S3 Teknologi Pembelajaran

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (S3) TEP

Sandi dan Nama Matakuliah

Kate­gori

Sks

Semester

1

2

3

4

5

6

I.       Mata Kuliah Teori (22 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

1.  Landasan Keilmuan & Pendidikan (DIP)  (12  sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

DIP901 Filsafat Ilmu  *)

S/M/R

2/2

X

 

 

 

 

 

DIP902 Filsafat Pendidikan *)

S/M/R

2/2

X

 

 

 

 

 

DIP911 Psik. Pendidikan Lanjut***)

S/M/R

3/3

 

X

 

 

 

 

DIP903 Desain Penelitian & Analisis Data

S/M/R

4/4

X

 

 

 

 

 

DIP921 Wawasan Pendidikan *)

S/M/R

3/3

 

X

 

 

 

 

Jumlah

 

12

6

6

 

 

 

 

2. Spesialisasi Bidang Studi (BSS) (10 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

DIK922 Evaluasi Program Pembelajaran

S/M/R

2/3

 

X

 

 

 

 

TEP931 Teori & Model dalam TEP

S/M/R

2/3

X

 

 

 

 

 

TEP932 Studi Mandiri I : Kajian Konseptual-Teoritik

S/M/R

2/3

X

 

 

 

 

 

TEP933 Studi Mandiri II : Kajian Literatur

S/M/R

2/3

 

X

 

 

 

 

TEP934 Studi Mandiri III :Kajian Metodologis

S/M/R

2/3

 

 

X

 

 

 

Jumlah

 

10

6

5

2

 

 

 

II. Disertasi (P/B/L) (28 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

Cakupan Kegiatan:

 

 

 

 

 

 

 

 

DIS950 Disertasi

 

28

 

 

 

 

 

 

DIS951 Seminar: Kajian & Analisis Hasil Penelitian (BS)

S/M/R

0/4

 

X (4)

 

 

 

 

DIS952 Seminar : Rancangan Penelitian (BS)

S/M/R

0/4

 

 

X (4)

 

 

 

Bimbingan Penulisan dan Ujian Disertasi (BS)

S/M/R

 

 

 

X

X

X

X

Jumlah Total

 

50

12

11

2

 

 

 

Keterangan:

(M)         : Mencakup kuliah dan atau tutorial

S/M/R    : Pilih yang sesuai

BS           : Bidang Studi

  • : Program studi (PS) pilih salah satu, mahasiswa dapat mengambil dua-duanya.

**           : Untuk PS rumpun Pendidikan (dan yang  membutuhkan).

*              : Untuk PS rumpun non-Pendidikan (dan yang  membutuhkan)

 

 

Struktur Matakuliah Matrikulasi

Matakuliah Matrikulasi

Kategori

1

2

3

4

5

MTR Teknologi Pembelajaran

Matrik*

2

X

MTR Psikologi Pembelajaran

Matrik*

2

X

 

MTR Media Pembelajaran: Desain & Produksi

Matrik*

3

 

X

MTR Desain Pembelajaran: Teori & Terapan

Matrik*

3

X

 

 

COURSE DESCRIPTION DOCTORATE DEGREE

 

DIK922 Evaluasi Program Pengajaran (2 sks/3 js)

Melakukan kajian tentang konsep dasar, model dan prosedur penilaian program pengajaran dan kurikulum.Kupasan terhadap kebijak­an dan praktek-praktek pengembangan dan pelaksanaan kurikulum yang sedang berjalan dan implikasinya terhadap penilaian unjuk kerjanya.Mencakup juga bahasan prosedur penelitian, penilaian dan tinjauan terhadap hasil-hasil penelitian penilaian yang berkaitan.

 

DIK922 Instructional Program Evaluation (2 credit hours)

This course is designed to provide student(s) toexamine basic concept, model and procedure of evaluating instructional program and curriculum. Study of policy and development practices and on going curriculum implementation and the implication upon performance evaluation. Materials also include research and evaluation procedure, and review of related evaluation research results.

 

TEP931 Teori dan Model dalam Teknologi Pembelajaran (2 sks/3 js)

Membahas teori-teori dan model-model dalam pengembangan sistem pembelajaran.Tekanan diletakkan pada usaha untuk memahami landasan yang dipergunakan dalam pembentukan teori dan model-model tersebut serta menemukan kelemahan-kelemahannya. Kajian ini dilakukan dengan maksud agar mahasiswa menguasai landasan teoritik dan konseptual yang mendasari proses kegiatan pengembangan pembe­lajaran.

 

TEP931 Theories and Models in Instructional Technology (3 credit hours)

This course is designed to provide student(s)examine theories and models in instructional technology. Course emphasizes on understanding foundation of the theories and models and the weakness of them. The study is conducted in theoritecal and conceptual ways with which the students understand and master those theories and models laying the process of instructional development activities.

