S3 Pendidikan Luar Sekolah

KURIKULUM

Yang dimaksud kurikulum dalam katalog ini adalah segala pengalaman belajar yang dirancang untuk mencapai tujuan setiap program perkuliahan pada setiap program studi.Uraian mengenai kurikulum terdiri atas (1) komponen-komponen kurikulum, dan (2) kurikulum setiap program studi.

 

KOMPONEN KURIKULUM PROGRAM DOKTOR (S3)

 

Kurikulum Program Doktor terdiri atas 2 (dua) komponen, yaitu:

  1. Program Perkuliahan: (22-27 sks)
  2. Landasan Keilmuan dan Pendidikan (DIP), yang meliputi: MK Filsafat Ilmu, Filsafat Pendidikan (Program Studi pilih salah satu), Psikologi Pendidikan Lanjut (untuk Program Studi Rumpun Pendidikan dan lainnya yang membutuhkan), Wawasan Pendidikan(untuk Program Studi Rumpun Non-Kependidikan dan lainnya yang membutuhkan), dan Desain Penelitian dan Analisis Data.
  3. Bidang Studi Spesialisasi (BSS), yaituKelompok bidang spesialisasi ini meliputi sejumlah matakuliah khas bidang studi tertentu yang ditetapkan oleh program studi yang bersangkutan.
  4. Disertasi: 28 Sks

Cakupan kegiatan: (1) Seminar Kajian dan Analisis Penelitian Bidang Studi; (2) Seminar Usulan Penelitian; dan (3) Bimbingan Usulan dan Disertasi.

Fungsi matakuliah Landasan Keilmuan dan Pendidikan dalam Kurikulum Pascasarjana untuk Program S3 adalah untuk membekali mahasiswa agar memperoleh wawasan profesional yang luas sebagai seorang ilmuwan. Dengan wawasan profesional yang luas itu, mahasiswa akan menjadi seorang ilmuwan yang mampu mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu atau profesinya melalui penelitian, mampu mengorganisir, memimpin dan melaksanakan penelitian dalam bidang ilmunya, serta mampu menggunakan pen­dekatan interdisipliner bagi penerapan keahliannya secara profesional. Matakuliah ini juga berfungsi untuk menjadikan mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami per­soalan-persoalan pendidikan serta mampu mengemukakan alternatif pemecahannya dengan pandangan seorang ilmuwan yang obyektif, kritis, kreatif, komprehensif, dan bertanggungjawab.

Fungsi matakuliah bidang studi spesialisasi dalam kurikulum Pascasarjana untuk Program Doktor (S3) adalah untuk mengembangkan kompetensi dalam bidang studi yang dipilih mahasiswa sebagai spesialisasi atau keahliannya. Dengan kompetensi tersebut para mahasiswa diharapkan mampu: (1) mengetahui dan memahami materi-materi dalam bidang studi spesialisasinya secara obyektif, (2) mengikuti perkembangan ilmu dalam bidang studinya secara kritis dan kreatif, (3) berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah dalam bidang ilmunya, (4) mengembang­kan konsep-konsep baru dalam bidang ilmu/profesinya melalui penelitian, dan (5) menerapkan hasil penelitian untuk kepentingan praktis dan kebijakan.

 

Tabel 1. Struktur Kurikulum Program Studi Doktor (S3) PLS

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS/JS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

I

 

Landasan Keilmuan dan Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

1

MKPS901

Filsafat Ilmu*)

2/2

X

2

MKPS902

Filsafat Pendidikan*)

2/2

X

3

MKPS903

Wawasan Pendidikan

2/2

X

4

MKPS904

Psikologi Pendidikan Lanjut **)

3/3

X

5

MKPS905

Disain Penelitian dan Analisis Data

4/4

X

II

 

Bidang Studi Spesialisasi (BSS)

 

 

 

 

 

 

 

6

DPLS906

Filsafat &Konteks Sosial PLS

2

X

7

DPLS907

Teori Belajar dan Pembelajaran PLS

2

X

8

DPLS908

Ilmu Perilaku dan Problematika Manajemen PLS

2

X

9

DPLS909

Analisis Isu dan Kebijakan PLS

3

X

10

DPLS910

Studi Mandiri I (Kajian Teori/Hasil Penelitian)

2

X

11

DPLS911

Studi Mandiri II (Desain Operasional/Protokol Penelitian)

2

 

 

 

 

 

 

12

DPLS912

Studi Mandiri III (Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah)

2

X

III

 

Disertasi (Termasuk Usulan Disertasi)

 

 

 

 

 

 

 

13

MDIS990

Disertasi

28/-

X

X

X

14

MDIS991

Seminar Usulan Disertasi

2/-

X

 

 

Jumlah

56

 

 

 

 

 

 

Keterangan:
*)  dan **) sama dengan prodi yang lain karena matakuliah pascasarjana

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

DIP901 Filsafat Ilmu (2 sks/2 js)

Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandang ontologi, epistemologi, dan etika. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran, dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembagan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; etos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan.

