S3 Psikologi Pendidikan

STRUKTUR KURIKULUM

Dalam usaha untuk membentuk kompetensi yang telah dikemukakan, dirancang struktur kurikulum sebagai terlihat pada tabel berikut. Berdasarkan Peraturan Rektor nomor 20 th 2013 tentang Pedoman Pendidikan UM, kelompok MK Program Pendidikan Akademik Doktor meliputi:

  1. program perkuliahan, penelusuran akademik, dan interaksi akademik yang meliputi seminar, pertemuan profesional dan penelitian;
  2. disertasi.

 

Tabel 1. Kurikulum Program Doktor (S3) Psikologi Pendidikan

Sandi dan Nama Matakuliah

sks

js

Semester

1

2

3

4

5

6

I. PROGRAM PERKULIAHAN, AKADEMIK & INTERAKSI AKADEMIK (27 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Landasan Keilmuan & Pendidikan (DIP)

 

 

 

 

 

 

 

 

DIP901 Filsafat Ilmu

2

2

X

 

 

 

 

 

DIP902 Filsafat Pendidikan

2

2

X

 

 

 

 

 

DIP921 Wawasan Pendidikan

2

3

 

X

 

 

 

 

DIP911 Psikologi Pendidikan Lanjut

2

3

X

 

 

 

 

 

DIP903 Desain Penel. & Analisis Data

3

4

X

 

 

 

 

 

DIP904 Metodologi Penelitian Kualitatif

3

3

 

X

 

 

 

 

Sub-jumlah

14

 

 

 

 

 

 

 

2. Spesialisasi Bidang Studi

 

 

 

 

 

 

 

 

PSP922 Psikologi Lintas Budaya

2

3

 

X

 

 

 

 

PSP931 Teori & Model dalam Psi. Pend.

2

3

X

 

 

 

 

 

PSP 932 Studi Mandiri I: Psi. Pend.

3

3

X

 

 

 

 

 

PSP 933 Studi Mandiri II: Psi. Pend

3

3

 

X

 

 

 

 

PSP 934 Studi Mandiri III: Psi. Pend.

3

3

 

 

X

 

 

 

Sub-jumlah

13

 

 

 

 

 

 

 

II. DISERTASI (DIS) (28sks)

28

 

 

 

 

 

 

 

Cakupan Kegiatan:

 

 

 

 

 

 

 

 

1. DIS950 Seminar Kajian & Analisis Penelitian bidang Psikologi Pendidikan

0

4

 

X

 

 

 

 

2. DIS951 Seminar Usulan Penelitian

0

4

 

 

X

 

 

 

3. Bimbingan usulan & disertasi

0

4

 

 

X

X

X

X

4. DIS952 DISERTASI (28 sks)

28

28

 

 

X

X

X

X

Jumiah sks

55

1

4

10

10

7

7

7

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

DIP901 Filsafat llmu (2 Sks/2 Js)

Matakuliah filsafat ilmu ini memiliki tujuan mengembangkan kompetensi kritis mahasiswa tentang filsafat ilmu terkait dengan Psikologi pendidikan. Materi matakuliah ini meliputi: Pengertian filsafat, epistemologi, filsafat ilmu, filsafat ilmu Psikologi, hakekat ilmu, hakekat ilmu Psikologi pendidikan, dan persoalan-persoalan filsafat ilmu dalam ilmu Psikologi pendidikan (metode penelitian dalam Psikologi pendidikan; ilmu Psikologi pendidikan, nilai dan kesejahteraan manusia; perkembangan teori/paradigma dalam ilmu Psikologi pendidikan; perkembangan Psikologi pendidikan di abad 21), dan perspektif filsafat ilmu dalam Psikologi pendidikan di Indonesia.

 

DIP902 Filsafat Pendidikan (2 sks/2js)

Membahas isu-isu filosofis dalam pendidikan khususnya untuk memformulasi dan menjustifikasi teori-teori dan praktik-praktik pendidikan; berbagai dimensi kenyataan, dimensi modalitas, individualitas, tempora- litas, dan dimensi kausalitas untuk memperkaya wawasan keilmuan pendi- dikan serta membantu pemahaman akan konsep demokrasi, kebebasan akademik/intelektual, ekuilitas, ekuitas, pengalaman, kontrol sosial; serta ber- bagai pendekatan pedagogis dalam rangka penyusunan program pendidikan yang berterima secara filosofis.

