STRUKTUR KURIKULUM

 

Tabel 2. Kurikulum Program Doktor  Pendidikan Geografi (55 – 56 SKS)

 

No.

Kode MK

Matakuliah

sks

js

smt.

1.

MKPS 901

Filsafat Ilmu *)

2

2

1

2.

MKPS 902

Filsafat Pendidikan

2

2

1

3.

MKPS 903

Wawasan Kependidikan

2

2

2

4.

MKPS 904

Psikologi Pendidikan Lanjut **)

3

3

2

5.

MKPS 905

Desain Penelitian dan Analisis Data

4

4

2

 

 

Total MKPS

8

2

2

 

Matakuliah Kelompok Program Studi (14 – 18 SKS)

 

 

 

1.

MKGE 999

Filsafat Geografi

2

2

2

2.

MKGE910

Pengembangan bahan ajar Geografi Lanjut

3

3

2

3.

MKGE 911

Problematika Pendidikan Geografi

2

2

1

4.

MKGE 912

Penulisan Karya Ilmiah

2

2

1

5.

MKGE 913

Studi Mandiri 1

3

3

1

6.

MKGE 914

Studi Mandiri 2

3

3

2

7.

MKGE 915

Studi Mandiri 3

3

3

3

 

 

Total

18

 

 

 

Matakuliah Kelompok Disertasi (MTES) 30 SKS

 

 

 

1.

MDIS 990

Disertasi

28

5

2.

MDIS 991

Seminar Usulan Disertasi

2

4

 

 

Total

30

 

 

Keterangan:
*) dan **) wajib diambil oleh mhs dg latar belakang kependidikan Teknologi Pembelajaran, Managemen Kependidikan, Pendidikan Luar sekolah, Psikologi Pendidikan, dan Bimbingan Konseling

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKPS 901 Filsafat ilmu (2/2)

Matakuliah ini membahas hakekat ilmu pengetahuan dari sudut pandang ontologi, epistimologi, aksiologi, dan etika. Pokok-pokok bahas­an meliputi: kriteria kebenaran, dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka pikir ilmiah; perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.

 

MKPS 902 Filsafat Pendidikan (2/2)

Matakuliah ini membahas isu-isu filosofis dalam pendidikian untuk memformulasi dan menjustifikasi secara teoritis program pendidikan. Topik-topik yang dibahas meliputi berbagai aliran filsafat pendidikan, aplikasi filsafat untuk memecahkan masalah pendidikan, dan aplikasi filsapat pendidikan untuk mengatasi rendahnya kualitas pembelajaran bidang studi.

 

MKGE 999 Filsafat Geografi (2/2)

Matakuliah ini membahas hakekat ilmu geografi dari sudut pandang ontologi, episti-mologi, aksiologi, dan etika. Topik bahasan meliputi: sejarah perkembangan geografi, aliran-aliran geografi, konsep dasar ilmu geografi, berbagai teori dan model dalam geografi, perkem­bangan paradigma geografi, hubungan geografi dengan ilmu-ilmu sosial yang lain, perkembangan ilmu geografi dan teknologi serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

 

MKGE 910 Pengembangan Bahan Ajar Geografi (3/3)

Matakulian ini membahas kurikulum geografi di SMP/ SMA,PT. Analisis buku teks dan buku referensi yang ditulis berdasarkan kurikulum yang berlaku, pada aspek bahasa, isi, media gambar, dan penerapan pendekatan keruangan. Pengembangan/penyusunan buku teks, referensi beradasrkan hasil kajian atau hasil penelitian bahan ajar untuk SMA atau PT dan Umum.

 

MKGE 911 Problematika Pendidikan Geografi (2/2)

 

Matakuliah ini membahas problem pendidikan dan atau pembe­lajaran, khususnya yang terkait dengan pendidikan geografi. Isu-isu yang dibahas meliputi: kelemahan kurikulum, kualitas pembelajaran, hasil belajar geografi, dan kecenderungan masa depan bidang studi geografi (guru/dosen, siswa/mahasiswa, UAN, dan peran geografi bagi lulusan).

 

MKGE 912 Penulisan Karya Tulis Ilmiah (2/2)

Matakuliah ini membahas kaidah penulisan karya ilmiah riset dan non-riset. Tata cara dan teknik penulisan karya ilmiah riset meliputi: latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian, dan penulisan daftar rujukan, dan karya ilmiah non-riset meliputi: abstrak, ”pendahuluan”, metode, kajian/diskusi, simpulan, dan daftar rujukan. Penulisan karya ilmiah ini untuk mempersiapkan penulisan journal terakreditasi nasional dan international dan dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

 

MKPS 05 Disain Penelitian dan Analisis Data (4/4)

Matakuliah ini membahas beberapa modus dan alternatif pola penelitian dalam bidang kependidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain, penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif, penafsir­an, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan dalam penelitian kualitatif.

 

MKPS 903 Wawasan Pendidikan(2/2)

Matakuliah ini membahas masalah-masalah pendidikan yang mendasar dengan menggunakan wawasan makro, termasuk isu yang dihadapi negara/bangsa Indonesia serta kaitannya dengan pilihan dan keputusan kebijakan. Pokok-pokok yang diketengahkan antara lain: pengertian tentang masalah, isu dan kebijakan pendidikan, isu penting dalam pendidikan dan kebijakan penanggulangannya (pendidikan dan pembangunan; pendidikan dan persekolahan; upaya-upaya perbaikan pendidikan).

 

MDIS 990 Disertasi (28/)

Disertasi adalah karya tulis akademik hasil studi dan/atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, atau menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah sementara yang telah diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang dilakukan oleh calon doktor di bawah bimbingan para pembimbing. Penelitian dalam rangka penyusunan disertasi adalah kegiatan akademik yang taat kaidah dan menggunakan penalaran empirik atau non-empirik dan memenuhi persyaratan metodologi disiplin pendidikan geografi. Pokok kajian dalam disertasi adalah persoalan-persoalan dalam pembela­jaran geografi.

 

DIS650 Seminar Usulan Disertasi (2)

Matakuliah ini membahas usulan penelitian untuk penulisan disertasi sesuai dengan bidang studi melalui kegiatan seminar. Melalui kegiatan ini usulan penelitian disempurnakan dan dimantapkan. Hasil seminar adalah usulan penelitian yang disetujui oleh promotor yang merupakan prasyarat untuk mengikuti ujian kualifikasi. Penilaiannya adalah Lulus (L) atau Belum Lulus (BL).

 

id_IDIndonesian