 

DIP902 Filsafat Pendidikan  (2 sks/2 js)

Mambahas isu-isu filosofis pendidikan untuk memformulasi dan menjustifikasi secara teoritis program pendidikan. Pokok-pokok bahasan meliputi berbagai dimensi kenyataan: dimensi modalitas, individualitas, temporalitas, dan dimensi kausalitas, untuk memperkaya wawasan keilmuan pendidikan serta membantu pemahaman akan konsep demokratisasi, kebebasan akademik/ intelektualitas, ekuilitas, ekuitas, pengalaman, kon­trol sosial, serta berbagai pendekatan pedagogis dan andragogis dalam rangka penyusunan program pen­didikan yang diterima secara filosofis.

 

DIP903 Disain Penelitian dan Analisis Data  (4 sks/4 js)

Mempelajari beberapa modus serta alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan dalam penelitian kualitatif.

 

PLS901 Filsafat dan Konteks Sosial PLS (3 sks/3 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai teori dan rumusan tujuan pendidikan dan pengembangan masyarakat berdasarkan berbagai aliran filsafat, konteks, dan relasinya dengan kebutuhan perubahan sosial; dan dikaitkan dengan konsep manusia tentang dirinya, organisasi, masyarakat dan dunia global.

 

PLS902 Teori Belajar dan Pembelajaran PLS PS (3 sks/3 js)

Mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar (theories of learning), teori pembela­jaran (teaching-learning theories) dan implikasinya terhadap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan, peran peserta didik, peran pendidik, dan prosedur pengembangan program pembelajaran beserta komponen-komponen terkait lainnya dalam latar PLS.

 

PLS903 Ilmu Perilaku dan Problematika Manajemen PLS (3 sks/3 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai fungsi, peran, dan pendekatan pengelo­laan belajar dan pembelajaran PLS, berbagai model pengembangan program, pengukuran kebutuhan belajar, perencanaan program, pengelolaan program, pelaksanaan pembelajaran, pengendalian, evaluasi dan auditabilitasnya.

 

PLS904 Analisis Isu dan Kebijakan PLS  (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai sensasi, isu, kecenderungan, masalah-masalah, dan kebijakan PLS mendasar pada tingkatan lokal, regional, nasional, maupun global. Pokok-pokok isu dan kebijakan yang dikaji dan dikembangkan antara lain: pe­ngertian sensasi, isu, kecenderungan, wacana, dan kebijakan pendidikan luar sekolah dan upaya-upaya perbaikan yang bisa dilakukan dalam berbagai konteks waktu, tempat, sasaran, tema, komunitas, dan bidang garapan.

 

PLS905 Studi Mandiri  I (kajian teori dan hasil-hasil penelitian) (3 sks/3 js)

Menanamkan sikap ilmiah mandiri yang dikembangkan dengan program yang direncana­kan oleh mahasiswa sendiri untuk mengeksplorasi berbagai teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu guna memperdalam topik tertentu dalam terdapat pada bidang studi PLS. Mahasiswa melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai topik dan/atau masalah PLS yang bisa diteliti dan diangkat sebagai topik penelitian untuk disertasi beserta berbagai bahasan dan komponen pendukungnya, termasuk pendekatan penelitian, metode penelitian, kajian te­ori, maupun aspek-aspek lain yang bisa meng-akselerasikan proses penelitian dan penye­lesaian penulisan disertasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk menunjang penulisan disertasi dan untuk itu dosen menyediakan layanan konsultasi sepenuh-nya berkenaan dengan perencanaan umum, tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir.