 

DIP911 Psikologi Pendidikan Lanjut (3sks/3js)

Perkuliahan ini dirancang untuk mendorong mahasiswa memiliki pengalaman kegiatan belajar yang utuh yang memungkinkan — acquiring knowledge,  refining  knowledge,  and  applying  knowledge  contextually bidang Psikologi pendidikan. Perkuliahan membahas konsep-konsep dan prinsip-prinsip pokok beberapa paradigma dan/atau aliran dan/atau teori Psikologi seperti behaviorisme, kognitivisme, humanisme, serta kemungkinan-kemungkinan penerapannya dalam pendidikan khususnya proses belajar-mengajar, bimbingan dan konseling, manajemen pendidikan dan kegiatan pendidikan lainnya. Perkuliahan ini memadukan eksposisi oleh fasilitator dan tugas-tugas terstruktur untuk mahasiswa yang dimulai dengan (1) chapter reports sampai dengan tugas akhir semester yang berupa (2) makalah terapan. Disamping itu mahasiswa dituntut juga (3) presentasi dan interaksi dalam kelas baik dengan fasilitator maupun dengan rekan sekelas. Tekanan diberikan pada pengenalan dan pemahaman prinsip-prinsip fundamental suatu kerangka teoritik serta kemampuan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam pemecahan masalah dalam konteks pendidikan dan pembelajaran dalam arti yang luas.

 

DIP903 Desain Penelitian dan Analisis Data (4 sk/4js)

Mempelajari beberapa modus serta alternatif pola penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan seperti penelitian eksperimen, penelitian pengembangan model teoritik, penelitian pengembangan, penelitian tindakan atau pola lain. Pada saat mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memilih satu masalah penelitian yang kemudian dikembangkan menjadi rancangan penelitian awal untuk disertasinya. Matakuliah ini juga mempelajari teknik-teknik pengolahan data penelitian yang relevan dengan kebutuhan penulisan disertasi. Mahasiswa mempelajari dan berlatih mengentri data serta menggunakan teknik statistik lanjut untuk keperluan penulisan disertasi, meliputi uji asumsi analisis parametrik, uji reliabilitas instrumen, uji validitas instrumen dengan analisis faktor eksploratori dan konfirmatori, analisis multivariat seperti regresi ganda, analisis jalur, manova dan permodelan (structural equation modeling), dan beberapa teknik non- parametrik yang dibutuhkan. Perkuliahan menggunakan paket program computer SPASS dan LISREL. Mahasiswa dapat memperdalam teknik analisis statistik lanjut atau teknik analisis data kualitatif sesuai kebutuhan.

 

DIP 904 Metodologi Penelitian Kualitatif (3 sks/3 js)

Mempelajari penelitian kualitatif untuk menguasai arti, karakteristik & prinsip, prosedur, jenis umum serta beberapa jenis & tipe khusus penelitian kualitatif. Berdasarkan penguasaan itu, diharapkan mahasiswa kompeten menyusun proposal disertasi dengan pendekatan kualitatif di bidang Psikologi pendidikan. Di dalamnya mahasiswa terampil mendeskripsikan konteks dan problematika penelitian, memilih tipe penelitian kualitatif dengan pertimbangan tepat, memilih teknik dan melaksanakan pengumpulan data yang sesuai dengan tipe yang dipilih, mahir ‘menyatukan diri’ dengan ‘teknik’ pengumpulan data, terampil menganalisis secara interpretif, memaparkan hasil, menyusun laporan dan menunjukkan keterpercayaan (atau ‘validitas’) prosedur dan hasil-hasil penelitian. Mahasiswa diharapkan mengembangkan sikap yang kondusif terhadap penelitian kualitatif yaitu menghargai daya atau power yang ada pada ‘pandangan emik’ (emic view), dengan cara respek terhadap pemikiran subjektif para subjek terteliti, akrab dan hangat menjalin hubungan sosial, jujur, terpercaya, dan peduli terhadap subjek terteliti; juga mengembangkan sikap menghargai serta mengembangkan kompetensi memakai hasil-hasil penelitian kualitatif untuk keperluan studi dan aktivitas profesional bidang Psikologi pendidikan. Perkuliahan diakhiri dengan tugas penyusunan proposal penelitian kualitatif yang bisa menjadi calon penelitian disertasi bidang Psikologi pendidikan.

 

DIP921 Wawasan Pendidikan (3 sk/3 js)

Perkuliahan ini memberikan pengalaman kegiatan belajar  berkenaan peran pendidikan formal dalam memberikan kontribusi mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional yakni meningkatkan kualitas manusia Indonesia sebagai Individu-Warga Masyarakat yang produktif dan sejahtera, serta sebagai warga masyarakat yang peduli kemaslahatan umum. Pada gilirannya, agar mahasiswa dapat memberi urunan bagi pengembangan   pendidikan   di   tanah   air,   dan   diharapkan mampu menempatkan diri dalam konteks jaringan kerja dengan berbagai pakar dalam berbagai bidang. Untuk keperluan tersebut, mata kuliah Wawasan Pendidikan ini menyediakan peta konseptual permasalahan pendidikan pada 3 tataran, yaitu tataran mikro, tataran organisasi, dan tataran makro itu sendiri, termasuk peluang dan kewajiban masing-masing pakar untuk memberikan urunan sesuai dengan bidang spesialisasinya.

