S2 Manajemen

RASIONAL

Program Studi Magister (S2) Manajemen adalah salah satu pro­gram studi di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (Pascasarjana UM) yang bertujuan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang Manajemen. Program studi ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62/E/O/2012 tanggal 1 Maret 2012. Persaingan yang semakin ketat di era global telah mendorong perusahaan untuk segera berbenah diri dalam menciptakan keunggulan bersaing (competitive advantage). Selera konsumen yang selalu berubah perlu diantisipasi dengan strategi yang tepat baik dari aspek produk maupun layanan (services). Kepuasan konsumen adalah tujuan akhir yang ingin dicapai oleh semua jenis peru­sahaan baik yang bergerak dalam bidang manufkctur, dagang maupun jasa. Pascasarjana UM sebagai lembaga pendidikan yang peduli terhadap masa depan bangsa Indonesia merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi menciptakan sumberdaya manusia yang cerdas, trampil dan berwawasan masa depan yang lebih baik.

Sejak tahun 1999 UM telah memiliki Fakultas Ekonomi yang telah menghasilkan ratusan bahkan ribuan lulusan baik dari program studi pendidikan maupun non kependidikan. Program studi non kependidikan (murni) yang dimiliki Fakultas Ekonomi UM meliputi S1 Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, yang alumninya telah bekerja pada berbagai level perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Indone­sia. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa UM tidak hanya profesional dalam mencetak guru, tetapi juga professional dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang trampil dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Program studi S2 Manajemen ini didirikan dengan maksud membe­rikan kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan S1 Fakultas Ekonomi atau Fakultas lainnya yang ingin memiliki kompetensi yang kompetitif dalam bidang manajemen. Sumberdaya manusia yang memiliki kepekaan dalam membaca peluang bisnis, memiliki inovasi dan kreativitas dalam menciptakan keunggulan bersaing adalah idaman semua perusahaan baik pemerintah maupun swasta. Dalam menjalankan aktivitas pembelajaran­nya prodi S2 Manajemen UM telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan ternama di Indonesia untuk berkolaborasi dalam hal penyusunan kurikulum, pemanfaatan perusahaan sebagai laboratorium maupun pemanfaatan praktisi sebagai staf pengajar (guest lecturer). Dengan kerjasama yang baik tersebut diharapkan akan tercipta sumber­daya manusia yang profesional yang mampu bersaing baik dalam lingkup nasional maupun global.

 

VISI

Visi program studi S2 Manajemen adalah menjadi program studi yang  unggul  dan  menjadi  rujukan  bagi  penyelenggaraan  pendidikan, penelitian dan penerapan ilmu dan teknologi, khususnya dalam bidang manajemen  guna  mewujudkan  manusia  Indonesia  yang  berkualitas, kreatif dan mandiri.

 

MISI

Misi program studi S2 Manajemen adalah turut berpartisipasi da­lam meningkatkan mutu pendidikan nasional, khususnya dalam bidang Manajemen yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister (S2) bidang Manajemen dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang cerdas, trampil dan mampu bersaing baik pada lingkup regional, nasional maupun global.
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu serta pengab­dian kepada masyarakat dalam bidang manajemen sebagai wujud tanggungjawab sosial lembaga pendidikan tinggi untuk perkembang­an kehidupan dan kesejahteraan masyarakat luas.
  3. Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparansi dan pencitraan publik agar menjadi prodi S2 Manajemen yang handal dan akuntabel.

 

TUJUAN PROGRAM

Tujuan penyelenggaraan program studi S2 Manajemen adalah untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional dalam bidang manajemen dan bisnis, yang memiliki wawasan keilmuan yang kuat sesuai profesinya dan memiliki ketrampilan menerapkan keahliannya baik pada lembaga pemerintah maupun swasta.

 

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Studi S2 Manajemen diharapkan memiliki ke­mampuan sebagai berikut:

  1. Mampu mengembangkan ilmu manajemen dan bisnis sesuai tuntutan perkembangan masyarakat baik pada lingkup regional, nasional mau­pun internasional.
  2. Mampu melakukan penelitian dan memecahkan permasalahan bi­dang manajemen dan bisnis.
  3. Mampu menjadi manajer yang profesional yang mampu manjawab berbagai tantangan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis.
  4. Mampu mengembangkan sikap entrepreneurial baik dalam organisasi pemerintah maupun swasta.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,  dan  kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman  budaya,  pandangan,  agama dan  kepercayaan,  serta  pendapat,  atau  temuan  orisinal orang lain;
    6. Kerja sama  dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap  bertanggung  jawab  atas  pekerjaan  di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri; dan
    11. Menginternalisasi semangat  kemandirian,  kejuangan  dan kewirausahaan.
  2. Penguasaan Pengetahuan
    1. Menguasai filsafat ilmu dan konsep teoritis ilmu manajemen
    2. Menguasai konsep teoritis ilmu manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, entrepreneurship dan bisnis intenasional.
    3. Menguasai konsep teoritis metodologi penelitian dalam bidang manajemen
    4. Menguasai konsep manajerial yang responsive terhadap lingkungan bisnis global
  3. Ketrampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam bidang manajemen.
    2. Mampu mengembangkan ketrampilan manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, entrepreneurship dan bisnis intenasional.
    3. Mampu mengembangkan ketrampilan manajerial yang responsif terhadap lingkungan bisnis global
    4. Mampu mengembangkan ketrampilan mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, entrepreneurship dan manajemen bisnis intenasional untuk meningkatkan kinerja bisnis.
  4. Ketrampilan Khusus
    1. Mampu menghasilkan karya ilmiah dan teruji melalui riset untuk pemecahan masalah dalam bidang manajemen serta mempublikasikan hasilnya melalui jurnal nasional maupun international.
    2. Memiliki ketrampilan dalam bidang manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, entrepreneurship dan bisnis intenasional.
    3. Memiliki ketrampilan manajerial yang responsif terhadap lingkungan bisnis global.
    4. Memiliki ketrampilan mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah manajemen pemasaran, keuangan, sumberdaya manusia, entrepreneurship dan manajemen bisnis intenasional untuk meningkatkan kinerja bisnis.