S3 Pendidikan Biologi

STRUKTUR KURIKULUM DAN SEBARAN MATAKULIAH

 

PENGELOMPOKAN MATA KULIAH

Sks/ js

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

I.

PROGRAM PERKULIAHAN (8 sks)

 

 

 

 

 

 

 

A.

Landasan Keilmuan & Pendidikan (DIP) (6 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

DIP902 Filsafat Pendidikan

2/2

X

 

DIP903 Wawasan Pendidikan

2/2

X

 

DIP905 Desain Penelitian dan Analisis Data

4/4

X

B.

Spesialisasi Bidang Studi (BSS) (16 sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

BIO 941 Problematika Lingkungan Hidup

3/3

X

 

BIO942 Biologi Modern

3/3

X

 

BIO943 Etika dalam Penelitian

2/2

X

 

BIO944 Deduksi dalam Penelitian

3/3

X

 

BIO945 Diseminasi dalam Penelitian

3/3

X

 

BIO946 Penulisan Artikel untuk Jurnal Internasional

2/3

X

II.

DISERTASI (30 sks)

 

           

 

DIS950 Seminar: Kajian & Analisis Penelitian Pendidikan Biologi

3

X

 

DIS951 Seminar: Usulan Penelitian Pendidikan Biologi

2

X

 

DIS952 Disertasi

25

 

 

X (5)

X (6)

X (6)

X (8)

 

JUMLAH SELURUH sks

54

13

12

9

6

6

8

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

DIP902 Filsafat Pendidikan

Mempelajari pengantar filsafat pada umumnya, kedudukan filsafat ilmu dalam filsafat; cabang-cabang filsafat, hubungan filsafat dengan pendidikan, ruang lingkup filsafat pendidikan, hakikat, sifat, fungsi dan tujuan ilmu pengetahuan; metode ilmiah; sarana berpikir ilmiah; teori pendidikan dan teori belajar, masa depan pendidikan terkait perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai, kebudayaan dan kehidupan umat manusia. 

 

DIP903 Wawasan Pendidikan

Membahas masalah-masalah pendidikan (dan khususnya pendidikan Sains) yang mendasar dan isu-isu pendidikan Sains yang menjadi minatnya, yang merupakan isu di luar negeri maupun di Indonesia serta kaitannya dengan pilihan kebijakan, yang mencakup pendidikan dan pembangunan, pendidikan dan persekolahan, serta upaya-upaya perbaikan pendidikan. Topik-topik yang dibahas antara lain Kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013, KBK dan KKNI untuk Kurikulum Pendidikan Tinggi, Pendidikan Profesi Guru, Sertifikasi Guru dan Dosen, Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) dan Dosen, Lesson Study, Pendidikan Karakter, Religius, Nasionalis, Pembelajaran untuk Abad 21, Education for Sustainable Development, Pendidikan untuk Semua  (Education for All: Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Cerdas Istimewa, Bakat Istimewa, Inklusi), Pendidikan  Berdasarkan Kearifan Lokal, PISA dan TIMMS, Delapan Standar Pendidikan, Project Based Learning, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA Terpadu, Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Boleh juga mengkaji isu-isu baru dalam pendidikan biologi yang berkembang dalam masyarakat. Bahasan dan telaah dilaksanakan dalam format seminar.

 

DIP905 Desain Penelitian dan Analisis Data

Membahas desain dan analisis data penelitian, yang dikelola berupa penugasan-penugasan bermakna yang dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi. Desain-desain itu terkait dengan penelitian survey, PTK, maupun pengembangan serta eksperimental, khususnya yang kuasi eksperimental. Analisis data penelitian yang dibahas berkenaan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif meliputi analisis data kuantitatif deskriptif maupun yang inferensial dalam rangka pengujian hipotesis, seperti kaji beda, kaji pengaruh, dan, kaji hubungan.

 

BIO 941 Problematika Lingkungan Hidup

Membahas permasalahan lingkungan khususnya di wilayah lokal asal dan mengidentifikasi faktor penyebab permasalahan lingkungan khususnya di wilayah lokal asal tersebut serta memberikan ide alternatif pemecahan masalah tersebut secaraberkelanjutan sebagai wujud rasa cinta tanah air. Mahasiswa berkoordinasi dengan praktisi pendidikan, praktisi pemerintahan, dan praktisi lingkungan untuk merumuskan solusi dari permasalahan yang dihadapi serta didukung dengan literatur dari jurnal nasional dan internasional dan rujukan lain yang up to date. Mahasiswa menuangkan ide pemecahan masalah lingkungan yang dirumuskan tersebut dalam bentuk artikel ilmiah dan mempresentasikannya serta menerbitkannya di jurnal nasional atau intrnasional.

 

BIO942 Biologi Modern

Membahas biologi dengan sudut pandang reduksionis yaitu ketika sistem kehidupan disederhanakan sehingga dapat dibahas atas dasar hu­kum fisika dan kimia selain hukum biologi dan pandangan sistemik bahwa kehidupan itu merupakan satu sistem yang satu sama lain saling berperan. Pokok bahasan terletak pada pemahaman sistem kerja program kehidupan serta ekspresinya untuk bidang kajian biologi seperti fisiologi, taksonomi, embriologi, evolusi dan penekanan pada prinsip-prinsip bioteknologi modern dalam aplikasinya dalam bidang keilmuan dan pembelajaran. Selain itu dibahas juga bahwa paham reduksionisme perlu untuk pengembangan ilmu, namun paham sistemik juga diperlukan untuk mempelajari biologi secara menyeluruh, tidak hanya untuk pengembangan ilmu. Paham sistemik membahas tentang kompleksitas di dalam kehidupan dan semua unsur pendukungnya.