 

PLS906 Studi Mandiri II (desain operasional/protokol penelitian) (3 SKS/3 JS)

Matakuliah ini diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa melalui kegiatan mandiri guna mengembangkan desain operasional ataupun protokol penelitian selengkapnya mengenai topik penelitian yang telah disetujui promotor untuk diangkat dan telah dikembangkan lebih lanjut menjadi proposal penelitian. Mahasiswa mengembangkan desain operasional ataupun protokol penelitian secara tepat dan lengkap beserta seluruh perangkat penelitian yang diperlukan untuk penelitian disertasinya sebelum melaksanakan pengumpulan data. Berbagai komponen pendukung yang diperlukan termasuk pendekatan penelitian, metode penelitian, kajian te­ori, dan aspek-aspek lainnya dipertimbangkan secara lebih akurat sehigga bisa mengakselerasikan proses penye­lesaian disertasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk menunjang penulisan disertasi dan untuk itu dosen menyediakan layanan konsultasi sepenuhnya berkenaan dengan perencanaan umum, tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir.

 

 

PLS907 Studi Mandiri III (penulisan dan publikasi karya ilmiah) (3 SKS/3 JS)

Matakuliah ini disediakan untuk menunjang disertasi mahasiswa dari segi pemantapan pola, etika dan tatatulis penulisan berbagai macam karya ilmiah dan penulisan jurnal hasil penelitian sehubungan dengan kewajiban mahasiswa S3 untuk membuat artikel hasil penelitian di jurnal internasional. Dosen memberikan layanan konsultasi dan pembahasan bersama mahasiswa lain dalam forum sharing berkenaan ketentuan-ketentuan umum penulisan artikel jurnal termasuk sistemati-kanya, mulai dari topik, abstrak, latarbelakang masalah, tujuan, kajian teori, metode, pembahasan, kesimpulan dan saran, tabel, daftar pustaka hingga proof reading. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menunjang dan mengakselerasikan proses publikasi hasil penelitian disertasi.

 

DIS951 Seminar Proposal Disertasi (3 SKS/3 JS)

Seminar proposal disertasi ini diselenggarakan untuk melkukan kajian secara komprehensif terhadap berbagai persoalan yang terkait dengan fokus dan masalah penelitian yang diangkat sebagai bahan disertasi. Pembahasan secara mendalam dilakukan melalui sharing dalam forum diskusi yang diikuti oleh mahasiswa, promotor, ko-promotor, dan pembina mata kuliah seminar proposal. Proposal penelitian disertasi dikaji melalui sudut tinjauan filosofis dalam konteks pendidikan luar sekolah, landasan teoretik dan fakta emperik yang melandasi dilakukannya penelitian. Beberapa fokus kajian mendalam yang dilakukan dalam seminar ini meliputi: (1) masalah/fokus penelitian, (2) argumentasi akademik, (3) pendekatan dan jenis penelitian, (4) disain penelitian, (5) cakupan penelitian, (6) relevansi dan inovasi terhadap ke-PLS-an, (7) kekuatan rujukan, dan (8) tatatulis disertasi serta etika akademik. Target akhir seminar ini adalah tersusunnya proposal penelitian yang layak diajukan sebagai embrio disertasi yang memiliki kebermanfaatan untuk pengembangan keilmuan PLS dan pemenuhan kebutuhan praktis untuk pelaksanaan program-program ke-PLS-an.

 

DIS952 Seminar Hasil Penelitian (3 SKS/3 JS)

Seminar hasil penelitian dimaksudkan untuk melakukan kajian secara komprehensif dan mendalam tentang progress hasil penulisan disertasi melalui forum akademik yang diikuti oleh mahasiswa, promotor,  ko-promotor, dan dosen pembina mata kuliah. Hal-hal kritis yang dikaji dalam mata kuliah ini meliputi: (1) ketajaman rumusan masalah dengan tujuan penelitian, (2) relevansi rumusan masalah dengan capaian hasil penelitian, (3) akurasi desain penelitian dengan masalah yang akan diatasi, (4) kelengkapan dan kedalaman temuan penelitian, (5) ketajaman dan relevansi pembahasan hasil dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian, (6) relevansi dan ketajaman dalam memilih rujukan, (7) akurasi dan ketajaman dalam merumuskan kesimpulan, (8) ketepatan dalam merumuskan manfaat dan saran-saran atas hasil penelitian, dan (9) ketelitian atas kebenaran tatatulis dan etika akademik. Capaian seminar hasil penelitian ini adalah tersusunnya laporan penelitian yang telah mendapat masukan kritis dari peserta seminar, promotor dan ko-promotor serta dosen pengampu mata kuliah. Dengan demikian laporan hasil penelitian disertasi akan mampu menghasilkan temuan dan laporan hasil penelitian yang valid, kredibel, dan mendapat pengakuan publik akademik.