 

TEP932Studi Mandiri I: Teknologi Pembelajaran (2sks/3 js)

Mengkaji secara kritis issu dan masalah-masalah pengembangan pembelajaran, atau produksi media pembelajaran di sekolah maupun di luar konteks sekolah.Bahasan dan telaah dilaksanakan dalam format seminar atau tutorial yang berpusat pada beberapa pokok tertentu yang ingin didalami mahasiswa.Tema kajian, termasuk tugas-tugas bacaan ditentukan bersama oleh dosen dan mahasiswa.Tema ini sebaiknya berkaitan dengan masalah penelitian untuk keperluan penyusunan disertasi.

 

TEP932Independent Study I (2/3 credit hours)

This course is designed to provide student(s)to study critical issues and instructional development problems or instructional media production in and out of school context. Instructional discourse is conducted in the forms of seminar or tutorial focing on several topics will be learnt by students. Themes, include reading materials, are by agreement between lecturer and the students. Related themes with dissertation proposal are needed.

 

TEP933Studi Mandiri II: Teknologi Pembelajaran (2 sks/3 js)

Mengkaji berbagai hal yang masih ada kaitannya dengan mata kuliah kode TEP733, selain itu dalam Studi Mandiri II ini pusat perhatian diberikan pada masalah adopsi teknologi dalam bidang pengajaran serta pengelolaan sumber-sumber belajar atau topik-topik lain sesuai dengan perhatian dan kebutuhan mahasiswa.Mahasiswa dituntut menyusun makalah sebagai usaha untuk mengintegrasikan bahan-bahan yang telah dibaca.

 

TEP933Independent Study II (2 credit hours)

The study is focused on the interrelated materials of course TEP632. Besides, the course examines the problems of technology adoption in the realm of instruction and learning resources or other suitable topics with student’s need. The students is required to write paper as tools of integrating reviewed materials.

 

TEP934Studi Mandiri III: Teknologi Pembelajaran (2 sks/3 js)

Mengkaji secara mendalam suatu topik dalam bidang teknologi pendidikan seperti: Pengembangan teori-teori pengajaran, perencanaan dan pengembangan pengajaran, pengembangan media pembelajaran (film, video, radio, televisi), pengelolaan sumber dan media pembelajar­an, atau topik-topik lain pilihan mahasiswa sendiri dengan persetujuan pengajar. Mahasiswa mengumpulkan informasi mengenai topik yang dibahas, baik berupa informasi teoretik maupun informasi empirik dan kemudian menganalisis dan mengolahnya dalam suatu karya tulis sebagai laporan akhir.

 

TEP934Independents Study III (2 credit hours)

This course is designed to provide student(s)a comprehensive study of a certain topic in educational technology/instructional, such as: theories of instructional development, instructional design and development, instructional media development (fim, video, radio, television), instructional resource and media management, or other selected topics in accordance with student’s selection by agreeing the lecturer. The students select and determine the topics both emperical and theoretical information, then analyze and process them to be a final report.

 

DIS951 Seminar: Kajian dan Analisis Hasil Penelitian(FS) 0/4 sks/js

Mengkaji berbagai kajian dan hasil-hasil penelitian yang terkait dan relevan dengan bidang TEP dan minat mahasiswa.Selanjutnya, mahasiswa merencanakan, memilih, dan menentukan topik-topik yang untuk dianalisis, dikritisi dan disajikan dalam forum diskusi kelas.

 

DIS951 Seminar: Review&Research Analysis (FS) 0/4 sks/js

This course is designed to provide student(s)to review and examine articles and research results in terms of Educational and Instructional Technology, and also associates with student’s interest. Students further plan, select and decide to a certain topic to be analyzed, critized and addressed in classroom discussion.

 

DIS952 Seminar: Rancangan Penelitian (FS) 0/4 sks/js

Memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar mampu mengorganisasi ide-ide, gagasan-gagasan menjadi rencana usulan atau rancangan penelitian disertasi. Usulan penelitian disertasi didasarkan pada kajian rasional, konseptual, teoretik-empirik secara utuh menggambarkan pemikiran kritis mahasiswa yang pada gilirannya akan menghasilkan produk ilmiah yang secara sistematik, logis, dan komprehensif.

 

DIS952 Seminar: Research Design(FS) 0/4 sks/js

Students are expected to be able to organize their ideas into a  research design of dissertation. The design is based on the rational, conceptual, theoretical-empirical study comprehensively depicting student’ critical thinking for further yielding a systematic, logic, and comprehensive scientific product.

 

DIS950 Disertasi  (BS) 

            Disertasi ini merupakan sebuah produk akhir karya ilmiah yang dihasilkan oleh seorang mahasiswa, setelah menyelesaikan seluruh proses belajarnya. Sebagai produk akhir karya ilmiah mahasiswa tingkat doctoral, disertasi ditulis dengan memenuhi kaidah-kaidah dan prinsip-prinsip ilmiah.

 

DIS950 Dissertation (BS) 28 sks/js

Dissertation is a complete and scholarly composition produced in terms of final study, as  a result of all student’s learning process. The dissertation is fully written employing a scientific rules and priciples of  writing composition.