 

BIO943 Etika dalam Penelitian

Memperluas wawasan dan paradigma melalui pembahasan tentang: apa artinya menjadi mahasiswa S3, bagaimana berhubungan dengan dosen pembimbing, bagaimana memilih topik disertasi, menyusun proposal, melaksanakan penelitian dan menyusun disertasi serta mempertahankannya. Mulai mencari dan mempersempit topik yang diminati untuk dijadikan materi disertasinya. Mengkaji, menelaah perkembangan ilmu dan teknologi, baik bidang pendidikan maupun bidang biologi serta pengaruhnya terhadap perkem­bangan sistem pendidikan dan kehidupan umat manusia, dalam rangka menambah wawasan untuk mempersiapkan disertasi. Selain itu, juga membahas azas dan manfaat penelitian, prinsip-prinsip etika yang perlu diperhatikan dalam perencanaan penelitian kaitannya dengan jenis-jenis penelitian, aspek-aspek yang perlu dihindari berkaitan dengan etika penelitian (misconductresearch fraud, plagiarism),  peraturan/regulasi kerangka etika, pembangunan kode etika penelitian, beberapa contoh komite etika penelitian. Hasil kajian, telaah dan bahasan dilaksanakan dalam format seminar kelas.

 

BIO944 Deduksi dalam Penelitian

Mengkaji secara kritis isu dan masalah-masalah dan berbagai hasil penelitian dalam bidang pendidikan biologi/IPA. Membahas dan mema­hami proses dan prosedur dalam penelitian-penelitian tersebut agar dapat mendorong mahasiswa memikirkan dan merancang usulan disertasinya. Bahasan dan telaah dilaksanakan dalam format seminar atau tutorial. Selain itu, juga membahas topik-topik yang berpotensi untuk terkait baik langsung atau tidak langsung dengan disertasi mahasiswa, yang dirancang secara operasional. Topik-topik perkuliahan ini juga dikelola dalam penugasan-penugasan, serta presentasi dan diskusi.

 

BIO945 Diseminasi dalam Penelitian

Mengkaji secara mendalam suatu topik dalam bidang pendidikan biologi pilihan mahasiswa bersama dosen yang dapat dikembangkannya dalam karier selanjutnya. Mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian pendahuluan,  membaca sumber up to date dari jurnal internasional, dan menulisnya sebagai artikel yang diterbitkan di jurnal nasional atau internasional.

 

BIO946 Penulisan Artikel untuk Jurnal Internasional

Membahas hakikat publikasi ilmiah, etika publikasi ilmiah, perancangan kegiatan menulis ilmiah, dan strategi mempublikasikan hasil penelitian. Mahasiswa juga belajar menulis artikel  untuk dipublikasikan dalam jurnal internasional berbasis penelitiannya, mulai dari penulisan judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, penyajian hasil penelitian (tabel, grafik, foto dan gambar), pembahasan hasil penelitian, pemberian ucapan terima kasih, penulisan daftar rujukan. Termasuk membahas pengiriman manuskrip, proses perevisian, dan revisi tulisan (bagaimana berurusan dengan penyunting).

 

DIS950 Seminar: Kajian & Analisis Penelitian Pendidikan Biologi

Membahas berbagai macam penelitian dan analisis datanya secara umum, dan yang khusus berkaitan dengan penelitian mahasiswa, khusus yang berkaitan dengan latar belakang masalah, rumusan masalah, pentingnya penelitian, ruang lingkup dan keterbatasan penelitian, definisi operasional penelitian, (Bab I), rancangan/metodologi penelitian, analisis data penelitian, interpretasi dan pembahasan hasil penelitian (Bab III) melalui kajian dan ulasan secara kritis model rancangan, metodologi, dan hasil-hasil penelitian serta menggunakannya untuk mengembangkan kemampuan menyusun proposal disertasinya.

 

DIS951 Seminar: Usulan Penelitian Pendidikan Biologi

Mahasiswa mempertanggungjawabkan desain operasional penelitian disertasi  di depan teman sejawat dan dosen penguji sebagai wujud kesiapan pelaksanaan penelitian di lapangan didukung data penelitian pendahuluan yang telah dilakukan. Mahasiswa menerapkan sikap saling menghormati, disiplin, tanggungjawab, terbuka, dan konsisten serta sikap ilmiah lainnya sebagai bekal pelaksanaan penelitian di lapangan.

 

DIS952 Disertasi

Membuat usulan tema penelitian yang disertai rasional/latar belakang yang didasarkan pada hasil kajian artikel jurnal yang relevan dan memadai, menulis proposal penelitian yang dilengkapi dengan instrumen penelitian yang diperlukan, menyeminarkan proposal penelitian (desain operasional penelitian), melakukan penelitian dengan pantaun dosen pembimbing, melakukan analisis data, dan penulisan draf disertai, melakukan uji kelayakan naskah disertasi, mempertahankan disertai dalam forum ujian disertasi, dan melakukan revisi sesuai masukan dewan penguji.