 

DIP922 Psikologi Lintas Budaya (3 sks/3js)

Matakuliah ini bertujuan untuk memahami bagaimana individu dalam konteks lintas budaya berfikir, merasa dan berperilaku. Memahami bagaimana berbagai proses Psikologi seperti dalam diri dan kepribadian, emosi, motivasi dan perilaku, kognisi, persePascasarjanai dan kesadaran, kecerdasan, berfikir kritis, perkembangan manusia dan sosialisasi, interaksi sosial sangat dipengaruhi oleh budaya dan bervariasi dalam berbagai budaya dan kelompok etnik. Bahasan dan kajian juga mencakup aplikasi temuan penelitian Psikologi lintas budaya dalam latar pendidikan/sekolah. Pada akhir matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi variasi lintas budaya dari proses Psikologi dalam seting pendidikan, dengan penekanan pada meningkatkan sensitifitas budaya dan mendorong mahasiswa untuk mengembangkan daya fikir kritis dalam penelitian lintas budaya dan memikirkan aplikasinya dalam setting pendidikan di Indonesia.

 

DIP931  Teori  dan  Model  dalam  Psikologi  Pendidikan  (2 sks/3js)

Mengkaji paradigma/teori dan model Psikologi sebagai acuan dalam memahami dan menjelaskan gejala dan proses Psikologis tertentu. Kajian meliputi pendekatan behavioristik, kognitif, humanistik, dan konstruktivistik, serta implikasinya di bidang pendidikan. Hasil kajian diharapkan menjadi acuan dalam menyusun proposal penelitian dalam bidang yang diminati mahasiswa, baik pada latar/setting pendidikan formal sekolah maupun lembaga pendidikan formal lainnya. Kajian teori dan model menjelaskan secara teoritik hubungan antar variabel yang diteliti atau memberi penjelasan teoritik tentang fokus penelitian secara komprehensif, dan didukung oleh kajian penelitian- penelitian terdahulu. Kegiatan perkuliahan mencakup presentasi teori dan model dan hasil penelitian sesuai topik kajian yang diminati mahasiswa untuk dibahas di kelas. Topik-topik teori dan model diambil dari buku teks, dan kajian-kajian penelitian diambil dari jurnal yang relevan. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan mendeskriPascasarjanaikan teori dan model dari topik kajian yang diminatinya pada bidang Psikologi pendidikan dengan dukungan teoritik dan temuan penelitian yang relevan.

 

DIP932 Studi Mandiri I: Psikologi Pendidikan (3 sks/3js)

Mengkaji secara kritis permasalahan paradigmatik/teoritik atau penerapan pelbagai kajian Psikologi pendidikan seperti perkembangan kognitif, perkembangan sosial-emosional, pengukuran dan sebagainya. Pokok-pokok kajian disesuaikan dengan minat mahasiswa. Setiap mahasiswa mendalami satu pokok kajian yang ditetapkan bersama dosen-mahasiswa, dan seyogyanya merupakan permasalahan penelitian untuk keperluan penyusunan disertasi. Kajian mendalam mahasiswa terhadap permasalahan tersebut menggunakan satu atau beberapa aliran/paradigma  atau satu keluarga ancangan Psikologi tertentu sebagai pusat perhatian kajian spesialisasinya di bidang atau terkait dengan Psikologi pendidikan. Kegiatan perkuliahan mencakup presentasi topik-topik permasalahan teoritik dan terapan Psikologi pendidikan untuk dibahas di kelas. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mendeskriPascasarjanaikan suatu permasalahan dengan dukungan teoritik, temuan penelitian yang relevan, serta data empiris, yang diminatinya untuk diteliti lebih lanjut menjadi disertasi, utamanya untuk bab 1 (pendahuluan) dan bab 2 (kajian/tinjauan pustaka).

