud No. 30 Tahun 2012). Selain itu, pengusulan Program Studi S2 PAUD ini juga telah diperkuat dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 291/KPT/I2017 pada tanggal 31 Mei 2017. Program studi yang mendukung program studi S2 PAUD adalah S2 Pendidikan Dasar; S2 Teknologi Pembelajaran; S2 pendidikan Matematika; S2 Pendidikan Bahasa Indonesia; S2 pendidikan Biologi; S2 Pendidikan Kimia; S2 Pendidikan Geografi; S2 pendidikan Ekonomi; S2 Pendidikan Olah Raga; dan S2 Psikologi Penddidikan. Pembentukan Program studi PAUD ini sejalan dengan Rencana Strategis Program Pascasarjana UM 2012-2016 merupakan implementasi Rencana Strategis UM 2012-2016 pada tingkat Program Pascasarjana. Merujuk pada Renstra UM, Renstra Program Pascasarjana 2012-2016 menyelenggarakan lima sasaran utama, yaitu (1) penyediaan layanan akademik program studi, (2) penyediaan dosen dan tenaga kependidikan yang bermutu, (3) pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, (4) penyediaan layanan kelembagaan, dan (5) dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya. Program Studi S2 PAUD ini dibentuk dalam rangka Memenuhi kebutuhan peningkatan kualiafikasi pendidikan S2 dalam bidang PAUD bagi masyarakat di wilayah Kota Malang dan Wilayah Indonesia bagian timur. Kebutuhan masyarakat dan stakeholder pendidikan PAUD telah banyak yang menyatakan kebutuhannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang PAUD. Pernyataan minat itu antara lain telah disampaikan secara formal kepada Rektor dan Direktur PPs UM maupun secara informal kepada calon-calon dosen yang berkompeten membina dan mengembangkan Program S2 PAUD di UM, dan permintaan kerjasama dari beberapa Pemerintah Daerah di Jawa Timur dan Indonesia kawasan timur untuk memberikan pendidikan S2 PAUD bagi putra daerah. Oleh karena itu, Universitas Negeri Malang sebagai salah satu LPTK tertua di Indonesia merasa terpanggil untuk menghasilkan tenaga dosen yang berkualitas, yang memiliki kompetensi yang memadai untuk mendidik para calon guru secara profesional di tingkat PAUD sesuai dengan komitmennya dan loyalitasnya untuk mewujudkan pendidikan nasional.

  • Visi program studi S2 Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini untuk 10 tahun mendatang adalah menjadi program studi yang unggul dan menjadi rujukan bagi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan penerapan ilmu serta teknologi dalam bidang pendidikan anak usia dini untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berkualitas, berbudaya, kreatif, dan mandiri. 

  • Tujuan Prodi S1 PAUD UM adalah untuk menghasilkan tenaga pengembang dan tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini yang menguasai berbagai perspektif filosofis, teoretis dan praktis dalam memecahkan problematika pendidikan PAUD dan pengembangannya bagi kehidupan kemanusiaan. Sejalan dengan ini, maka program S2 PAUD Universitas Negeri Malang memiliki misi sebagai berikut.

    1. Menyelenggarakan pendidikan magister Program Studi S2 PAUD yang berkualitas, bermartabat dan bermanfaat bagi stakeholder pendidikan anak usia dini.
    2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan pengembangan ilmu dalam bidang PAUD untuk menghasilkan teori-teori, gagasan, dan argumentasi saintifik dalam bidang PAUD untuk memecahkan masalah di masyarakat atau dunia kerja.
    3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang PAUD untuk meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan anak usia dini.

  • Tujuan program penyelenggaraan Program Studi S2 PAUD di Univesitas Negeri Malang adalah untuk menghasilkan tenaga pengembang dan tenaga pendidik yang professional dalam bidang PAUD.

  • Lulusan Program Studi S2 PAUD di Univesitas Negeri Malang diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut.
    a. Mampu menjadi pendidik yang professional, bertindak dan berpikir arif dalam bidang pendidikan PAUD
    b. Mampu mengembangkan bahan ajar, metode dan model pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dalam bidang PAUD
    c. Mampu melakukan penelitian dan memecahkan masalah pembelajaran dalam bidang PAUD.
    d. Mampu membimbing penulisan tugas akhir dalam bidang PAUD.