Keguruan Bahasa Arab

Visi

Menjadi program studi magister unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang keguruan bahasa Arab.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang keguruan bahasa Arab yang temuannya bermanfaat bagi pengem­bangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang keguruan bahasa Arab yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong program studi magister keguruan bahasa Arab yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan magister keguruan bahasa Arab yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang keguruan bahasa Arab;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan bahasa Arab untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera; dan
  4. Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan bidang keguruan bahasa Arab.

 

Profil dan Standar Kompetensi Lulusan

Profil lulusan program studi magister keguruan bahasa Arab adalah menjadi pendidik/ilmuwan yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisipliner/multidisipliner, mengelola penelitian, dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional/internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan standar kompetensi lulusan program studi ini adalah:

  1. Mengembangkan konsep teoretis dan menghasilkan karya inovatif dan teruji bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Memecahkan masalah pendidikan bahasa Arab secara inter­disipliner/multidisipliner;
  3. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar, menengah, pendidikan tinggi secara tepat;
  4. Merancang, melaksanakan, dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional;
  5. Memublikasikan hasil penelitian tesis/bentuk lain yang setara dalam terbitan berkala ilmiah nasional (yang memenuhi syarat untuk diajukan akreditasi terbitan berkala ilmiah), prosiding seminar internasional, atau berkala ilmiah internasional;
  6. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggung­jawab­kan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat, terutama masyarakat akademik; dan
  7. Mengembangkan bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi secara tepat.

 

Capaian Pembelajaran

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri; dan
    11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Penguasaan Pengetahuan
    1. Menguasai filsafat ilmu serta konsep-konsep teoretis kebahasaan Arab, pembelajaran, dan metodologi penelitian bahasa Arab;
    2. Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa Arab;
    3. Menguasai konsep pengembangan dan pembinaan bahasa Arab dan pembelajarannya; dan
    4. Menguasai konsep pengembangan kurikulum bahasa Arab dan pembelajarannya.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bahasa Arab serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentasi ilmiah tingkat nasional atau internasional;
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan bahasa Arab dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan, bahasa Arab, dan pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang bahasa Arab dan pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
    7. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

  1. Keterampilan Khusus
    1. Terampil berbahasa Arab secara lisan dan tulis dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
    2. Mampu mendalami bahasa Arab serta pembelajarannya melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji;
    3. Mampu memecahkan permasalahan bidang bahasa Arab dan pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
    4. Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional;
    5. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang bahasa Arab serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum; dan
    6. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.