S2 Pendidikan Dasar

RASIONAL PROGRAM

Program studi S2 Pendidikan Dasar adalah salah satu program studi di PASCASARJANA Universitas Negeri Malang yang memiliki 8 konsentrasi yaitu Guru Kelas Sekolah Dasar, PAUD, IPS Pendidikan Dasar, IPA Pendidik­an Dasar, Matematika Pendidikan Dasar, Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar, PPKn Pendidikan Dasar dan PLB Pendidikan Dasar . Program studi ini didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor 1774/D/T/2009 tanggal 5 Oktober 2009 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dasar S-2 pada Universitas Negeri Malang dan Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Konsentrasi/Keahlian pada Program Studi Magister (S2) Pendi­dikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Sebelum prodi ini berdiri, PASCASARJANA UM telah memiliki 2 prodi ke SD-an yaitu S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan S2 Matematika Sekolah Dasar yang didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 129/DIKTI/Kep/1996 dan Nomor 136/DIKTI/Kep/1996. Dengan berdiri­nya prodi S2 Pendidikan Dasar ini, kedua prodi tersebut bergabung dan sekaligus merupakan embrio prodi S2 Pendidikan Dasar.

Program Studi S2 Pendidikan Dasar ini dibentuk dalam rangka menyongsong kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan pada tingkat pendidikan dasar. Jumlah sekolah yang banyak pada tingkat pendidikan dasar di Indonesia perlu dibarengi dengan kualitas guru yang memadai. Untuk itu Universitas Negeri Malang sebagai salah satu LPTK tertua di Indonesia merasa terpanggil untuk menghasilkan tenaga dosen yang berkualitas, yang memiliki kompetensi yang memadai untuk mendidik para calon guru di tingkat pendidikan dasar tersebut. Perkembangan ilmu dan teknologi yang selalu berubah perlu disikapi secara arif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Komitmen dan loyalitas guru sebagai tenaga pendidik perlu dibentuk guna mengantisipasi segala bentuk perubahan untuk mewujud­kan cita-cita pendidikan nasional.

 

VISI

Menjadi program studi magister unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan dasar.

 

MISI

Turut berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan dasar. Sejalan dengan konsepsi pokok tersebut, maka misi Program Magister  Pendidikan Dasar ini sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran magister pendidikan dasar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu serta pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar.
  3. Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tatakelola, transparansi, dan pencitraan publik agar menjadi program studi magister pendidikan dasar yang handal dan akuntabel.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan magister pendidikan dasar yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang pendidikan dasar;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar; dan
  4. Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan bidang pendidikan dasar.

 

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

Profil lulusan program studi magister pendidikan dasar adalah menjadi peneliti/pendidik dalam bidang pendidikan dasar yang mampu mengembangkan teori, memecahkan masalah secara interdisipliner/multidisipliner, mengelola penelitian, dan menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional/internasional dalam bidang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar.

Standar kompetensi lulusan program studi magister pendidikan dasar ini sebagai berikut.

  1. Mengembangkan konsep teoretis dan menghasilkan karya inovatif dan teruji bidang pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan dasar berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Memecahkan masalah pendidikan dasar secara inter­disipliner/multidisipliner;
  3. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan dasar secara tepat;
  4. Merancang, melaksanakan, dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional;
  5. Memublikasikan hasil penelitian tesis/bentuk lain yang setara dalam terbitan berkala ilmiah nasional (yang memenuhi syarat untuk diajukan akreditasi terbitan berkala ilmiah), prosiding seminar nasional/internasional, atau berkala ilmiah nasional/internasional;
  6. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggung­jawab­kan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat, terutama masyarakat akademik; dan
  7. Mengembangkan bidang pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan dasar secara tepat.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain;
    6. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan;
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan dasar secara mandiri; dan
    11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  1. Pengetahuan
    1. Menguasai landasan pendidikan serta konsep-konsep teoretis dalam bidang pendidikan dasar, pembelajaran, dan metodologi penelitian dalam bidang pendidikan dasar;
    2. Menguasai konsep pengembangan kurikulum bidang pendidikan dasar dan pembelajarannya.
    3. Menguasai konsep desain dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan dasar secara inter atau multidisipliner dalam bentuk proposal tesis
    4. Menentukan teori dan konsep bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dasar dalam penelitian dan menyusun tesis secara inter atau multidisipliner.
    5. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dasar secara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional.
    6. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum nasional atau internasional.
    7. Menguasai konsep pendidikan dan pembelajaran di bidang pendidikan dasar untuk mengembangkan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan dasar serta pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah tingkat nasional atau internasional atau berbentuk presentasi ilmiah tingkat nasional atau internasional;
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan dasar, dan pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang pendidikan dasar dan pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
    7. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Keterampilan Khusus
    1. Mampu mendalami bidang pendidikan dasar serta pembelajarannya melalui riset untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji;
    2. Mampu memecahkan permasalahan bidang pendidikan dasar dan pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian;
    3. Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan keilmuan, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional;
    4. Mampu mengambil keputusan berdasarkan kajian penelitian di bidang pendidikan dasar serta mengomunikasikan ide secara efektif dalam berbagai media kepada masyarakat seprofesi atau lingkungan yang sesuai atau masyarakat umum;
    5. Mampu mengidentifikasi kasus bidang pendidikan dasar, merancang pemecahan kasus, dan melaporkan secara mandiri berdasarkan pengalaman lapangan. dan
    6. Mampu berkomunikasi dan berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan profesi.