 

DIP933 Studi Mandiri II: Psikologi Pendidikan (3 sks/4 js)

Perkuliahan ini merupakan pertemuan tatap muka yang merupakan kelanjutan dari studi mandiri I sebelumnya yang diarahkan untuk menghasilkan produk berupa naskah awal rencana disertasi. Berbagai kegiatan yang telah dimulai sebelumnya (problem sensing) dimana mahasiswa dengan berbagai kajian teoritik dan riset serta pengamatan di lapangan mulai merasakan adanya persoalan yang nyata — dilanjutkan ke tahap problem exploration and analysis dimana  mahasiswa mengeksplorasi lebih jauh permasalahan yang telah diidentifikasinya sesuai dengan bidang spesialisasi masing-masing mahasiswa, dan ke problem possing dimana mahasiswa sudah mampu memformulasikan permasalahan dalam konteksnya masing-masing disertai dengan saran pendekatan, prosedur dan kriteria keberhasilan dan bagaimana memverifikasinya. Dan kemudian kajian lebih diarahkan kepada penguatan teori dan kajian temuan penelitian untuk penulisan disertasi. Pada   akhir   kuliah/studi   mandiri   2   dihasilkan   bahan-bahan   bagi penyusunan  disertasi  untuk bab  1  (pendahuluan)  dan  terutama  bab  2 (kajian/tinjauan pustaka).

 

DIP934 Studi Mandiri III: Psikologi Pendidikan (3 sks/4 js)

Merupakan matakuliah lanjutan atau pemantapan studi mandiri I dan II yang dimaksudkan sebagai wadah kegiatan belajar  mahasiswa untuk secara mandiri, di bawah bimbingan dosen, melakukan kajian mendalam atas satu atau beberapa paradigma/aliran atau satu keluarga ancangan tertentu sebagai pusat perhatian kajian spesialisasinya di bidang atau terkait dengan Psikologi pendidikan. Pokok kajian dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya, melalui konsultasi dengan dosen atas persetujuannya, kemudian dikaji dan dikembangkan untuk penggunaan- nya pada latar sekolah, khususnya jenjang persekolahan, guru, kelompok sasaran didik tertentu dan atau subjek-subjek yang terlibat dalam perse- kolahan. Pengalaman belajar mencakup kajian segi-segi masalah, kajian paradigma teoritik dan temuan penelitian yang mendukung,  kerangka pikir penelitian, metode penelitian, dan dimungkinkan pula pengembang- an instrumen yang diperlukan, yang berkaitan dengan minat mahasiswa dalam penelitian disertasi di bidang Psikologi pendidikan. Mahasiswa menggarap proyek perencanaan penelitian yang keluaranya adalah dihasilkannya suatu proposal disertasi (bab 1, bab 2 dan bab 3) yang siap dikaji dan diuji lanjut dalam suatu seminar proposal, atau bahkan dilaksanakan di lapangan.

 

DIS960 Seminar Kajian dan Analisis Penelitian (0 sks/4 js)

Mengkaji dan menganalisis secara kritis teori, model, metode penelitian dan hasil-hasil penelitian yang relevan dengan bidang Psikologi pendidikan. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas kepada mahasiswa untuk menganalisis 50 buah jurnal atau laporan penelitian dengan topik sesuai bidang kajian yang diminatinya  untuk disajikan dalam seminar kelas.  Analisis penelitian mencakup juga keterkaitan antara hasil penelitian dengan rencana penelitian disertasi mahasiswa. Kegiatan menganalisis laporan penelitian dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman substantif mahasiswa terhadap hasil-hasil penelitian, serta dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan model penelitian disertasinya. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu merumuskan model penelitian disertasi dengan dukungan dari aspek-aspek jurnal atau laporan penelitian yang sudah dianalisis, pada kajian yang diminati di bidang Psikologi pendidikan. Penilaiannya adalah Lulus (L) dan Tidak Lulus (TL).

 

DIS651 Seminar Usulan Penelitian (BS) (0 sks/4 js)

Peserta perkuliahan menyeminarkan usulan penelitian untuk penulisan disertasi sesuai minat spesialisasinya di bidang Psikologi pendidikan. Melalui seminar ini usulan penelitian mahasiswa semakin disempurnakan dan dimantapkan. Hasil akhir dari seminar ini adalah usulan penelitian yang disetujui oleh promotor yang merupakan prasyarat untuk mengikuti ujian kualifikasi. Penilaiannya adalah Lulus (L) dan Tidak Lulus (TL).

 

DIS952 Disertasi (28 sks)

Merupakan karya tulis akademik hasil penelitian di bidang Psikologi pendidikan yang dilakukan secara taat kaidah penalaran ilmiah, memenuhi persyaratan metodologi, dan dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dengan difasilitasi oleh tim pembimbing. Dibuktikan melalui proses penulisan usulan penelitian, persetujuan atas usulan penelitian oleh pembimbing melalui seminar usulan penelitian, bimbingan naskah disertasi, ujian kelayakan naskah disertasi, ujian disertasi, dan  proses revisi setelah ujian disertasi. Disertasi bisa merupakan laporan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan/atau pendekatan kuantitatif. Penulisan disertasi   mematuhi   kaidah-kaidah   penulisan   gaya   selingkung   pada Pedoman   Penulisan   Karya   Ilmiah   (PPKI)   yang   diterbitkan   oleh Universitas Negeri Malang.