S2 Keguruan Bahasa

VISI

Menjadi program studi magister yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang keguruan bahasa.

 

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang efektif, inovatif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  • Menyelenggarakan penelitian bidang keguruan bahasa dan sastra untuk mendukung pembelajaran bahasa.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang keguruan bahasa dan sastra.
  • Menyelenggarakan tatapamong program magister keguruan bahasa yang akuntabel transparan, adil, dan bertanggungjawab untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

TUJUAN

  • Menghasilkan magister keguruan bahasa dan sastra yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  • Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang keguruan bahasa.
  • Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan bahasa.
  • Menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

PROFIL LULUSAN

Lulusan yang kompeten dalam mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisipliner/multidisipliner, mengelola penelitian, mengelola program pembelajaran bahasa, dan menghasilkan teknologi inovatif bertaraf nasional/internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra. Profesi yang mencerminkan profil lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Pendidik bidang keguruan bahasa dan sastra,
  2. Peneliti atau ilmuwan bidang keguruan bahasa dan sastra,
  3. Konsultan atau pakar bidang keguruan bahasa dan sastra.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Untuk mencapai profil lulusan sebagaimana di atas, Prodi S2 Keguruan Bahasa menetapkan kompetensi utama yang harus dikuasai oleh lulusannya, yaitu:

  1. Mengembangkan konsep teoretis bidang keguruan bahasa dan sastra berdasarkan pemikiran logis, sistematis, kritis, kreatif, dan terkini.
    1. Konsep teoritis bidang pembelajaran bahasa dan sastra
    2. Konsep teoritis kebahasaan
    3. Konsep teoritis kesastraan
  2. Memecahkan masalah bidang keguruan bahasa dan sastra secara interdisipliner/multidisipliner pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
    1. Masalah pembelajaran bidang bahasa dan sastra
    2. Masalah kebahasaan
    3. Masalah kesastraan
  3. Merancang,melaksanakan, dan mengelola penelitian bidang keguruan bahasa dan sastra yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
    1. Merancang penelitian bidang keguruan bahasa dan sastra yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    2. Melaksanakan dan mengelola penelitian bidang keguruan bahasa dan sastra yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    3. Menulis laporan penelitian bidang keguruan bahasa dan sastra yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
  4. Menghasilkan karya ilmiah dan atau karya inovatif bidang keguruan bahasa dan sastra yang diakui secara nasional atau internasional.
    1. Menghasilkan karya ilmiah bidang keguruan bahasa dan sastra yang diakui secara nasional atau internasional
    2. Menghasilkan karya inovatif bidang keguruan bahasa dan sastra yang diakui secara nasional atau internasional
    3. Mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal nasional atau internasional

Untuk mencapai profil lulusan sebagaimana di atas, Prodi S2 Keguruan Bahasa menetapkan kompetensi penunjang/pendukung lulusannya, yaitu:

  1. Memahami dan memiliki kepekaan bahasa dan budaya dalam bidang bahasa dan sastra.
    1. Memahami bahasa dan budaya Indonesia
    2. Memahami bahasa dan budaya nusantara dan asing
    3. Mentransformasikan makna budaya nusantara atau asing ke dalam bahasa dan budaya Indonesia, atau sebaliknya.
  2. Mengembangkan, menghasilkan dan mengelola kemahiran berbahasa lisan dan tulis dalam bidang bahasa dan sastra.
    1. Mengembangkan, menghasilkan dan mengelola kemahiran berbahasa lisan
    2. Mengembangkan, menghasilkan dan mengelola kemahiran berbahasa tulis.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara Indonesia yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa secara mandiri; dan
    11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Pengetahuan
    1. Menguasai konsep bahasa dan konsep kompetensi kebahasaan,
    2. Menguasai konsep keterampilan berbahasa,
    3. Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa dan pembelajarannya,
    4. Menguasai konsep, prinsip metode, dan rancangan pembelajaran bahasa,
    5. Menguasai konsep, prinsip, metode, dan rancangan pengujian hasil pembelajaran bahasa,
    6. Menguasai konsep dan metodologi penelitian bahasa dan penelitian pembelajaran bahasa, dan
    7. Menguasai konsep pengembangan program pembelajaran bahasa.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya kesastraan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora pada bidang bahasa serta pembelajarannya,
    2. Mampu membangun konsepsi ilmiah dan hasil kajian bidang bahasa serta pembelajarannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan dalam bentuk karya tulis dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk forum pertemuan ilmiah tingkat nasional atau internasional;
    3. Mampu melakukan kajian bidang pendidikan bahasa dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    4. Mampu membangun ide, hasil pemikiran, dan argumen ilmiah yang bernilai inovatif secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, dan mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen ilmiahnya tersebut melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    5. Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang bahasa dan pembelajarannya dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
    7. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi baik pada tingkat nasional maupun internasional;
    8. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Keterampilan Khusus
    1. Terampil berbahasa lisan dan tulis secara efektif dan efisien yang mencerminkan olah pikir kritis dalam konteks keseharian/umum, pekerjaan, dan akademis;
    2. Mampu memahami hakekat bahasa serta pembelajarannya melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif yang dikembangkan secara konseptual dan teruji secara empiris;
    3. Mampu mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan kebahasaan dan pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
    4. Mampu mengelola dan mengembangkan penelitian kebahasaan dan pembelajarannya yang memberikan kontribusi bagi pengembangan kebahasaan di masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional;
    5. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum; dan
    6. Mampu mengembangkan jaringan komunikasi yang efektif dan efisien, dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi keguruan bahasa.