S3 Pendidikan Kejuruan

STRUKTUR KURIKULUM S3 PENDIDIKAN KEJURUAN

 

Kode MK

Nama Matakuliah

Sks/Js

Semester

1

2

3

4

5

6

A.    Matakuliah kelompok Pascasarjana

8

       

 

 

MKPS902

Filsafat Pendidikan

2/2

x

     

 

 

MKPS903

Wawasan Pendidikan

2/2

 

x

   

 

 

MKPS905

Desain Penelitian & Analisis Data

4/4

x

     

 

 

B. Matakuliah kelompok Program Studi

18

       

 

 

MPKJ930

Pengembangan Karir

2/2

   

x

 

 

 

MPKJ931

Manajemen Pendidikan Kejuruan

2/2

x

     

 

 

MPKJ932

Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan

2/2

 

x

   

 

 

MPKJ933

Pendidikan Berorientasi Tenaga Kerja

2/2

   

x

 

 

 

MPKJ934

Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan

2/2

 

x

   

 

 

MPKJ935

Rancangan dan Pengembangan Pend. Kejuruan

2/2

   

x

 

 

 

MPKJ936

Studi Mandiri I: Kajian Teori Kejuruan

3/3

x

     

 

 

MPKJ937

Studi Mandiri II: Aplikasi Hasil Kajian Teori Kejuruan

3/3

 

x

   

 

 

C. Matakuliah kelompok Disertasi

30

       

 

 

MDIS991

Seminar Usulan Disertasi

2/2

     

x

 

 

MDIS990

Disertasi

28

       

x

x

 

Jumlah sks

56

11

9

6

2

 

28

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKPS902 Filsafat Pendidikan (2 Sks/2 Js)

Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan otologi, epistemologi, dan etika, dalam rangka membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembang­an ilmu. Pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidup­an bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.

 

MKPS903 Wawasan Pendidikan (2 sks/2 js)

Mengkaji masalah-masalah pendidikan yang mendasar dengan menggunakan wawas­an makro termasuk issu pendidikan kejuruan dan penyiapan tenaga kerja yang dihadapi negara/bangsa Indonesia serta kaitannya dengan pilihan dan keputusan kebijakan. Pokok-pokok yang diketengahkan antara lain: pengertian tentang masalah; issu dan kebijakan pendidikan; issu penting dalam pendidikan kejuruan dan kebijakan penanggulangannya (pendidikan dan pembangunan; pendidikan dan persekolahan; upaya-upaya perbaikan pendidikan).

 

MKPS905 Desain Penelitian dan Analisis Data (4 sks/4 js)

Mempelajari modus serta alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan kualitatif, kuantitatif atau pola lain. Mata kuliah ini mempe­lajari teknik-teknik pengolahan data, teknik analisis statistik atau teknik analisis data kualitatif. Dinatarnya membahas analisis varian regresi ganda, dan log liniear model. Analisis data kualitatif meliputi analisis bersama pengumpulan data, analisis data di tempat, dan analisis data di luar tempat penelitian. Analisis data menggunakan MINITAB, SPSS/ PC+, dan/atau GLIM (Generalised Linier Inter­active Modelling).

 

MPKJ930 Pengembangan Karir (2/2 sks)

Mata kuliah ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang pemecahan masalah yang dihadapi sumber daya manusia di lingkungan kerja, pengembangan potensi sumber daya manusia, hak-hak bekerja, konsep kerja, konsep quality of work, pengembangan dan pembinaan karir, assesment dunia kerja, balikan dan penelitian yang menyangkut kerja.

 

MPKJ931 Manajemen Pendidikan Kejuruan

 

MPKJ932 Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan (2/2 sks)

Pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan esensial tentang kepemimpinan yang dapat menciptakan budaya yang kondusif bagi keberhasilan belajar peserta didik pendidikan kejuruan. Matakuliah ini difokuskan pada: (1) konsep dasar kepemimpinan pendidikan, (2) karakteristik dan model kepemimpinan pendidikan kejuruan, (3) peneli­tian dan praktik pentingnya kepemimpinan pendidikan bagi keberhasilan belajar siswa.

 

MPKJ933 Pendidikan Berorientasi Tenaga Kerja (2 Sks/2 Js)

Melakukan analisis dan kajian terhadap sistem pendidikan penye­lenggaraan kejuruan dan kaitannya dengan ketenagakerjaan, berkaitan dengan struktur organisasi peran kepemimpinan dalam sistem pendidikan kejuruan, staf pengajar dalam rangka mengakomodasi kebutuhan pendi­dikan akademik dan vokasi termasuk berbagai model penyelenggaraan baik mikro maupun makro.

 

MPKJ934 Evaluasi Program Pendidikan Kejuruan (2 Sks/2 Js)

Evaluasi Program pendidikan didesain untuk memberikan pemahaman tentang dasar filosofi dan fungsi evaluasi dan perencanaan akuntabilitas program proyek, implikasi evaluasi program secara makro terhadap kebijakan pendidikan.

 

MPKJ935 Rancangan dan Pengembangan Pendidikan Kejuruan (2 sks/2 Js)

Membahas tata cara rancangan dan pengembangan lembaga kejuru­an mencakup identifikasi kebutuhan penetapan tujuan, organisasi kuri­kulum, strategi penyampaian dalam lingkungan disiplin kejuruan. Mahasiswa diharapkan mampu merencanakan dan mengimplementasikan sebuah program yang sesuai dengan situasi pembelajaran kejuruan di lapangan.

 

MPKJ936 Studi Mandiri I: Kajian Teori Kejuruan (3 sks/3 Js)

Mengkaji dan menganalisis sistem penyelenggaraan pendidikan kejuruan sebagai bagian pendidikan umum, termasuk paparan yang lebih luas mengenai bekerja, dunia kerja, pengembangan potensi, dan memper­tahankan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berkontribusi terhadap keberhasilan dan kesejahteraan bangsa.

 

MPKJ937 Studi Mandiri II: Aplikasi Hasil Kajian Teori Kejuruan (3 sks/3 Js)

Mengkaji secara mendalam suatu topik baik berupa informasi teroritik, informasi empirik dan kemudian menganalisis dan mengolahnya dalam sebuah karya tulis sebagai laporan akhir yang berkaitan dengan produksi pembaharuan, perubahan praktik kerja dalam kaiatannya dengan sejarah perkembangan kejuruan dan budaya kerja dalam bidang kejuruan.

 

MDIS991 Seminar Usulan Disertasi

 

MDIS990 Disertasi: 28 Sks

Disertasi adalah karya tulis akademik hasil studi dan/atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, atau menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah yang sementara telah diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang dilakukan oleh Calon Doktor di bawah bimbingan para pembimbing. Penelitian dalam rangka penyusunan disertasi adalah kegiatan akademik yang taat kaidah yang menggunakan penalaran empirik atau nonempirik dan memenuhi persyaratan metodologi disiplin ilmu yang bersangkutan. Masalah yang dikaji dalam disertasi meliputi masalah pendidikan atau nonpendidikan, sesuai dengan jenis dan tujuan program studi yang bersangkutan.